Efektivitas Iklan Tokopedia Kolaborasi Kobo Kanaeru di Platform Tiktok Pada Followers Tokopedia

Kristian Dwi Ade Wicaksono(1*), Chory Angela Wijayanti(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang sangat populer dan sering digunakan oleh para konsumen untuk membeli produk yang mereka butuhkan atau inginkan. Tokopedia seringkali memberikan konsep event yang menarik dibandingkan kompetitor e-commerce lainnya. Tidak hanya soal event, tetapi belakangan ini Tokopedia mulai membuat iklan promosi dengan menggunakan talent non human. Fakta tersebut menunjukan bahwa memang tokopedia melakukan sebuah inovasi dalam promosi iklannya. Seluruh iklan dan event yang diadakan, selalu di publikasikan melalui semua media sosial, termasuk media sosial yang sedang ramai pengguna yaitu tiktok. Iklan tersebut ramai ramai di berbagai sosial media, tetapi titik puncak ramai ada di media sosial tiktok. Tokopedia juga menjadi satu-satunya e-commerce yang menggunakan v-tuber sebagai talent iklannya. Karena fenomena ini, alhasil peneliti melakukan sebuah penelitian menggunakan indikator AIDA (Awarness, Interest, Desire, Action) untuk mengetahui sampai tahap mana iklan ini dapat dibilang efektif. Survei online di dalam penelitian ini serta penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang menarik dari crosstab adalah cewe melihat iklan tokopedia dari segi isi pesan, namun laki-laki lebih fokus kepada unsur iklan di dalamnya seperti talent yang dipilih, musik dalam iklan, dan hal lain yang termasuk di dalam unsur iklan tersebut. dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner secara online pada 100 responden melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa pesan iklan di tokopedia efektif. Dari 4 indikator, awarness mendapatkan mean tertinggi. Dari data yang ditunjukan semua indikator efektif, hal ini menunjukan bahwa efektifitas iklan kobo kanaeru di platform tiktok pada masyarakat Indonesia efektif.

Keywords


kuantitatif; efektivitas; fenomena; tokopedia; metode penelitian

References


Dwi, E., Watie, S., Jurusan, D., Komunikasi, I., & Semarang, U. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). THE MESSENGER, III(1). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228863957.pdf

Emanuel, O., & Ditya, D. (n.d.). Anteseden Efektivitas Iklan Pop-up di Media Sosial Youtube. Retrieved from https://e-journal.uajy.ac.id/7504/1/JURNAL.pdf

Jingle, P., Tagline, D., Teh, I., & Sosro Terhadap, B. (2019). teh botol. Retrieved from https://repository.uin-suska.ac.id/25220/1/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20V.pdf

KESUMAH, H. (2019). EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA VERSI “SEMUA DIMULAI DARI TOKOPEDIA” PADA MEDIA TELEVISI (STUDI PADA MAHASISWA INDO GLOBAL MANDIRI). Retrieved from https://repository.unsri.ac.id/11457/2/RAMA_70201_07031281419063_0024126003_0014059002_01_front_ref.pdf

Khomariyah, S., Andayani, S., & Mulyati, A. (2019). Pengaruh Advertising dengan Konsep Aida Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Merk simPATI. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 1(1). https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/adbis/article/view/2287

Kominfo. (2019). “Kemkominfo: Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Capai 78 Persen”. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media. Diakses pada tanggal 14 September 2023.

Menurut, A., Besar, B., & Bahasa, K. (n.d.). BAB II TELAAH PUSTAKA 2.1 Defenisi Analisis. Retrieved June 11, 2024, from https://repository.uin-suska.ac.id/4127/3/BAB%20II%282%29.pdf

ohar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2018). Efektifitas Iklan Online ( Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–10. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1031/1214

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BARU OLEH BIGISSIMO.ID DI MASA PANDEMI. (n.d.). https://e-journal.uajy.ac.id/26227/3/16%2009%2006001%202.pdf

PRISIELA SUWANTO, J. D. (2020). Online Catalog | library@petra. Perpus.petra.ac.id. https://perpus.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=48910

Puspitaningrum, D. R., & Prasetio, A. (2019). Fenomena “Virtual Youtuber” Kizuna Ai di Kalangan Penggemar Budaya Populer Jepang di Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2). https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4758

Ranti, S. (2022). Mengenal Sejarah Berdirinya Tokopedia Hingga Melantai di Bursa Efek Indonesia Saat Shin Tae - Yong Masih Kesal Dengan Wasit Timnas Indonesia … Momen Kedatangan Timnas Indonesia Mengecam Aksi Rasis Warganet Terhadap Par …. https://tekno.kompas.com/read/2022/06/04/17150077/mengenal-sejarah-berdirinya-tokopedia-hingga-melantai-di-bursa-efek-indonesia?page=all

Rasmussen, M. (2021). What’s the Difference Between Virtual Influencers ,Vtubers, Artificial intelligence, Avatars, and More? General Assembly Blog. https://generalassemb.ly/blog/diversity-inclusion-equity-differences-in-meaning/

Redaksi. (2023, February 10). Belanja Iklan Nasional Terungkap di HPN 2023. Retrieved February 19, 2024, from Barometernews.id website: https://barometernews.id/belanja-iklan-nasional-terungkap-di-hpn-2023/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI