Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorser Indro Warkop Dalam Social Media Campaign Kreatif BCA “Don’t Know?? Kasih No!!” Di Youtube Solusi BCA Pada Masyarakat Jawa Timur
(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Celebrity Endorser salah satu upaya Komunikasi Pemasaran dengan segala media dan pesan yang disampaikan perusahaan dalam upaya untuk berkomunikasi dengan target audiensnya. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat efektivitas Indro Warkop sebagai Celebrity Endorser pada kampanye kreatif BCA “Don’t Know?? Kasih No!!” pada masyarakat di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan indikator TEARS model oleh Shimp (2014) yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui Google Form. Responden penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan orang dari berbagai kalangan generasi usia baik laki-laki maupun perempuan, masyarakat yang berdomisili Jawa Timur dan pernah melihat video kampanye tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa walaupun Indro Warkop adalah seorang komedian yang sudah berusia tua, namun sebagai celebrity endorser dalam kampanye “Don’t Know?? Kasih No!!” dinyatakan efektif dengan respect yang memiliki indikator tertinggi dan paling signifikan.
Keywords
References
Boomers: A Generation’s Journey” oleh Steve Ubaney
Effendy, O. U. (2003) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (9th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosadakarya
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016, Desember). YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM - Fatty Faiqah1, Muh. Nadjib2, Andi Subhan Amir3. Journal Unhas. Retrieved July 12, 2024, from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/download/1905/1063/3324
Fakhrunnisa, M. (2016). Gaya Busana Sebagai Media Pembentukkan Identitas Musik White Shoes
and the Couples Company. E-Journal “Acta Diurna,” V(1)
Giannini, G. T. (2010). Marketing public relations: A marketer’s approach to public relations
and social media. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=P0Z7QgAACAAJ
Generation X: Tales for an Accelerated Culture” oleh Douglas Coupland.
Generation Z: A Century in the Making” oleh Corey Seemiller dan Meghan Grace.
Gunawan, F. (2015). Efektivitas Penggunaan Ashraf & BCL Sebagai Celebrity Endorser Dalam
Iklan 7HOHYLVL/,1(/HW¶V*HW5LFK'HQJDQ Menggunakan Model TEARS. JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA, VOL 3.(NO.2). https://media.neliti.com/media/publications/80847-ID-efektivitas-penggunaan-ashraf-bcl-sebaga.pdf
Gunawan, S. (2023). Efektivitas penggunaan Fadil Jaidi sebagai celebrity endorser pada
konten Head & Shoulders di Youtube. Dewey. Retrieved January 11, 2024, from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/view/57931
I, I. I., & Sakti, R. K. (2016, Oktober 17). ANALISIS KEBERHASILAN SEGMENTASI PASAR
BANK TERHADAP NASABAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Retrieved July 12, 2024, from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/3427/3072
Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah
Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9 (1), 109-117. Morissan. (2005). M
McCracken, G. (1989). "Who is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement
Process." Journal of Consumer Research, 16(3), 310-321.
Putra, Y. S. (2016, Desember). THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN
GENERASI Oleh Yanuar Surya Putra Dosen Tetap STIE AMA Salatiga Abstract The difference in t. Jurnal STIE AMA. Retrieved May 20, 2024, from https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/142/133
Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo
Persada
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung, Indonesia:
Alfabeta.
_______. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
_______. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Sundari, A., & Hidayat, T. (2020, November). Pengaruh Iklan di Media Sosial dan
KomunikasiWord ofMouthTerhadap Keputusan PembelianKonsumenPadaPTBerkahJaya Medan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, Vol 1, No 2, 114-124.
SURENTANG, E. V. (2023). Efektivitas penggunaan Blackpink sebagai celebrity endorser dalam
peluncuran produk #OREOBLACKPINK pada akun Instagram @oreo_indonesia. Dewey.
Stankevich, A. (2017). Explaining the Consumer Decision-Making Process: Critical Literature
Review. Journal of International Business Research and Marketing, 2(6), 7–14. https://doi.org/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.26.3001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI