Efektivitas Pesan Kampanye Kolaborasi San Gyu dengan Paddy pada Follower Instagram San Gyu

Authors

  • Devon Irawan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Lady Joanne Tjahyana Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Astri Yogatama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

Abstract

Judul pada penelitian ini adalah Efektivitas Pesan Kampanye Kolaborasi San Gyu dengan Paddy Pada Follower Instagram San Gyu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pesan kampanye kolaborasi San Gyu x Paddy pada follower San Gyu di instagram San Gyu. San Gyu merupakan brand F&B dengan sistem cloud kitchen dibawah naungan multi-brand company bernama Hangry. Kampanye San Gyu x Paddy merupakan jenis product-oriented campaign dengan sistem kolaborasi yang dijalankan untuk menjual produknya. San Gyu merancang pesan dengan membuat beberapa konten dan bekerja sama dengan KOL/influencer dalam mempromosikan kampanye yang sedang berjalan. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan untuk mengukur efektivitas pesan kampanye adalah teori efektivitas pesan Gregory dengan tiga indikator yaitu kognitif, afektif dan konatif. Selain itu, elemen-elemen yang digunakan untuk mengukur pesan kampanye ini adalah isi pesan dan struktur pesan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan survei online kepada 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan kampanye San Gyu x Paddy pada Followers Instagram San Gyu dikategorikan efektif. Indikator yang paling menunjukkan tingkat efektivitas paling tinggi adalah indikator afektif dengan mean 4.46.

References

Abdullah, M. (2015). Metodologi penelitian kuantitatif. Aswaja Pressindo.

Afifah, A. N. (2021). Perkembangan food and beverage di era Sekarang. Retrieved from https://www.kompasiana.com/ananda47543/61cadc7806310e2d047ce072/perkembanganfood-and-beverage-di-era-sekarang-ini

Aiwan, T. Y. (2013). Efektivitas Pesan Iklan Televisi Tresemme Menggunakan Customer Response Index (CRI) pada Perempuan di Surabaya. Surabaya: Jurnal e-Komunikasi.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Chen, J., Yang, X., & Smith, R. E. (2016). The effects of creativity on advertising wear-in and wear-out. Journal of the Academy of Marketing Science, 44(3). https://doi.org/10.1007/s11747-014-0414-5

Effendy, Uchjana, O., (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti .

Garg, A., & Kumar, J. (2021). Social media marketing influence on Boutique Hotel customers’ purchase intention in Malaysia. Tourism & Management Studies, 17(3), 51–62.

Gregory, A. (2010). Planning and managing public relations campaigns: a strategic approach. (3ed.). Koganpage.

Jamil, K., Dunnan, L., Gul, R. F., Shehzad, M. U., Gillani, S. H., & Awan, F. H. (2022). Role of social media marketing activities in influencing customer intentions: A perspective of a new emerging era. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.808525

Jarboe, G. (2012). Marketing Plus 2000: Siasat Memenangkan Persaingan Global. PT Gramedia Pustaka Utama.

John, S. P., & De’Villiers, R. (2020). Elaboration of marketing communication through visual media: An empirical analysis. Journal of Retailing and Consumer Services, 54, 102052.

Kinanti, S. P., & Putri, B. P. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi. p. 54

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Harlow : Pearson Education Limited.

Kotler, P., (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 2. Jakarta: prenhallindo. Hal. 626

Kotler, P., Keller, K.L. (2009). Marketing management 13th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kusumasondjaja, S. (2018). The roles of message appeals and orientation on social media brand communication effectiveness: An evidence from Indonesia. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(4), 1135–1158.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Moerdijati, S. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Analisis Resepsi Pada Channel Game Reza Oktovian, 46.

Nasrullah, Rull. (2015). Media sosial perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Prasad, K. G. D., Subbaiah, K. V., Rao, K. N. (2012). Aligning The Competitive Strategy With Supply Chain Strategy Through QFD, Journal of Advances in Management Research, Col.9, Issue 2.

Roger, EM & Storey J.D. (1987). Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.). Handbook of Communication Science. New Burry Park : Sage.

Thomas L. Harris (1998). Value Added PR - The Secret Weapon of Integrated Marketing. Library o Congress Cataloging - in Publicating Data. hal.21

Trehan K, Maan GS (2012) Teaser Campaigns: An Effective Advertising Execution for Varied Goods, Services and Ideas. J Mass Commun

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Published

2024-08-10