Interaktivitas Perempuan Dalam Menjalin Relasi Virtual di Aplikasi Bumble

Apriella Audrey Kartika(1*), Ido Prijana Hadi(2), Fanny Lesmana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perempuan tidak dilatih hanya untuk menerima nilai, namun juga untuk memberi nilai. Penelitian ini mengkaji interaktivitas perempuan, yakni kemampuan perempuan untuk memegang kendali dalam membangun relasi virtual di aplikasi kencan daring Bumble. Disini, perempuan memiliki kesempatan untuk memulai sebuah interaksi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan lima pengguna perempuan berusia 18-40 tahun dari Jakarta, Surabaya, dan Bali. Dalam penelitian ini tiap informan memiliki latar belakang yang berbeda, dengan cerita serta pengalaman mereka sebagai pengguna aktif Bumble. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan informan sebagai pemegang kendali yang signifikan dalam proses komunikasi yaitu pendekatan (approach) dan penjaga komunikasi serta interaksi yang konsisten. Informan memiliki kepercayaan diri dalam membangun sebuah relasi virtual baik untuk tujuan kasual maupun serius. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai dinamika komunikasi dan keterlibatan perempuan dalam aplikasi kencan daring Bumble, serta menegaskan pentingnya interaktivitas perempuan dalam menjalin relasi virtual di aplikasi kencan daring Bumble.

Keywords


Interaktivitas, Perempuan, Relasi Virtual, Aplikasi Kencan, Bumble, Komunikasi, Media Baru

References


unsia.ac.id. (2023). Komunikasi: Arti, Proses dan Pentingnya dalam Kehidupan Manusia. https://unsia.ac.id/komunikasi-arti-proses-dan-pentingnya-dalam-kehidupan- manusia/

kompas.com (2021). Sering Dilupakan, Inilah Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan. https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2021/11/29/084000520/sering-dilupakan-inilah- pentingnya-komunikasi-dalam-hubungan

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2001). Communication theories: Origins, methods, and uses in the mass media (5th ed.). Longman.

McQuail, D. (2010). Teori Komunikasi Massa – edisi 6. Jakarta : Salemba Humanika

Fiske, John. (2004). Cultural and communication studies. Yogyakarta : Jalasutra. 80

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi – edisi ketiga. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

A., Morahan-Martin, J., Mathy, R. M., & Maheu, M. (2002). Toward an increased understanding of user demographics in online sexual activities. Journal of Sex and Marital Therapy, 28(2), 105–129. https://doi.org/10.1080/00926230252851861Couch,

D., & Liamputtong, P. (2008). Online dating and mating: The use of the internet to meet sexual partners. Qualitative Health Research, 18(2), 268–279. https://doi.org/10.1177/1049732307312832Daneback

K., Månsson, S. A., & Ross, M. W. (2007). Using the Internet to find offline sex partners. Cyberpsychology and Behavior, 10(1), 100–107. https://doi.org/10.1089/cpb.2006.9986


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI