Efektivitas Penggunaan Stray Kids sebagai Brand Ambassador Ultra Milk pada Media Sosial Instagram @ultra_mym

Marcella Geraldine Prasetio(1*), Gatut Priyowidodo(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Ultra Milk merupakan brand susu kemasan lokal milik Indonesia yang telah berkarir lama dalam bidang industri makanan dan minuman. Nama Ultra Milk sendiri sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Walaupun begitu, Ultra Milk terus berusaha untuk tetap menjaga eksistensi mereka sebagai brand susu kemasan lokal Indonesia dengan terus menerapkan aktivitas marketing public relations yang di inovasi dengan masa kini agar dapat lebih menjangkau target pasar lebih luas dan meninggalkan kesan yang lebih mendalam di benak target pasar, seperti penggunaan brand ambassador. Sebelumnya pada tahun 2022, Ultra Milk telah menggunakan brand ambassador dari Korea, lebih tepatnya girl group. Di tahun 2023 ini, Ultra Milk tanpa henti kembali menggunakan brand ambassador dari Korea yaitu boy group Stray Kids untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode online survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan melalui media sosial ke pengikut Instagram Ultra Milk sebanyak 100 responden dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Stray Kids efektif untuk digunakan sebagai brand ambassador Ultra Milk dengan menggunakan metode VisCAP dengan keseluruhan indikator memiliki nilai rata-rata sebesar 4.41. Indikator VisCAP yang paling tinggi efektivitas nya adalah indikator Visibility dengan hasil rata-rata 4.57.

Keywords


efektivitas; brand ambassador; marketing public relations; model VisCAP; susu kemasan.

References


Ahdiat, A. (2023). Ini Minuman Manis Kemasan Yang Paling Banyak Dikonsumsi Warga RI.

Katadata Media Network. katadata.co.id

Ambarwati, R., Arijanti, S., & Jayanto, I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Idol Korea Dalam

Mempromosikan Produk serta Dampaknya Terhadap Keputusan dan Minat Pembelian di

Indonesia (Literatur Review). Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(1), 39–50.

https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i1.193

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan

Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3),

–6.

Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2018). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated

Marketing Communications. In Cengage Learning (10th ed.).

Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from Idea to

Implementation. In IPA Bulletin (Vol. 96, Issue 3).

Dihni, V. A. (2022). Ini 10 Boyband K-Pop Favorit Orang Indonesia Menurut Survei KIC-Zigi.

Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/25/ini-10-boybandk-pop-favorit-orang-indonesia-menurut-survei-kic-zigi

Effendy, O.U. (1993). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Fahirra, H., & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Korean Wave dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap

Keputusan Pembelian Album Official BTS. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 148–159.

Hasibuan, L. (2023). Ramai Artis Korea Jadi Brand Ambassador di RI, Emang Efektif?

Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230215155653-33-

/ramai-artis-korea-jadi-brand-ambassador-di-ri-emang-efektif

Hermawan, L. A., & Malau, R. M. U. (2022). Motif pada Pria Pengguna Fashion Androgini (Studi

Fenomenologi pada Pria Pengguna Fashion Androgini di Media Sosial Instagram). Jurnal

Heritage, 10(2), 188–200.

Indriningtiyas, D. (2022). Brand Ambassador Artis Korea Pada E-Commerce Di Indonesia.

Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 6(2), 219–230.

https://doi.org/10.24853/pk.6.2.219-230

KOFICE. (2022). 2022 Global Hallyu Trends (1st ed.). Jeong Gil-hwa. www.kofice.or.kr

KOFICE. (2023, January). Hallyu Now. Global Hallyu Issue Magazine, 51, 1–24.

http://eng.kofice.or.kr/resource/resource_1_view.asp?f_seq=410

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian

Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113.

https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764

Mubaroq, H., & Hidayati, Y. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan

Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa

Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Populika, 10(2), 54–61.

https://doi.org/10.37631/populika.v10i2.497

Oluwasola, O., Madoc, T., & Ibitoye, P. O. (2017). The Influence of Marketing Public Relations in

the Redemption of a Product’s Battered Image: A Study of Indomie Noodles Crisis.

International Journal of Marketing and Communication Studies, 2(2). www.iiardpub.org

Papasolomou, I., Thrassou, A., Vrontis, D., & Sabova, M. (2014). Marketing Public Relations: A

Consumer-Focused Strategic Perspective. Journal of Customer Behaviour, 13(1), 5–24.

https://www.ingentaconnect.com/content/westburn/tm

Putri, A. F. (2019). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya.

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2), 35–40.https://doi.org/10.23916/08430011

Rahmat, Z. (2022). Marketing Public Relations (MPR) Sebagai Strategi Pemasaran Yang Efektif Di

Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 315–325.

https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1863

Ramadhanti, S., & Usman, O. (2021). Influence of Brand Ambassador BTS, Brand Image, and

Product Quality on Tokopedia E-Commerce Purchase Decision. SSRN Electronic Journal.

https://doi.org/10.2139/ssrn.3768614

Riyanto, A. D. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Andi.Link.

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Rossiter, J. R., Percy, L., & Bergkvist, L. (2018). VisCAP Model of Presenter Selection. In Marketing

Communications: Objectives, Strategy, Tactics.

Rosyada, A. (2024). Strategi Marketing Public Relation melalui Media Online dalam

Mempromosikan Produk Helipad.id. Jurnal Sahmiyya, 3(1), 167–177.

https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.5902

Royan, Frans M. (2004). Marketing Selebrities: Selebriti dalam Iklan dan Strategi Selebriti

Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sadya, S. (2023). Warga RI Habiskan Waktu 22 Jam Konsumsi Konten Korea Tiap Bulan.

Dataindonesia.Id. https://dataindonesia.id/varia/detail/warga-ri-habiskan-waktu-22-jamkonsumsi-konten-korea-tiap-bulan

Safina, W. D. (2019). Pengaruh Kredibilitas Celebrities Endors Dan Daya Tarik Iklan Terhadap

Brand Attitude Sampoo Pantene di Palaza Medan Fair medan. Jurnal Economix, 7(1), 1–8.

Sari, R. P. (2024). APJII: Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. Cloudcomputing.Id.

https://www.cloudcomputing.id/berita/apjii-survei-penetrasi-internet

Schmidt, H. J., & Baumgarth, C. (2018). Strengthening Internal Brand Equity With Brand

Ambassador Programs: Development and Testing of A Success Factor Model. Journal of

Brand Management, 25(3), 250–265. https://doi.org/10.1057/s41262-018-0101-9

Setiawan, T. P. (2012). Survei Online Penunjang Penelitian Praktis dan Akademis. Seminar

Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 114–118.

Sitanggang, D. D. K. P. (2022, September 15). Apa Itu Tugas Brand Ambassador, Manfaat, dan Tips

Memilihnya. Finance.Detik.Com, 1–8. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6292837/apaitu-tugas-brand-ambassador-manfaat-dan-tips-memilihnya

Sotirofski, I. (2023). Turning Employees Into Brand Ambassadors: A Qualitative Study of Four

Companies in Durres and Tirana. Journal of Financial Studies, 8(14), 192–203.

https://trainingindustry.com/articles/strategy-alignment-and-planning/turning-employeesinto-brand-ambassadors-using-immersive-learning/

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi

Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Universitas

Jember, 68–73.

Top Brand Award. (2024). Komparasi Brand Index. Topbrand-Award.Com. https://www.topbrandaward.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=43

Ultrajaya. (2023). Paparan Publik (Issue Desember).

https://www.idx.co.id/StaticData/NewsAndAnnouncement/ANNOUNCEMENTSTOCK/From

_EREP/202306/9b0c5736b5_ff0432b15c.pdf

Wibowo, D. A. P., Zuryani, N., & Aditya, I. G. N. A. K. (2021). Fenomena Maskulinitas Fanboy

Boygroup K-Pop Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Sosiologi, 1(1), 1–9.

Wiraditi, R. B., & Sudibyo, A. (2020). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan

Brand Image PT. Brodo Ganesha Indonesia. Inter Script: Journal of Creative Communication,

(1), 51–72. www.bro.do

ZAP Clinic. (2024). Survei Menology Index 2024: Ungkap Behavior Pria Indonesia dan Insecurity

Pria Saat Ini. Vritimes.Com. https://www.vritimes.com/id/articles/ad3026f2-7153-11eeb013-0a58a9feac02/fe98bb16-e1b0-11ee-bab0-0a58a9feac0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI