Efektifitas Penggunaan Brand Ambassador Beby Tsabina dalam Brand Barenbliss pada Generasi Z di Indonesia

Christine Nathania Budianto(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Barenbliss merupakan merek kosmetik asal Korea Selatan yang memiliki target pasar anak muda. Barenbliss sebagai brand yang ingin mendukung talenta lokal Indonesia, menggunakan artis-artis Indonesia sebagai brand ambassador-nya, salah satunya adalah Beby Tsabina. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh apa efektivitas penggunaan brand ambassador Beby Tsabina dalam brand Barenbliss pada Generasi Z di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei online. Jumlah responden yang berhasil diperoleh dan diolah datanya sebanyak 100 responden dengan menggunakan skala likert. Responden penelitian adalah generasi Z yang pernah melihat konten atau iklan Beby Tsabina sebagai brand ambassador Barenbliss selama bulan April-Juni 2024. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan brand ambassador Beby Tsabina dalam brand Barenbliss terbukti efektif dengan melihat indikator pada VisCAP. Hasil penelitian menunjukkan indikator yang paling efektif adalah Power. Responden menjawab bahwa Beby Tsabina sebagai brand ambassador memiliki kemampuan untuk mempersuasi audiens mengenai Barenbliss. Keseluruhan rata-rata VisCAP berada diatas 3.00, yaitu 4.14, sehingga dapat dikatakan penggunaan Beby Tsabina sebagai brand ambassador Barenbliss efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan jika laki-laki merespon tinggi credibility dan power, sementara perempuan menunjukkan respons yang lebih tinggi pada indikator power.

Keywords


efektivitas; brand ambassador; VisCAP; Generasi Z Indonesia.

References


Andersson, M., & Ekman, P. (2009). Ambassador networks and place branding. Journal of Place Management and Development, 2(1), 41-51.

Badan Pusat Statistik. (2023, September 29). Direktori Industri Manufaktur Indonesia 2023. Badan Pusat Statistik. Retrieved December 20, 2023, from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/09/29/8c2d8435fe0c552c6ffdc528/direktori-industri-manufaktur-indonesia-2023.html

Barenbliss. (2021). BRAND STORY | barenbliss.id. Barenbliss. https://id.barenbliss.com/pages/sejarah-terbentuknya-bnb

Bunnag and B. Arrec. (2014). "The Multidimensional Scaling Technique (MDS) for Analyzing Facial Tissue Brand," Journal of Business Economics and Communications: BEC Journal (วารสารบริหารธุรกิจ เศรษฐศาสตร์และการสื่อสาร), vol. 9, No. 2, 2014

Harris, T. L. (1993). How MPR adds value to integrated marketing communications. Public Relations Quarterly, 38(2), 13–17.

Jatmiko. (2019, August 13). KOMUNIKASI PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI MEMPERLUAS PASAR. Universitas Esa Unggul. Retrieved December 20, 2023, from https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/

Kenny. (2021). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Rich Brian Terhadap Brand Image Asus. (Thesis). Universitas Multimedia Nusantara. https://kc.umn.ac.id/id/eprint/17974/

Kitchen, P. J. (2010). A marketing communication scenario for 2010. Research Paper for CIPR. London, UK: Chartered Institute of Public Relations.

Kriyantono, Rachmat, 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertishing, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Melanthiou, Y. & Papasolomou, I. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management. 18(3). 319-328. Klik Media

Moloney, Kevin. (2000). Rethinking Public Relations The spin and the substance. London: Routledge

Mustikawati, Annisa Nur (2022) Persepsi staff Marketing terhadap strategi Marketing Public Relations menggunakan Brand Ambassador Boyband BTS : Studi deskriptif pada Samsung Store. (Thesis). UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/56431/

Ofori-Okyere, I., & Asamoah, E. S. (2015). Celebrity Endorser Selection Strategies as Effective Marketing Communications Tool in the Automobile Industry – A Review Paper on Related Literature. International Journal of Business and Marketing Management, 3(1), 1-15. Chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/50517317/Celebrity_Selection-libre.pdf?1479981189=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DCelebrity_Endorser_Selection_Strategies.pdf&Expires=1706526405&Si

Pratama, A. (2023, November 29). Beby Tsabina Jadi Brand Ambassador, barenbliss Luncurkan Mousse Tint Terbaru. INFOBRAND.ID. Retrieved December 21, 2023, from https://infobrand.id/beby-tsabina-jadi-brand-ambassador-barenbliss-luncurkan-mousse-tint-terbaru.phtml

Rachman, R. (2018). Building Brand Awareness: The role of Celebrity Endorsement in Advertisements. Journal of Global Scholars of Marketing Science. 28(4). 363-384. DOI: 10.1080/21539159.2018.1509366

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1985). Advertising Communication Models. NA-Advances in Consumer Research. 12. 510-524. //www.acrwebsite.org/volumes/6443/volumes/v12/NA-12

Royan, F. M. (2005). “Marketing Celebrities”. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.

Seldaña, C. Welner K. Malcolm, S. Tisch, E. (2019).Examining the New Phenomenon of Teachers as Brand Ambassadors. https://nepc.colorado.edu/publication/brandambassador

Shimp, T. (2010). Integrated marketing communication in advertising and promotion, (8th ed.). South-Western: Cengage Learning.

Suleman, D., Suyoto, Y. T., Sjarief, R., Sabil, S., Marwansyah, S., Adawia, P. R., & Puspasari, A. (2023). The effects of brand ambassador and trust on purchase decisions through social media. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 433–438. https://www.growingscience.com/ijds/Vol7/ijdns_2022_118.pdf

Sutriyanto, E. (2023, Oktober 13). Semester I 2023 Jumlah Perusahaan Kosmetika di Indonesia Tumbuh 21,9 Persen. Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/bisnis/2023/10/13/semester-i-2023-jumlah-perusahaan-kosmetika-di-indonesia-tumbuh-219-persen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI