Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Kim Soo Hyun pada Brand Y.O.U Beauty di Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan brand ambassador Kim Soo Hyun pada brand Y.O.U Beauty di Instagram. Y.O.U Beauty merupakan brand produk kecantikan yang berasal dari Indonesia. Y.O.U Beauty merupakan brand yang cukup dikenali publik dan menggunakan Kim Soo Hyun sebagai brand ambassador untuk merepresentasikan produk-produk Y.O.U Beauty. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari seorang brand ambassador Kim Soo Hyun pada brand Y.O.U Beauty di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode online survey yang disebarkan kepada 100 responden dengan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kim Soo Hyun efektif sebagai brand ambassador Y.O.U Beauty yang diukur menggunakan nilai-nilai pada teori VisCAP (visibility, credibility, attraction, power). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator VisCAP yang paling efektif pada brand ambassador Kim Soo Hyun adalah nilai attraction dan indikator dengan nilai terendah adalah indikator credibility.References
Abidin, M. (2022). Urgensi komunikasi model stimulus organism response (s-o-r) dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran. Nivedana: Jurnal Komunikasi dan Bahasa.
Afnan, D. (2020, April). Kegiatan marketing public relations dalam mempertahankan citra
perusahaan.
Annur, C. M. (2023, May 4). Jumlah pengguna Instagram Indonesia terbanyak ke-4 di dunia.
Databoks.
Ahman, N. F., & Haryanto, D. (2024). Strategi Marketing Public Relation PT. Kereta Api
Indonesia dalam Meningkatkan Pengguna KAIPay
Arya, I. (2023). Highest Paid K-Drama Actors in 2023.
Azzura. (2018). Y.O.U Cosmetics: Produk Kecantikan yang Paham Kebutuhan Perempuan.
Merdeka.com.
Buana. (2021). Persaingan dalam Industri Kecantikan Semakin Meningkat.
Chairina, R. R. L. (2023). Dampak gender pada pembelian produk perawatan wajah di negara
beriklim tropis. Maksipreneur: Jurnal Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(2).
Chua, D. (2023, January 31). Showbiz: Song Hye-Kyo, Kim Soo-Hyun are highest paid South
Korean stars. New Straits Times.
Deciptra, W. (Penyiar). (2024). Memahami Ragam Standar Kecantikan Wanita Indonesia. RRI.
Dimara, G. Y. (2018, November). Y.O.U, kosmetik lokal baru yang hadirkan makeup tahan lama.
Kumparanstyle.
Effendy, O.U. (2000). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Ekadiany, M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser (Rachel Venya) Dan Citra Merek Terhadap
Minat Beli Pada Produk Scarlett Whitening. (Skripsi, Universitas Andalas Padang).
Gibson, (2013). Manajemen sumber daya manusia. (Rev. ed.) Erlangga
Hadi, F. (2019, November 15). Y.O.U perkenalkan Prilly Latuconsina sebagai brand ambassador.
WartaKotalive.com.
Kusnadi, D. (2021). Strategi Marketing Public Relations Holywings Dalam Mempertahankan
Kepercayaan Pengunjung Pada Masa Pandemi Covid-19. E-library unikom.
Kurniawan, F. J., & Kunto, Y. S. (2014). Analisa pengaruh visibility, credibility, attraction, dan
power celebrity endorser terhadap brand image bedak Marcks Venus. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-8.
Kampanye #YOUnitedInPink dari YOU Beauty edukasi kesadaran kanker payudara bagi
perempuan Indonesia. (2022, November). Kompas.
Lengkong, M. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR SONG
JOONG KI DALAM BRAND SCARLETT WHITENING DENGAN MODEL VISCAP. Jurnal E-Komunikasi.
Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications Ebook. Somerset, NJ,
USA: Wiley.
Nancy, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador
Laneige Dalam Model VisCAP. Jurnal E-Komunikasi.
Ohorella, N. (2022). Pengaruh akun Instagram @sumber_rancak terhadap minat berkunjung
followers ke suatu destinasi. Jurnal KomunikA.
Probosini, D. (2021). Pengaruh promosi, Brand ambassador terhadap keputusan pembelian
pengguna marketplace X dengan brand image sebagai variabel intervening. Jurnal Bisnis,
Purwaningsih, I., & Purworini, L. W. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan
Produk Kecantikan.Manajemen, dan Keuangan 2.2.
Rossiter, J. R., & Percy, L. (1985). Advertising Communication Models. NA-Advances in
Consumer Research. 12. 510–524. //
Sutanto, F. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK CELEBRITY ENDORSER TERHADAP
MINAT BELI PRODUK MISTER CHEESY. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.
Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing
Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
Nancy, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas penggunaan brand ambassador
Laneige dalam model VISCAP. Jurnal E-komunikasi, 8(2).
Tobing, S. T. A. (2023). Efektivitas Brisia Jodie sebagai brand ambassador dalam
mengkampanyekan #generasikulitsehat pada followers Instagram N’Pure.
Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi dan aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu.
Jakarta: Airlangga.
Verlina, H. (2023). Pengaruh Lee Min Hoo sebagai Brand Ambassador Azarine Cosmetic
Terhadap Minat Beli Generasi Z.