Efektivitas Penggunaan Tasya Farasya Sebagai Celebrity Endorser Mother of Pearl Terhadap Masyarakat Surabaya di Instagram

Gabrielle Illene(1*), Felicia Goenawan(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang celebrity endorser merupakan figur publik yang mewakili sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk mereka kepada publik. Dengan maraknya penggunaan media sosial terutama Instagram sebagai saluran untuk menyebarkan informasi produk kepada audiens, komunikasi pemasaran menjadi semakin aktif. Tasya Farasya yang dikenal sebagai beauty influencer, dipilih oleh Mother of Pearl sebagai celebrity endorser untuk produk mereka. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengukur efektivitas penggunaan Tasya Farasya sebagai celebrity endorser Mother of Pearl terhadap masyarakat Surabaya di Instagram dengan menggunakan model TEARS, yang terdiri dari lima indikator yaitu trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity. Metode survei digunakan dalam penelitian ini, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, di mana responden yang dipilih memiliki kriteria tertentu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tasya Farasya sebagai celebrity endorser Mother of Pearl di Instagram terbukti efektif. Faktor yang paling menonjol dalam menarik perhatian responden adalah indikator trustworthiness atau kepercayaan.

Keywords


Celebrity Endorser; Model TEARS; Tasya Farasya; Instagram;

References


Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Lu, C., & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media

Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis,

(1), 57-73.

Adam, M. R. R., Handra, T., & Annas, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Periklanan

Terhadap Brand Image (Peran Digital Marketing). Technomedia Journal, 7(2 October), 189-

Alifyanti, U., Nirawati, L., Andarini, S., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser,

Citra Merek, dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett

Whitening (Studi Kasus Konsumen Scarlett Whitening di Kota Surabaya). J-MAS (Jurnal

Manajemen dan Sains), 7(2), 546-550.

Ashoer, M., Hamzah, M. N., & Mustafa, F. (2019). Analisis Faktor Yang Mendorong Konsumen

Memilih Hotel Melalui Situs Traveloka. Com. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan

Manajemen), 5(2), 146-157.

Bulan, S. I. S., & Sudrajat, R. H. (2019). Pengaruh penggunaan celebrity endorser Arief Muhammad

di instagram terhadap brand image Erigo Store. Jurnal Sosial Politik, 5(2), 322.

Chan, D. M., Hadi, I. P., & Tjahyana, L. J. (2023). Efektivitas Pesan# RacunCiMon Terhadap

Followers Instagram@ monicamadea. Jurnal e-Komunikasi, 11(1).

Effendi, E., Hasanah, A. P., Yolanda, S. D., Rozzy, F., Hayyu, A. D., & Silalahi, N. M. (2024).

Analisis Peran Etika dalam Meningkatkan Public Relations pada Citra Perusahaan. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 8(1), 3419-3428

Endri, E. P., & Prasetyo, K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Kopi Kawa Daun Tanah

Datar dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Audiens, 2(1), 134-142.

Febriani, N. (2021). Efektivitas strategi komunikasi pemasaran celebrity endorsement di Instagram

terhadap generasi Z. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 238.

Febriani, T. (2022). Pengaruh Kredibilitas Social Media Influencer (SMI) terhadap Kesadaran

Merek Produk Pangan Olahan: Studi pada Produk Beras “Fortivit” Perum BULOG. JURNAL

PANGAN, 31(3), 233-248.

Harman, A., Wahyudi, O. B., & Goenawan, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Paula Verhoeven

Sebagai Celebrity Endorser Iklan MakeOver di YouTube. Jurnal e-Komunikasi, 9(2).

Hutagaol, R. S. R., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap

Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal Of Social Research, 1(7),

-772.

Joesyiana, K., Basriani, A., Susanti, D., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser

Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau). eCo-Buss, 4(2), 332-347.

Kotler, P., Bowen, J., & Makens, J. (2003). Marketing for Hospitalily &Tourism. 3th Edisi Prentice

Hall. New Jersey.

Kotler, P., & Keller, K. N. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Kurniawan, Y., Sidik, A., & Goenawan, F. (2019). Sikap Pemirsa Televisi Terhadap Penggunaan

Celebrity Endorser Agnez Mo Dalam Iklan Sampo Clear “Sikat Habis Ketombe”. Jurnal eKomunikasi, 7(2).

Larasati, J. A., & Susilo, D. (2022). Effect of Attractiveness of Sales Promotion Messages,

Endorsement Beauty Influencers on Interest in Buying Rose All Day Instagram Followers.

Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(2), 121-137.

Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Kredibilitas Selebriti Mikro pada Niat Beli Produk di Media

Sosial. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 155-170.

Niantiara, A. (2022). Analisis Pemanfaatan Key Opinion Leader (KOL) oleh Batagor Acan sebagai

Strategi Marketing Public Relations (MPR) di Instagram. Jurnal Representamen, 8, 1-13.

Nurmalasari, N., & Masitoh, I. (2020). Manajemen Strategik Pemasaran Pendidikan Berbasis Media

Sosial. Journal Of Management Review, 4(3), 543-548.

Rachel, N., Goenawan, F., & Monica, V. (2020). Efektivitas penggunaan Marsha Aruan sebagai

Celebrity Endorser Lip Ink SASC. Jurnal e-Komunikasi, 8(2).

Rizkia, L., Suhendra, A. A., & Wulandari, S. (2020). Rancangan Perbaikan Komunikasi Pemasaran

Mariana Beauty Menggunakan Metode Benchmarking Dengan Analytical Hierarchy Process

Dan Topsis. eProceedings of Engineering, 7(2).

Setiadi, D., Syahri, R., & Nasrullah, A. (2023). Pemanfatan Media Sosial Untuk Mengoptimalkan

Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pagar Alam. Jurnal

Ngabdimas, 6(01 Juni), 37-45.

Setiawan, A. E. D., Indrayani, I. I., & Yogatama, A. (2023). Efektivitas Stephanie Poetri Sebagai

Celebrity Endorser BASE “Gloss & Go Lip Tint” Terhadap Followers Instagram@ itsmybase.

Jurnal e-Komunikasi, 11(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.

Suka, E. A. A. G., & Lubis, S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempromosikan

Produk Homemade Kefir di Kota Medan. Network Media, 2(2), 1-27.

Syarifah, I. (2022). Pengaruh Soft Selling dalam Media Sosial Instagram dan Celebrity Endorse

Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(1).

Tobing, S. T. A., Indrayani, I. I., & Budiana, D. (2023). Efektivitas Brisia Jodie sebagai Brand

Ambassador dalam Mengkampanyekan# GenerasiKulitSehat pada Followers Instagram

N’Pure. Jurnal e-Komunikasi, 11(1).

Trianto, R. (2021). Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Di SD Luqman Al

Hakim Surabaya). An-Nida': Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 9(2), 95-120.

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh celebrity endorser, citra merek dan kepercayaan

terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening (studi kasus pengguna Scarlett

Whitening). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1148-1160.

Wulandari, F. W., Azizah, N., & Subrayanti, D. (2022). Pengaruh Kegiatan Program Marketing

Public Relations terhadap Citra Perusahaan di Hotel Novotel Bandung. Journal of Finance

and Business Digital, 1(1), 1-12


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI