CLASSROOM COMMUNICATION PROCESS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER KRISTEN DI SMA KRISTEN PELANGI KRISTUS
(1) Petra Christian University
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan classroom communication process di SMA Kristen Pelangi Kristus dalam pendidikan karakter Kristen yang merupakan hal utama dan ditanamkan secara terintegrasi dalam setiap proses belajar mengajar yang ada di sana. Penulis menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian dan menggunakan observasi non-partisipan serta wawancara mendalam dengan informan penelitian sebagai teknik pengumpulan data. Yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah supervisor dan murid kelas X dan XI SMA Kristen Pelangi Kristus.
Hasil penelitian menunjukkan, pendidikan karakter Kristen dalam classroom communication process di SMA Kristen Pelangi Kristus, dipengaruhi oleh setiap elemen komunikasi yang terkait di dalamnya. Mulai dari komunikator sampai komunikan mempunyai peran aktif dalam penyampaian dan penerimaan pesan yang berupa materi pembelajaran sesuai mata pelajaran maupun karakter Kristen yang diintegrasikan di dalam proses belajar mengajar. Ada dua cara yang digunakan untuk mengintegrasikan karakter Kristen di dalam setiap materi pembelajaran yaitu secara Integrated dan Connected.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cangara, H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Effendy, O. U. (2004). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Farrell, T. S. C. (2009). Talking, Listening, and Teaching: A Guide to Classroom Communication. New Delhi: Corwin Press
http://pelangikristus.or.id/history-of-pelangi-kristus
Iriantara, Y. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Mangal, S. K & Mangal, U. (2009). Essentials of Educational Technology. New Delhi: PHI Learning Private Limited
Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara
Powell, R. G. & Powel, D. L. (2010). Classroom Communication and Diversity. New York: Routledge
Tong, S. (2012). Arsitek Jiwa 1. Surabaya: Penerbit Momentum
Yin, R.K. (2006). Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI