Studi Komparatif: Analisis Isi Tema Pesan Komunikasi Pemasaran melalui Instagram (Rose All Day Vs Esqa Cosmetics)

Anastasia Anastasia(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tema pesan komunikasi pemasaran terlebih khususnya Marketing Public Relations pada dua akun Instagram Rose All Day dan ESQA Cosmetics di Indonesia. Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan dalam memasarkan suatu produk. Untuk itu, melalui media sosial ini, peneliti dapat melihat perbandingan penggambaran tema pesan pada kedua Instagram brand produk kecantikan lokal. Dengan menggunakan metode analisis isi Kuantitatif, hasil temuan menunjukan bahwa kedua brand paling banyak menggunakan tema pesan Aspiration & Beliefs. Perbedaan ada pada frekuensi kemunculan tema pesan pada unggahan. Seperti ketidakmunculan tema pesan Counterintuitive/Contrarian pada Instagram ESQA Cosmetics, namun munculnya tema pesan Counterintuitive/Contrarian pada Rose All Day. Pesan disajikan melalui media image (foto/video) dan juga caption. Diketahui pula ESQA cenderung lebih aktif dalam mengunggah konten dibandingkan dengan Rose All Day.


Keywords


Marketing Public Relations, Marketing Communication, Tema Pesan, Instagram, Produk Kecantikan Lokal.

References


Adiasari, T. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Makanan. 1,1–9.

Afriani, A. (2015). Strategi Marketing Communication. Xiv(1), 87–109.

Alghozy, R. (2019). Strategi Social Media Marketing Pada Usaha Kuliner Krr ’ S Otentik Malang.2, 1–17.

Efrida, S., & Diniati, A. (2020). Pemanfaatan Fitur Media Sosial Instagram Dalam MembangunPersonal Branding Miss International 2017. 8(1), 57–71.Ir. Agustina Shinta, M. P. (2011). Manajemen Pemasaran. Ub Press.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenada Media Group

Hootsuite (We Are Social): Indonesia Digital Report 2021. Retrieved from https://andl.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Jayusman, I. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa

DenganMenggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah.

(1),13–20.

Kasali, Renald. (2005). Membidik pasar Indonesia:Segmentasi, Targeting, Positioning.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kelly, L. (2007). Beyond buzz: The next generation of word-of-mouth marketing. New York: AMACOM.

Kurniawan, F. R., & Ihsaniyati, H. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) .13(2), 167–177.

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran

Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada Pt Expand Berlian Mulia Di Semarang ). 8, 83–98. Kustiawan, W., Nurlita, A., Siregar, A., Siregar, S. A., & Ardianti, I. (2022). Media Sosial Dan Jejaring Sosial. 2(1), 1–5.

Kusuma, R. C. S. D. (2020). Dampak Media Sosial Dalam Gaya Hidup Sosial. 17,

–33.Nanda, C. S. (2022). Analisis Marketing Communication Dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram. 10 (2), 166–180.

Kotler,P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management (15th edition). Pearson Education United

Made,R. & Darma, G.S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer

Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis

Nursiti. (2022). Pengaruh Social Media Marketing , Harga , Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. 5(1), 40–50.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram. April, 51–65.Rahad, D. R. (2020). Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E-Marketing. 71–78.

Sanjulya, L., Vidyani, T.N., & Monica, V. (2020). Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Komunikasi Pemasaran melalui Instagram (Indihome Vs First Media). Jurnal e-Komunikasi. 8(2).

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Jakarta: Elex Media Komputindo

Secsio, W., Putri, R., & Nurwati, R. N. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. 3.

Scott,D.M. (2010). The New Rules of Marketing & PR How to Use Social Media, Online Video, Mobile Applications, Blogs, News Releases, and Viral Marketing to Reach Buyers Directly (ed.2). John Wiley & Sons.Inc

Shanti, D., Karim, M., Pakaya, A. R., & Radji, D. L. (2022). Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Umkm Tinelo Putri Di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara Kecamatan Anggrek. 5(2), 576–582.

Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta

Sutrisno, A. P., & Mayangsari, I. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram @Humasbdg Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. 5(X).

Talitha, W. (2020). Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand ImagePT Tokopedia. 9(2), 24–34.

Tulasi, D. (2012). Marketing Communication Dan Brand Awareness. 3(45), 215–2 Wibowo,L. A. & Priansa, D.J. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung:Alfabeta

Wheeler,A. (2018). Designing Brand Identity: An Essential Guide for The Whole Branding Team (ed.5) John Wiley & Sons,Inc.

Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The Effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. JEBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam). Journal Of Islamic Economics And Business, 5(2), 168-180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI