Efektivitas NCT Dream sebagai Celebrity Endorser dalam Iklan TosTos di YouTube

Sheren Seilya Johany(1*), Gatut Priyowidodo(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan selebriti Korea Selatan sebagai celebrity endorser sudah awam dilakukan oleh produk-produk Indonesia karena adanya Korean wave yang menyebar di Indonesia sejak tahun 2000-an. Hal ini merupakan salah satu bagian dari strategi pada Marketing Public Relations. Pada tahun 2023, salah satu produk Dua Kelinci yaitu TosTos, mengunggah video iklan bersama dengan NCT Dream sebagai celebrity endorser. Dalam rangka menganalisis efektivitas seorang celebrity endorser dalam iklan, terdapat model TEARS yang terdiri dari: trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity. Subjek pada penelitian ini adalah penonton iklan TosTos di YouTube dengan judul “Mau yang #LebihTerooos? Ngemil Chips TosTos pastinya!” berusia 18-34 tahun. Penelitian ini menggunakan metode survei serta penarikan sampel dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa NCT Dream efektif menjadi celebrity endorser dalam iklan TosTos yang ada di YouTube dengan attractiveness sebagai indikator yang memiliki nilai paling tinggi.

Keywords


marketing public relations, celebrity endorser, model TEARS, TosTos, NCT Dream

References


Alifah, N. N. (2022). Indonesia Jadi Negara dengan Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. Diakses pada

Juni 2024. Good Stats.

https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertama-dengan-fans-k-pop-terba

nyak-di-dunia-6w71d

Anggraeni, V. T., Sugandi., Boer, K. M. (2023). Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Minat

Calon Siswa Baru di SMA Plus Melati Kota Samarinda. eJournal: Ilmu Komunikasi,

(2), 82-93.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (9

th ed.). Prentice

Hall.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek Dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gupta, S., Jain, U., Chauhan, N. (2017). Laboratory Diagnosis of HbA1c: A Review. In: Journal of

Nanomedicine Research. Hal: 1-10.

Hasya, R. (2022). Mayoritas Masyarakat Indonesia Tahu Info Iklan Produk dari Media Sosial,

Iklan TV di Urutan ke-3. Good Stats. Diakses pada 12 Februari 2024.

https://goodstats.id/article/survei-jakpat-mayoritas-masyarakat-indonesia-tahu-info-ikla

n-produk-dari-media-sosial-iklan-tv-di-urutan-ke-3-0KWHf

Island Sun. (2021). Tren Pertumbuhan Industri Makanan Ringan di Indonesia.

https://islandsunindonesia.com/id/tren-makanan-ringan-indonesia/ diakses pada tanggal

Februari 2024.

Khoirunnisa, Farah. (2020). Penguatan Dramatik Melalui Efek Slow Motion Pada Film “The

Matrix” 1999. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

Khoeriah, Y., Dinengsih, S. and Choerunnisa, R. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Antenatal

Care(Anc) Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Di Poli Kebidanan‘, Jurnal

Kebidanan Malahayati, 7(4), pp. 620–625. doi: 10.33024/jkm.v7i4.4891.

KOFICE. (2019). ’19 Hallyu White Paper—Achievements and Forecast for Hallyu in 2019 by

Segment (Issues and Prospects on Hallyu by Sector).

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson

Pretice Hall, Inc.

L. Harris, Thomas. (1991). The Marketer’s Guide To Public Relations. Amerika. John Wiley &

Sons, Inc.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan

Pembelian Di Tokopedia. Vol. 2, No. 2, Tahun 2020, ISSN: 2622-6367 (ONLINE),

-126.

Monita, R. (2024). Strategi Komunikasi Dua Kelinci Memasarkan TosTos dan Menangkan Hati

Gen Z. Diakses pada 10 Mei 2024.

https://www.marketeers.com/strategi-komunikasi-dua-kelinci-memasarkan-tostos-danmenangkan-hati-gen-z/

Nurcahyani, D. R., & Renaldi, R. (2023). Analisis Efektivitas Iklan pada Media YouTube: Studi

Kasus pada Iklan Gojek. Journal of Management and Business Review, 20(1), 1–14.

https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i1.233

Oktri, A. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Skincare Pada Klinik Ertos Buaran. Jurnal STEI Jakarta. pp.1-22. Diakses

pada 14 Mei 2024,

http://repository.stei.ac.id/2080/1/21150000271_Artikel%20Indonesia_2020..pdf

Owens, J. (2021). Television sports production. Routledge. Endorser, Perceived Expertise,

Trustworthiness, and Attractiveness. Journal of Advertising, 19 (3),39-52.

Ruslan, Rosady. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan

Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Royan, Frans M. (2005). “Marketing Celebrities”. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Elex Media

Komputindo.

Shimp, Terence A. (2010). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion.

Thomson: South-Wetsern.

Tewal, Bernhard et al. (2017). Perilaku Organisasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo.

Tos Tos Tortilla Chips. (2023). Mau yang #LebihTerooos? Ngemil Chips TosTos pastinya!. [Video].

YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=SxK5n7LQCww

We Are Social. (2023). Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights.

https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

Wijaya, V., & Keni, K. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP

PURCHASE INTENTION, MEDIASI BRAND TRUST DAN BRAND ATTITUDE

PADA PRODUK SKINCARE. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 274–287.

https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.19301

Wood, A. (2020). A nonverbal signal of trustworthiness: An evolutionarily relevant model. Journal

of Trust Research, 10(2), 134-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI