Pengaruh Konten Reels Instagram Terhadap Brand awareness Harmoni Exchange Mall

Tiffany Rebecca(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Reels, sebagai fitur Instagram yang bisa digunakan sebagai alat yang efektif untuk mengomunikasikan produk atau brand dalam bentuk konten. Strategi konten dengan memanfaatkan Instagram reels ini salah satunya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. Brand awareness merujuk kepada kemampuan seorang konsumen atau calon pembeli untuk secara otomatis mengenali dan mengingat kembali brand dari suatu produk tersebut. Harmoni Exchange Mall merupakan salah satu site retail milik Agung Sedayu Group yang terletak di daerah Jakarta Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh konten reels Instagram terhadap brand awareness Harmoni Exchange Mall. Untuk mengukur konten, digunakan indikator relevansi, akurasi, bernilai, mudah dipahami, mudah ditemukan, dan konsisten. Sedangkan untuk mengukur brand awareness, digunakan indikator brand recognition, brand recall, dan top of mind. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode survei secara daring melalui google form. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanative dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konten reels Instagram berpengaruh pada brand awareness Harmoni Exchange Mall.

Keywords


Marketing public relationss; konten; reels Instagram; brand awareness; Harmoni Exchange Mall.

References


Prakosa, S. S. (2018). Pengaruh persepsi nilai dan citra toko terhadap niat beli hand phone (HP)

secara online di kalangan pelajar menengah ke atas di Kota Magelang. (Thesis, Universitas

Islam Indonesia, 2018)

Mulyana, D. (2010). Ilmu komunikasi:Suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Cahyani, K.A. (2015). Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian.

Management Analysis Journal 5 (4)

Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Rachma, S.A & Mustikasari, A. (2022). Pengaruh Content marketing Terhadap Customer

Engagement (Studi Kasus pada Instagram CV Inspira Mulia Tahun 2022). e-Proceeding of

Applied Science, Vol 8, No 5.

Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Francisco:

Meltwater.

Nathania, L. (2020). Pengaruh penggunaan Lucas 'WayV' sebagai celebrity endorser terhadap

brand awareness Neo Coffee pada generasi milenial pengguna YouTube. (Thesis, Universitas

Kristen Petra, 2020)

Puspita, A.N. (2022). Pengaruh konten Instagram @jogjafoodhunter terhadap minat beli followers

dan tingkat popularitas tempat kuliner di Kota Yogyakarta. (Thesis, Universitas Islam

Indonesia, 2022)

Ghalistan. A.R. (2023). Pengaruh konten reels Instagram terhadap pembentukan brand image (studi

pada followers akun Instagram @luxxestudio). (Thesis, Universitas Lampung, 2023)

Wahyudi, I. (2023). Pemanfaatan Fitur Reels Sebagai Media Komunikasi Pemasaran pada Akun

Instagram @Mixuesudirmanpku. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam

Negeri Sultan Syarif Kasim: Riau


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI