Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorser Indro Warkop Dalam Social Media Campaign Kreatif BCA “Don’t Know?? Kasih No!!” Di Youtube Solusi BCA Pada Masyarakat Jawa Timur

Yehuda Suryaputra(1*), Chory Angela Wijayanti(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Celebrity Endorser salah satu upaya Komunikasi Pemasaran dengan segala media dan pesan yang disampaikan perusahaan dalam upaya untuk berkomunikasi dengan target audiensnya. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat efektivitas Indro Warkop sebagai Celebrity Endorser pada kampanye kreatif BCA “Don’t Know?? Kasih No!!” pada masyarakat di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan indikator TEARS model oleh Shimp (2014) yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui Google Form. Responden penelitian berjumlah 100 responden yang merupakan orang dari berbagai kalangan generasi usia baik laki-laki maupun perempuan, masyarakat yang berdomisili Jawa Timur dan pernah melihat video kampanye tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa walaupun Indro Warkop adalah seorang komedian yang sudah berusia tua, namun sebagai celebrity endorser dalam kampanye “Don’t Know?? Kasih No!!” dinyatakan efektif dengan respect yang memiliki indikator tertinggi dan paling signifikan.


Keywords


Celebrity Endorser; Indro Warkop; Iklan BCA; Social Media Campaign; TEARS

References


Boomers: A Generation’s Journey” oleh Steve Ubaney

Effendy, O. U. (2003) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (9th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosadakarya

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016, Desember). YOUTUBE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI BAGI KOMUNITAS MAKASSARVIDGRAM - Fatty Faiqah1, Muh. Nadjib2, Andi Subhan Amir3. Journal Unhas. Retrieved July 12, 2024, from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/download/1905/1063/3324

Fakhrunnisa, M. (2016). Gaya Busana Sebagai Media Pembentukkan Identitas Musik White Shoes

and the Couples Company. E-Journal “Acta Diurna,” V(1)

Giannini, G. T. (2010). Marketing public relations: A marketer’s approach to public relations

and social media. Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=P0Z7QgAACAAJ

Generation X: Tales for an Accelerated Culture” oleh Douglas Coupland.

Generation Z: A Century in the Making” oleh Corey Seemiller dan Meghan Grace.

Gunawan, F. (2015). Efektivitas Penggunaan Ashraf & BCL Sebagai Celebrity Endorser Dalam

Iklan 7HOHYLVL/,1(/HW¶V*HW5LFK'HQJDQ Menggunakan Model TEARS. JURNAL E-KOMUNIKASI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA, SURABAYA, VOL 3.(NO.2). https://media.neliti.com/media/publications/80847-ID-efektivitas-penggunaan-ashraf-bcl-sebaga.pdf

Gunawan, S. (2023). Efektivitas penggunaan Fadil Jaidi sebagai celebrity endorser pada

konten Head & Shoulders di Youtube. Dewey. Retrieved January 11, 2024, from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/view/57931

I, I. I., & Sakti, R. K. (2016, Oktober 17). ANALISIS KEBERHASILAN SEGMENTASI PASAR

BANK TERHADAP NASABAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Retrieved July 12, 2024, from https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/3427/3072

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah

Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9 (1), 109-117. Morissan. (2005). M

McCracken, G. (1989). "Who is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement

Process." Journal of Consumer Research, 16(3), 310-321.

Putra, Y. S. (2016, Desember). THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN

GENERASI Oleh Yanuar Surya Putra Dosen Tetap STIE AMA Salatiga Abstract The difference in t. Jurnal STIE AMA. Retrieved May 20, 2024, from https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/viewFile/142/133

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : PT Rajagrafindo

Persada

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung, Indonesia:

Alfabeta.

_______. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

_______. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.

Sundari, A., & Hidayat, T. (2020, November). Pengaruh Iklan di Media Sosial dan

KomunikasiWord ofMouthTerhadap Keputusan PembelianKonsumenPadaPTBerkahJaya Medan. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, Vol 1, No 2, 114-124.

SURENTANG, E. V. (2023). Efektivitas penggunaan Blackpink sebagai celebrity endorser dalam

peluncuran produk #OREOBLACKPINK pada akun Instagram @oreo_indonesia. Dewey.

Stankevich, A. (2017). Explaining the Consumer Decision-Making Process: Critical Literature

Review. Journal of International Business Research and Marketing, 2(6), 7–14. https://doi.org/10.18775/jibrm.1849-8558.2015.26.3001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI