Pengaruh Konten Reels Instagram Terhadap Brand awareness Harmoni Exchange Mall
Keywords:
Sensory Marketing, Brand Experience, Willingness to Pay a Premium PriceAbstract
Reels, sebagai fitur Instagram yang bisa digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengomunikasikan produk atau brand dalam bentuk konten. Strategi konten dengan memanfaatkan Instagram reels ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. Brand awareness merujuk kepada kemampuan seorang konsumen atau calon pembeli untuk secara otomatis mengenali dan mengingat kembali brand dari suatu produk tersebut. Harmoni Exchange Mall merupakan salah satu site retail milik Agung Sedayu Group yang terletak di daerah Jakarta Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh konten reels Instagram terhadap brand awareness Harmoni Exchange Mall. Untuk mengukur konten, digunakan indikator relevansi, akurasi, bernilai, mudah dipahami, mudah ditemukan, dan konsisten. Sedangkan untuk mengukur brand awareness, digunakan indikator brand recognition, brand recall, dan top of mind. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode survei secara daring melalui google form. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanative dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konten reels Instagram berpengaruh pada brand awareness Harmoni Exchange Mall.References
Prakosa, S. S. (2018). Pengaruh persepsi nilai dan citra toko terhadap niat beli hand phone (HP)
secara online di kalangan pelajar menengah ke atas di Kota Magelang. (Thesis, Universitas
Islam Indonesia, 2018)
Mulyana, D. (2010). Ilmu komunikasi:Suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Cahyani, K.A. (2015). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian.
Management Analysis Journal 5 (4)
Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Rachma, S.A & Mustikasari, A. (2022). Pengaruh Content marketing Terhadap Customer
Engagement (Studi Kasus pada Instagram CV Inspira Mulia Tahun 2022). e-Proceeding of
Applied Science, Vol 8, No 5.
Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Francisco:
Meltwater.
Nathania, L. (2020). Pengaruh penggunaan Lucas 'WayV' sebagai celebrity endorser terhadap
brand awareness Neo Coffee pada generasi milenial pengguna YouTube. (Thesis, Universitas
Kristen Petra, 2020)
Puspita, A.N. (2022). Pengaruh konten Instagram @jogjafoodhunter terhadap minat beli followers
dan tingkat popularitas tempat kuliner di Kota Yogyakarta. (Thesis, Universitas Islam
Indonesia, 2022)
Ghalistan. A.R. (2023). Pengaruh konten reels Instagram terhadap pembentukan brand image (studi
pada followers akun Instagram @luxxestudio). (Thesis, Universitas Lampung, 2023)
Wahyudi, I. (2023). Pemanfaatan Fitur Reels Sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Akun
Instagram @Mixuesudirmanpku. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam
Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau