Efektivitas Penggunaan Vtuber Kobo Kanaeru Sebagai Celebrity Endorser Di Konten Tokopedia Pada Followers Gen Z Akun Instagram @Tokopedia
Abstract
Penggunaan celebrity endorser adalah salah satu strategi penting dalam Marketing Public Relations, hal ini penting untuk meningkatkan awareness audiens saat mengikuti kampanye yang ada. Efektivitas celebrity endorser dapat dilihat dengan dimensi Source credibility meliputi attractiveness, trustworthiness, expertise. Penelitian menggunakan metode online survey. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang dikirim dari fitur Direct Message atau pesan langsung kepada 100 responden yang merupakan followers Gen Z akun Instagram @Tokopedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kobo Kanaeru sebagai celebrity endorser terbukti efektif pada followers Gen Z di konten instagram Tokopedia. Berdasarkan hasil analisis yang disimpulkan faktor paling tinggi untuk menarik audiens adalah dimensi expertise atau keahlian dari celebrity endorser. Ditemukan data menarik bahwa responden laki-laki lebih unggul pada dimensi expertise sedangkan perempuan lebih unggul pada dimensi trustworthiness. Responden laki-laki cenderung menyukai Kobo Kanaeru karena keahliannya dalam entertain terutama dalam konten game, sedangkan perempuan mempercayai Kobo Kanaeru karena Kobo mampu menyampaikan pesan dengan penuh semangat dan tulus melalui konten jinglenya.
References
Abidin, C. (2018). Internet Celebrity Understanding Fame Online. september 2016, 1–6.
Arifin, R. D. (2023). Pengertian Instagram beserta Sejarah, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dll. https://dianisa.com/pengertian-instagram/
Audia, D. S., Jayawinangun, R., & Ferdinan, F. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Pembelian Produk Aidi.Id (Studi Pada Followers Instagram Aidi.Id). Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 3(1), 76–95. https://doi.org/10.33751/jpsik.v3i1.1012
Brown, S. M. (2020). Let’s Get Virtual: Measuring Virtual Influencer’s Endorser Effectiveness. August.
Budiati, M. Z. (2017). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Mempertahankan Corporate Image TRANS TV Artikel Ilmiah Diajukan kepada Fakultas Teknologi Informasi Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi.
Cheung, F., & Leung, W.-F. (2021). Virtual Influencers as Celebrity Endorsers. Advances in Global Services and Retail Management, 5(44), 1–7.
Daft, R. L., & Lengel, R. H. (1984). Organizations As Information Processing Systems Office of Naval Research Department of Management. Research in Organizational Behavior, 6(May 1983), 191–233.
Dirques, R., Regis, D., Cesar, J., Ferreira, V., Rodrigues Diniz, G., & César, J. (2022). VTuber concept review: The new frontier of virtual entertainment. October. https://doi.org/10.1145/3604479.3604523
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Gerlich, M. (2023). The Power of Virtual Influencers: Impact on Consumer Behaviour and Attitudes in the Age of AI. Administrative Sciences, 13(8). https://doi.org/10.3390/admsci13080178
GRIN, C. (2022). CGI Influencers: What Are They and How to Work With Them. https://grin.co/blog/cgi-influencers/
Haris, A., & Sirait, S. N. (n.d.). Peranan Jingle Iklan Terhadap Keputusan Membeli Produk Mie Goreng Instan. Lppm.Politeknikunggul.Ac.Id. https://lppm.politeknikunggul.ac.id/file/data-jurnal/9afe71f4ecab982795dd216195235178.pdf
Hemahuha, A. (2019). Integritas Menyemai Kejujuran, Menuai Kesuksesan & Kebahagiaan. The Phinisi Pers.
Instagram-Indonesia-Gen-Z-Trend-Report-2022. (n.d.).
Julianto, B., & Agnanditiya Carnarez, T. Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676–691. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.592
Kitchen, P. J., & Papasolomou, I. C. (1997). Marketing public relations: Conceptual legitimacy or window dressing. Marketing Intelligence & Planning, 15(2), 71–84. https://doi.org/10.1108/02634509710165876
Leung, V., Cheng, K., & Tse, T. (2018). Insiders’ Views: The Current Practice of Using Celebrities in Marketing Communications in Greater China. Tse Intercultural Communication Studies XXVII, 27(1), 96–113. https://web.uri.edu/iaics/files/V.-Leung-S.-Cheng-T.-Tse.pdf
Limbong, F. (2023). Kobo Kanaeru , VTuber Terbaik ? Alasannya Apa ? https://www.upstation.media/article/alasan-kobo-kanaeru-vtuber-terbaik
Lin, X., Lachlan, K. A., & Spence, P. R. (2022). “I Thought about It and I May Follow What You Said”: Three Studies Examining the Effects of Elaboration and Source Credibility on Risk Behavior Intentions. Journal of International Crisis and Risk Communication Research, 5(1), 9–28. https://doi.org/10.30658/jicrcr.5.1.2
Mohammad, W., Saifurrahman, H., Rausyan Fiqrussalam, J., Umar Sulthoni, A., & Fansyiari Austi, D. (2023). Pengaruh Jumlah Subscribers Dan Jumlah Penayangan Terhadap Pendapatan Super Chat Pada Virtual Youtuber Kobo Kanaeru. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 01(03), 30–45.
Molina, L. (2021). Celebrity Avatars: A Technical Approach to Creating Digital Avatars for Social Marketing Strategies. Journal of Business Theory and Practice, 33. http://www.theseus.fi/handle/10024/341553%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1958%0Ahttp://ejurnal.undana.ac.id/index.php/glory/article/view/4816%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/23790/17211077 Tarita Syavira Alicia.pdf?
Pangestika, R. (2024). 5 Fakta Kobo Kanaeru , VTuber Populer di Indonesia 3 . Hal yang disukai dan tidak disukai seorang kobo Kanaeru.
Papasolomou, Ioanna, Melanthiou, & Yioula. (2011). Social Media:Marketing Public Relation’s New Best Friend. In EuroMed Press.
Power, K. (2013). The Use of Celebrity Endorsements as a Public Relation Ttie Use of Celebrity Eridorseroents as a Public Relation Tactic for a Mental Health Camriaie ’ n Master ’ s Degree fM . A . f in Supervised bj : t Coffev and GesroM O Sail !
Puspitaningrum, D. R., & Prasetio, A. (2019). Fenomena “Virtual Youtuber” Kizuna Ai di Kalangan Penggemar Budaya Populer Jepang di Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), 128–140. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4758
Rasmussen, M. (2021). What’s the Difference Between Virtual Influencers ,Vtubers, Artificial intelligence, Avatars, and More? General Assembly Blog. https://generalassemb.ly/blog/diversity-inclusion-equity-differences-in-meaning/
Ravianto, J. (2014). Produktivitas dan Pengukuran. Binaman Aksara.
Ridha, A., Perdana, A. H., & As’ad, A. (2018). Celebrity Endorser Pada Jejaring Sosialinstagram Untuk Menarik Minat Pembelian Calon Konsumen. Jurnal Economic Resource, 1(1), 86–96. https://doi.org/10.33096/jer.v1i1.61
Rina, R. R., & Nofha, Z. (2018). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HAMIDAH RACHMAYANTI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG. 6(1), 43–57.
Rohmatulloh, A. (2022). Stigma Sosial Japanofilia ( Wibu ) yang Merebak Pada Generasi Z.
Rosdiana, & Abdurrahman. (2023). The Influence of Celebrity Endorsers and Discounts on Impulse Buying Moderated by Hedonic Shopping Motivation in Generation Z Online. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(8), 2099–2114. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i8.5638
Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Saputra, D. I. S., & Setyawan, I. (2021). Virtual YouTuber (VTuber) sebagai Konten Media Pembelajaran Online. Prosiding SISFOTEK, 5(1), 14–20. http://seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/view/251
Setiadi, A. (n.d.). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK EFEKTIFITAS KOMUNIKASI. https://doi.org/10.52738/pjk.v2i1.102
Setiawan, L. (2018). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Green Tea Esprecielo Allure. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.53
Shimp, T. A., & Andrews, J. C. (2020). Integrated Marketing Communications. Art Marketing, 55–66. https://doi.org/10.4337/9781800883284.integrated.marketing.communication
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R and D. Alfabeta.
Wicaksono, R. (2023). Stigma Sosial Terhadap Wibu (Studi Kasus Wibu di Kota Depok, Jawa Barat).
Zheng, J. (2022). Anyone Can Be a VTuber . Here ’ s How to Get Started. https://www.wired.com/story/be-a-vtuber-how-to-get-started/
Zhou, X. (2020). Virtual Youtuber Kizuna AI : Co-creating human-non-human interaction and celebrity-audience relationship. May, 1–91.