Sikap Masyarakat Terhadap Kredibilitas Calon Wakil Presiden pada Tayangan Debat Keempat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Authors

  • Grace Maria Etter Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Gatut Priyowidodo Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Daniel Budiana Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

Abstract

Pada pemilu 2024, kehadiran calon wakil presiden menarik perhatian publik. MulaiĀ  dari kehadiran tiap-tiap calon wakil presiden, salah satunya Gibran Rakabuming yang hadir dengan mengubah putusan Mahkamah Konstitusi. Selain itu, calon wakil presiden dari berbagai generasi usia dan pengalaman membuat masyarakat menantikan adu gagasan pada saat debat. Hal ini didukung oleh share dan rating tinggi pada tiap tayangan debat calon wakil presiden, khususnya pada tayangan debat keempat menjadi debat paling trending karena aksi yang dilakukan oleh para kandidat. Berbagai gimmick tentu mempengaruhi kredibilitas para calon wakil presiden. Maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sikap masyarakat terhadap kredibilitas calon wakil presiden pada debat keempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei kepada 100 responden yang tersebar di 6 wilayah Pulau Jawa. Hasil dalam penelitian ini yaitu sikap netral masyarakat terhadap kredibilitas Muhaimin dan Mahfud serta sikap positif masyarakat terhadap kredibilitas Gibran dalam tayangan debat keempat. Sikap positif, negatif, serta netral dihasilkan dari dimensi kredibilitas milik calon wakil presiden yaitu attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Hasil menarik dalam penelitian ini yaitu perbedaan generasi menentukan sikap yang berbeda terhadap tiap-tiap calon wakil presiden serta terdapat perbedaan dimensi kredibilitas yang dilihat.

References

Adji, F.P. (2018). Expertise, attractiveness, dan trustworthiness sebagai pembentuk attitude serta implikasinya terhadap purchase intention: studi pada konteks online review yang dibuat oleh Gerry Girianza pada produk makanan sei sapi lamalera di platform youtube. (Thesis). Indonesia Banking School Jakarta. http://repository.ibs.ac.id/193/1/Fadlurrahman%20Prasetyo%20Adji,%20Ma.-Ibs,%202018.pdf

Azwar S. (2013). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Metode penelitian . Pustaka Belajar.

Budhirianto, S. (2015). Sikap masyarakat terhadap debat calon presiden pada pemilu presiden 2014 di RCTI. (Thesis). Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung. https://www.researchgate.net/publication/296686798_Sikap_Masyarakat_Terhadap_Debat_Calon_Presiden_pada_Pemilu_Presiden_2014_di_RCTI

Dipodjojo, A. (1982). Komunikasi lisan. PD. Lukman.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & Miniard, P.W. (1995). Consumer behavior, 8th. The Dryden Press.

Hadi, I.P., Wahjudianata, M. & Indrayani, I.I. (2020). Komunikasi massa. CV. Penerbit Qiara Media.

Hovland, C.I., Irving K. J. & Harold H. K. (1953). Communication and persuasion. Yale University Press.

Kartajaya, H. (2010). Perjalanan pemikiran konsep pemasaran hermawan kartajaya. PT Gelora Aksara Pratama.

Krisdiani, V. (2020, September, 24). Praktis dan bebas, 5 karakter unik gen z yang pasti kamu banget. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/inspiration/vini-krisdiani/5-karakter-unik-gen-z-c1c2

McNair, Brian. 2011. An Introduction to Political Communication (Fifth Edition). Routledge.

Mufida, M. (2021). Usaha pemberian layanan yang optimal guru BK pada masa pandemi covid-19. UAD Press.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta.

Pengamat fesyen sebut outfit Gibran saat debat cawapres sebagai pemenang.

(2024, January 22). Kumparan.com. https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/pengamat-fesyen-sebut-outfit-gibran-saat-debat-cawapres-sebagai-pemenang-220yK2Xpyd1/full

Rakhmat, J. (2005). Psikologi komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Sanusi, A. (2011). Metode penelitian bisnis. Salemba Empat.

Shimp, A. T. (2007). Penelitian promosi (aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu). Erlangga.

Silalahi, U. (2010). Metode penelitian sosial. PT. Refika Aditama.

Sobur, A. (2014). Ensiklopedia Komunikasi. Simbiosa Rekatama.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sumiyati, I., Kamala, L. & Setianti, Y. (2018). Hubungan antara kredibilitas petugas pelayanan informasi puskesmas dengan sikap pengunjung terhadap puskesmas Nagreg. (Thesis). Universitas Padjadjaran. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/716/0

Syarif, N., Bungin, B. (2021). Citra aktor politik: dalam framing media lokal. Prenada Media Group.

Tan, Al.S. (1981). Mass communication theories and research. Grid Publishing.

Thorndike, E.L. & Hagen, H.P. (1977). Measurement and evaluation in psychology and education. John Wiley.

Venus, A. (2004). Manajemen kampanye panduan teoritis dan praktis dalam mengefektifkan kampanye komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. C.V Andi.

Published

2024-08-10