Efektivitas Pesan Iklan Laneige Bouncy & Firm Sleeping Mask Pada Gen Z Sebagai Followers di Instagram @laneige_id
(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas pesan iklan produk Laneige Bouncy & Firm Sleeping Mask pada Generasi Z sebagai followers di akun Instagram @laneige_id. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei online dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan variabel Customer Response Index (CRI) dengan periode penelitian dimulai dari Maret 2024 hingga Mei 2024. Responden penelitian ini adalah perempuan Generasi Z di Indonesia, yang berusia antara 12 hingga 27 tahun pada tahun 2024 dan merupakan followers dari Instagram @laneige_id, dengan total responden sebanyak 100 orang. Nilai efektivitas CRI yang dihasilkan yaitu 73% dengan tahapan tertinggi diperoleh oleh comprehend. Penelitian ini mengungkapkan bahwa semua tahapan pada pesan iklan Laneige Bouncy & Firm Sleeping Mask efektif pada Generasi Z sebagai Followers di akun Instagram @laneige_id.
Keywords
References
Arai, Akiko., Ko, Yong Jae., & Ross, Stephen. (2013). Branding athletes: Exploration and conceptualization of athlete brand image. Sport Management Review, 17(2), 97-106. DOI:10.1016/j.smr.2013.04.003
Ardiansyah, F. A. (2023) Elsimil Application Redesign.[Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara]. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26992/4/BAB_II.pdf
Aysegul, Ermec Sertoglu, Ozlem Catli and Sezer Korkmaz, 2014. Examining the effect of Endorser Credibility on the consumers' buying intentions: An empirical study in Turkey. International Journal of Management and Marketing, 4(1),66-77
Blakeman, Robyn. (2018). Integrated marketing communication: Creative strategy from Idea to implementation. Rowman & Littlefield.
Bovee, Courtland, L. (1995). Advertising excellent, International edition. Mc Graw Hill.
Celsi, R.L. & Olson, J. C. (1988). The Role of Involvement in Attention and Comprehension Processes. Journal of Consumer Research, 15(2), 210–224. https://doi.org/10.1086/209158
Dewi, P. M., & Trianasari, N. (2019). Efektivitas Iklan Youtube Teh Botol Sosro (studi Epic Model Pada Iklan Youtube “#hariuntukberbagi”). eProceedings of Management, 6(1).
Durianto, Darmadi. et al. (2003). Inovasi pasar dengan iklan efektif. Gramedia Pustaka.
Effendy. (2002). Ilmu komunikasi teori dan praktek. PT. Remaja Rosdakarya
Effendy. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.
Harris, Thomas L. (1991). The marketer's guide to public relations. Wiley
Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century. Ohio: Thomson Higher Education.
Hartini, H. I., AR, H. F., & Charlina. (2017). Kesantunan berbahasa dalam komentar caption Instagram. Indonesian language and literature education, C, 1–14.
Hung, K. (2014). Why celebrity sells: A dual entertainment path model of Brand Endorsement. Journal of Advertising, 43(2), 155–166. https://doi.org/10.1080/00913367.2013.83872
IDN Research Institute. (2024). Indonesia Gen Z report. https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-gen-z-report-2024.pdf
Kotler, P. & Keller, Kevin L. (2016). Manajemen pemasaran (15th Edition). Pearson Prentice Hall.
Lyons, S., & Kuron, L. (2014). Generational differences in the workplace: A review of the evidence and directions for future research. Journal of Organizational Behavior, 35(1), 139–157. https://doi.org/10.1002/job
Muhidin, Ali. (2009). Konsep efektivitas pembelajaran. Pustaka Setia.
Paramita, I. G. A. I. D. D. P., & Kasih, D. P. D. (2017). Perlindungan hukum terhadap konsumen terkait iklan yang menyesatkan ditinjau berdasarkan Undang - Undang Perlindungan dan Kode Etik Periklanan Indonesia. Jurnal Kertha Semaya, 5(2), 1-5.
Purbasari, M., Luzar, L.C., Farhia, Y. (2014). Analisis asosiasi kultural atas warna. HUMANIORA 5(1), 172-184
Rossiter, John, R. & Percy. (1997). Advertising and Promotion Management. Mc Graw-Hill Book Company.
Shimp, T. A. (2003). Periklanan dan promosi, aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Erlangga.
Sprout Social. (2020). Above & beyond ; 2020 sprout social index deep dive. https://media.sproutsocial.com/uploads/2020/05/2020-Sprout-Social-Index-Deep-Dive.pdf
Subagyo, A. (2012). Marketing In Business, edisi pertama, cetakan pertama. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: Meneropong imbas pasar iklan televisi. CV Alfabeta.
Steinmetz, Kim. (2023). Is fear of negativity holding your marketing team back?. And Marketing. https://www.and-marketing.com/author/kim/
Tamburaka, A. (2013). Literasi media : Cerdas bermedia khalayak media massa. PT Rajagrafindo.
The Power of Words in Marketing. (n.d.). https://themarketingsquad.com/power-words-marketing/
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi pemasaran (3rd ed.). CV. Andi Offset.
Yasir. (2009). Pengantar ilmu komunikasi. Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.
ZAP Clinic. (2024). ZAP beauty index 2024. https://zapclinic.com/files/ZAP_Beauty_Index_2024.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI