Brand Awareness Masyarakat Surabaya Terhadap Toko Roti MAKO

Graciela Fiona Gunawan(1*), Gatut Priyowidodo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


MAKO merupakan toko roti yang telah melakukan rebranding dari toko roti yang sebelumnya dikenal dengan BreadTalk. BreadTalk yang begitu terkenal dikatakan “menghilang” oleh publik. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai brand awareness Masyarakat Surabaya  terhadap toko roti MAKO. MAKO mengkomunikasikan brand mereka melalui media sosial mengenai beberapa brand elements seperti brand name, website/URL, logo and symbols, dan packaging. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat brand awareness masyarakat Surabaya terhadap toko roti MAKO dengan mengukur awareness masyarakat dari empat brand elements yang telah disebutkan diatas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode online survey, dimana peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan teknik non-probabilitysampling. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah brand awareness masyarakat Surabaya masuk kedalam kategori brand awareness tertinggi yaitu top of mind.


Keywords


MAKO, brand awareness, brand elements, marketing public relations.

References


Aaker, D. A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.

Adobe. (n.d.). Inspiration in The Color Burgundy. https://www.adobe.com/express/colors/burgundy

Aisyah & Tiofany. (2022). 15 Toko Roti Legendaris dan Terkenal di Indonesia, Mana Favoritmu? https://www.kompas.com/food/read/2022/09/04/140300475/15-toko-roti-legendaris-dan-terkenal-di-indonesia-mana-favoritmu-?page=2

Aji, F. H., & Semuel, P. D. H. (2015). Analisa Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Awareness dan Brand Satisfaction Brotherwood Decoration Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/140369-ID-analisa-pengaruh-brand-identity-terhadap.pdf

Appel, G., et al. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

Arofani. (2021). 13 Bakery dan Pastry Paling Terkenal di Indonesia, Mana Kesukaanmu? https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/bakery-dan-pastry-paling-terkenal-di-indonesia

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2019). Jumlah Rumah Makan/Restoran di Provinsi Jawa Timur Menurut Kabupaten/Kota, 2014-2019. https://jatim.bps.go.id/statictable/2019/10/08/1578/jumlah-rumah-makan%20restoran-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2014-2018.html

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2020). Jumlah Perusahan Industri Besar dan Sedang Kelompok Industri Makanan Dan Minuman Yang Aktif Menurut Kecamatan Tahun 2019. https://surabayakota.bps.go.id/statictable/2020/05/29/702/jumlah-perusahan-industri-besar-dan-sedang-kelompok-industri-makanan-dan-minuman-yang-aktif-menurut-kecamatan-tahun-2019

Barreda, A. (2015). Generating Brand Awareness in Online Social Networks. 50, 600–609. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.03.023

Cahya, J. H., Budiana, D., & Goenawan, F. (2023). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Bandung Terhadap Mixue. Jurnal E-Komunikasi, 11(1), 177–187. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/13823/11872

Das, E., & Van Hooft, A. (2015). A change will do you good: Paradoxical effects of higher degrees of logo change on logo recognition, logo appreciation core values fit, and brand attitudes. Radboud University Center for Language Studies. http://www. researchgate.net/publication/276886447

Feinberg, R.A., Sheffler, B., Meoli, J. et al. There's something social happening at the mall. J Bus Psychol 4, 49–63 (1989). https://doi.org/10.1007/BF01023038

Fitri, E, Y, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Benefita, 1(1), 162. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3849

Gonzalles, L. M. (2021). Impact of Colors on Brand Association of Popular Brands. Peer Reviewed and Refereed Journal, 816(10), 11. https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=7ed87c3aaec0a5961c1ca17f3766f175ade28709

Harris, T. L. (1991). The Marketer’s Guide to Public Relations: How Today’s Top Companies are Using The New PR to Gain a Competitive Edge. Canada: John Wiley & Son.

Herly, I. W. (2020). Brand Awareness Masyarakat Surabaya Pada Brand Seiko “The New Seiko 5 Sports.” https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/view/47874

Husna, H. I., & Nafisah, S. (2019). Analisis Elemen Kunci Website Berdasar Konsep Shedroff Pada Website Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10.iss1.art1

Indraini, A. (2022). Banyak Gerai BreadTalk Berubah Jadi MAKO, Ini 3 Faktanya. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6484272/banyak-gerai-breadtalk-berubah-jadi-mako-ini-3-faktanya

Indrato, A. T. (2016). Pengaruh Citra Merek Pada Kesediaan Konsumen Untuk Membayar Harga Premium Produk Starbucks. https://e-journal.uajy.ac.id/10425/

Irawan, E. (2023). Konsep Strategi Word of Mouth Marketing dalam Peningkatan Pengembangan Bisnis : Suatu Tinjauan Literatur. SAMMAJIVA: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 293–303. https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/SAMMAJIVA/article/download/482/460/1599

Iskandar, N. M. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Pocari Sweat. http://repository.stei.ac.id/8328/

Izzatulfikri, M. F., Buamonabot, S. N., & Aufadina, K. (2018). Surabaya and Symptom of Sarcasm in Food and Beverage Stalls. 228(Klua), 3–4. https://doi.org/10.2991/klua-18.2018.26

Jessica & Setyanto, Y. (2017). Fungsi Marketing Public Relation (MPR) dalam Membangun Brand Awareness pada PT. Compro Kotak Inovasi. 1, 465–471. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/1964

Kohli, C., & Labahn, D. W. (1997). Observations : Creating effective brand names : A study of the naming process Creating Effective Brand Names : A Study of the Naming Process Chiranjeev Kohli ISBM REPORT 12-1995 Institute for the Study of Business Markets The Pennsylvania State University. Journal of Advertising Research, May. https://www.researchgate.net/profile/Chiranjeev-Kohli/publication/228542871_Observations_Creating_effective_brand_names_A_study_of_the_naming_process/links/00b7d52a20054e2ca0000000/Observations-Creating-effective-brand-names-A-study-of-the-naming-process.pdf

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kumparan.com. (2023). Mengenal Julukan Kota Surabaya dan Beberapa Fakta Uniknya. https://kumparan.com/sejarah-dan-sosial/mengenal-julukan-kota-surabaya-dan-beberapa-fakta-uniknya-20IXg7u5TFZ

Kusnandar, V. B. (2023). Piramida Penduduk Indonesia 2022, Usia Produktif Mendominasi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/piramida-penduduk-indonesia-2022-usia-produktif-mendominasi#:~:text=Dari%20jumlah%20tersebut%2C%20sebanyak%20190,%25

Levrini, G. R. D., & Dos Santos, M. J. (2021). The Influence of Price on Purchase Intentions: Comparative Research Between Cognitive, Sensory, and Neurophysiological Experiments. Behavioral Sciences, 11(2). https://doi.org/10.3390/bs11020016

MBASkool. (n.d.). Bread Talk SWOT Analysis. https://www.mbaskool.com/brandguide/food-and-beverages/9262-breadtalk.html

Mahkamah Agung Republik Indonesia. (2012). Kedewasaan. Retrieved from https://putusan3.mahkamahagung.go.id/rumusan_kamar/detail/11e938f46cf45a04b940313835363436.html

Mako Bakery. (n.d.). About MAKO. https://www.makobakery.com/about

Maulana, Y. I. (2021). Tinjauan Visual Terhadap Transformasi Logo Persib Bandung yang Mengadopsi Lambang Pemerintah Kota Bandung. 51917105.https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/6061/8/UNIKOM_Yusril%20Ibnu%20Maulana_BAB%20II.pdf

Mustajab, R. (2023). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 4,62% pada Kuartal II/2023. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-462-pada-kuartal-ii2023

Pereira, C. (2021). The meaning of colors in food packaging: A study of industrialized products sold in Brazil. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/col.22651

Pratiwi, F. S. (2023). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 5,33% pada Kuartal I/2023. https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-533-pada-kuartal-i2023

Octaviani, A. (2022). Pengaruh Suasana Toko Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Produk H&M Di Mall Grand Galaxy. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/4781/

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3429

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 111–116. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6690

Rahmadina, F & Sutarso, Y. (2024). Peran Kampanye Media Sosial, Isu Lingkungan, Dan Persepsi Efektivitas Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Pengganti Kemasan Sekali Pakai. Modus, 36(1), 75–93. https://doi.org/10.24002/modus.v36i1.8329

Rahmat, Z. (2022). Marketing Public Relations (MPR) Sebagai Strategi Pemasaran Yang Efektif Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 315–325. https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1863

Riadi, M. (n.d.). Marketing Public Relations. https://abdulkadir.blog.uma.ac.id/wp-content/uploads/sites/444/2023/02/Marketing-Public-Relations.pdf

Saraswati, A., & Prihadini, D. (2020). Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel (Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(2), 54–60. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1219

Sekarlaranti, A. (2013). BENTUK GRAFIS DAN GAMBAR PADA KEMASAN PRODUK. 1, 9–24. https://e-journal.unair.ac.id/JMTT/article/download/2656/1927/6856

Septiani, Z. (2023). 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu yang Mana? DetikEdu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6737366/7-nama-generasi-berdasarkan-umur-kamu-yang-mana

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Traveloka. (2023). Menjelajahi Mall-Mall Terbesar yang ada di Indonesia. https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/menjelajahi-mall-terbesar-yang-ada-di-indonesia-acc/249520

Tujarah, M., Putri, E., Tut Taharah, W., Sultan Syarif Kasim Riau Jl UIN Suska, N., Panjang, R., Tambang, K., & Kampar, K. (2022). Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia dan Upaya Peningkatan Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 25–38. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmv/article/view/2632/1243

Tulus, B.Y., (2023). Sehabis Breadtalk ubah nama jadi MAKO, warganet malah berduyun ke Tous les Jours?. https://www.hops.id/unik/2949993135/sehabis-breadtalk-ubah-nama-jadi-mako-warganet-malah-berduyun-ke-tous-les-jours

We Are Social. (2023). Digital 2023: Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/

Winata, V. (2023). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya Mengenai Brand Loan Market Indonesia. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/view/57565

Williams, A., et al. (2021). The Influence of Logo Change on Brand Loyalty and the Role of Attitude Toward Rebranding and Logo Evaluation. Sport Marketing Quarterly, 30(1), 69–81. https://doi.org/10.32731/smq.291.032021.06


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI