Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Nicholas Saputra Untuk Brand Skintific Pada Masyarakat di Jawa Timur
(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Skintific merupakan brand asal kanada didirikan oleh Kristen Tveit dan Ann-Kristin Stokke pada tahun 1957 di Kanada dan berkantor pusat di Oslo, Norwegia, namun berada dibawa lisensi PT. May Sun Yvan China yang di produksi di China dan didistributorkan ke Indonesia. Skintific sebagai brand yang cukup ternama ingin mencapai tujuan yaitu dengan menggunakan Nicholas Saputra sebagai Brand Ambassador. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari seorang brand ambassador Nicholas Saputra dalam mempromosikan brand Skintific. Penelitian ini menggunakan online Survey yang akan disebarkan kepada 100 responden dengan skala likert. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah brand ambassador Nicholas Saputra terbukti efektif dalam mempromosikan brand Skintific dengan melihat nilai-nilai pada model VisCAP (kepopuleran, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan). Penelitian ini menunjukan bahwa indikator VisCAP yang paling efektif pada brand ambassador Nicholas Saputra adalah Kepopuleran dan daya tarik.
Keywords
References
Akrimi, Y., & Khemakem, R. 2012. What Drive Customers to Spread The Word in Social Media. Journal of Marketing Research and Case Studies.
Annisa, A., Nuraeni, R., & Fitriawan, R. A. (2016). Imoralitas pada tokoh Joker (analisis Semiotika pada film the dark knight oleh Christopher Nolan). Eproceedings of Management, 3(3).
Bazzano, D. (2009, Juli 8). The Brand Ambassador Marketing Model Guide. Redrieved fromhttp://www.masternewmedia.org/the-brandambassador-marketing-model-guide/
Cicilia, N. U., El Karimah, K., & Mulyana, S. (2024). Peran kredibilitas duta merek dalam meningkatkan efektivitas iklan. ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 75-83.
Cervellon, M. C., & Coudriet, R. (2013). Brand social power in luxury retail: Manifestations of brand dominance over clients in the store. International Journal of Retail & Distribution Management, 41(11/12), 869-884.
Databoks.(2022). Isi Waktu Senggang, ini kegiatan yang disukai Orang Indonesia. Retrieved from
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/30/isi-waktu-senggang-ini-kegiatan-yang-disukai-orang-indonesia
Detik.com. (2024). Jumlah Penonton Indonesia Naik. Retrieved from
https://www.detik.com/pop/movie/d-7177288/jumlah-penonton-indonesia-naik-ini-potensi-besarnya
Gunawan, C., & Susilo, D. (2021). Impact of Cristiano Ronaldo’s Attractiveness as Brand Ambassador Towards Brand Awareness Shopee. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(2).
Kaplan, A. Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The Challenges and opportunities of
Social Media.
https://www.academia.edu/1274371/Users_of_the_world_unite_The_challenges_and_opportunities_of_social_media.
Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications, E-book. Somerset, NJ, USA:
Wiley.
Melanthio, Y& Papasolomou,I. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of promotion Management. 18(3). 319-328. Klik Media.
Powers, T., Advincula, D., Austin M, Graiko S., & Snyder, J. 2012. Digital and Social Media in The Purchase Decision Process. Journal of Advertising Research.
Ruslan, Rosadi. (2002). Manajemen Public Relations dan media komunikasi: Konsepsi dan aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
RATNA RAISSA, R. E. N. A. T. A., & Hakim, S. N. (2019). Pembentukan karakter melalui peran dalam Teater (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah surakarta).
Rossiter,J.R., Percy,L., Bergkvist,. L. (2018). Marketing Communications:Objectives, Strategy; Tactics Retrieved from
https://books.google.co.id/books/about/Marketing_Communications.html?id=CxtnDwAAQBAJ&redir_esc=y.
Rossiter, J.R., & Percy, L. (1985). Advertising Communication Models. NA-Advances in.
Shimp, T. A. (2003). Advertising, Promotion, and Supplemental Aspects of Integrated Marketing Communications. Mason, Ohio: Thomson Southwestern. Journal of Marketing Communications, 10(4), 289-290
Wahyudi. (2021). Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Gerakan Sosial. Yogyakarta: Bildung. https://en.id1lib.org/ireader/18333315.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi.Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI