Efektivitas Konten Instagram @pakuwoncitymallsub dalam Annual Event Ramadan ‘Festival Tjap Toendjoengan’

Jennifer Catherin(1*), Ido Prijana Hadi(2), Gatut Priyowidodo(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pakuwon City Mall (PCM) adalah sebuah pusat perbelanjaan di Surabaya yang terletak tepat di depan pintu masuk perumahan Pakuwon City dimana mall ini selain memiliki tempat outdoor yang berbeda dari mall lainnya. Seluruh event yang diadakan oleh Pakuwon City Mall selalu dipublikasikan melalui media sosial Instagram @pakuwoncitymallsub. Instagram @pakuwoncitymallsub tergolong followers paling rendah dibandingkan dengan mall dibawah naungan Pakuwon Group lainnya, tetapi engagement yang didapatkan dari konten pertama Ramadan 2024 memiliki engagement tertinggi dari mall dibawah Pakuwon Group lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas konten Instagram @pakuwoncitymallsub dalam annual event Ramadan ‘Festival Tjap Toendjoengan’. Pengukuran efektivitas dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan indikator AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Data dikumpulkan dengan metode penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa konten Instagram @pakuwoncitymallsub dalam annual event efektif. Dari keempat indikator, tahap attention mendapatkan nilai mean tertinggi. Hal tersebut mengartikan bahwa responden memiliki atensi paling tinggi terhadap konten Instagram Pakuwon City Mall melalui Instagram @pakuwoncitymallsub sehingga hal tersebut yang melandasi terbentuknya efektifitas konten Instagram @pakuwoncitymallsub dalam annual event Ramadan.


Keywords


efektivitas konten; Instagram; marketing communication; AIDA; pakuwon city mall

References


Aaker, David. A. (2013). Manajemen pemasaran strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Arofah, Tandyonomanu. 2020. Impression Management Beauty Influencer di Media Sosial Instagram. Commercium. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2020, 103-107.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.

Creswell, John W. (2007) Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Five Apporoaches. California: Sage Publication Inc.

Cronin, J.J dan Taylor, S.A., 1992. Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension. Journal of Marketing, July (56):55-68.

Duncan, Tom. (2008). Integrated Marketing Communication: Using Advertising and Promotion to Build Brand. New York: McGraw Hill

Effendy, O. U. (2003). Ilmu teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Firmansyah, M. A., & SE, M. (2020). Komunikasi Pemasaran. Penerbit Qiara Media.

Rachmadi, T. (2020). The Power Of Digital Marketing.

Harb, A., Fowler, D., Chang, H., Blum, S., & Alakaleek, W. (2019). Social media as a marketing tool for events. Journal of Hospitality and Tourism Technology. https://doi.org/10.1108/JHTT-03-2017-0027.

Huda, M., & Prasetyo, A. (2020). Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial pada UMKM di Kabupaten Kebumen. Ekonomi dan Teknik Informatika, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37601/jneti.v8i1.126.

Jayaa, J. (2023). Efektivitas Pesan Event di Novotel Samator Surabaya Timur Pada Followers @Novotel_samator. Jurnal Kajian Komunikasi, 18-19.

Kennedy, John E., & R. Dermawan Soemanagara. (2009). Marketing Communication, Taktik & Strategy. Jakarta : PT Buana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia.

Kotler & Amstrong. (2006). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, Philipand Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13Jilid1. Jakarta : Erlangga.

McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. Netherlands: SAGE Publications, Ltd

Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Social Media Capabilities dalam Adopsi Media Sosial Guna Meningkatkan Kinerja UMKM. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 227–238. https://doi.org/10.29259/jmbt.v17i2.12455.

Noor, Any. (2009). Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Prasetyo, Bambang D (dkk). 2018. Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pendekatan Tradisional Hingga Era Media Baru). Malang: UB Press.

Simbolon, F. P., Nurcholifa, R. A., & Safarina, M. (2022). The Influence of Using Instagram as a Promotional Media in Building Brand Awareness and Its Impact on Purchase Decision of Bulog Products in Shopee. Binus Business Review, 13(1), 57-66.

Siswanto, Tito. 2013. Optimalisasi Sosial Media sebagai Meda Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, Vol. 2, No. 1, JanuaryJuni 2013, hlm 80-86.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Komunikasi. Alfabeta.

Syaifullah, A., & Anggraini, R. (2022). Sikap Remaja Mengenai Berita Hoax Covid 19 Di Media Sosial. Inter Script : Journal of Creative Communication, 4(2), 47. https://doi.org/10.33376/is.v4i2.1413

Dwita Virgioni, R. R. (2020, November). Analisis Pengaruh Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Periklanan; Studi Kasus Pada Pt. Tommindo Inti Prima Pangkalpinang. Jurnal Progresif Manajemen Bisnis, 7(2), 83-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI