Efektivitas EXO Sebagai Brand Ambassador Pada Followers @scarlett_whitening di Instagram
Keywords:
Information System Audit, COBIT 5, APO09,Abstract
Brand ambassador merupakan perwakilan dari sebuah merek yang menegaskan brand dengan adanya reputasi. Popularitas seorang ambassador mempengaruhi produk yang diiklankannya. EXO merupakan boy-group asal Korea Selatan yang populer di seluruh dunia. Sebelum menggunakan EXO, ScarleG Whitening juga pernah menggunakan ar*s Korea Selatan lainnya seper* Song Joong Ki dan Twice. Dalam marke(ng public rela(ons, hal ini termasuk dalam proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi atau penyebaran informasi yang dapat dipercaya. Peneli*an ini menggunakan jenis peneli*an deskrip*f dengan pendekatan kuan*ta*f dan metode pengumpulan data survei online yang disebarkan pada 100 responden yang merupakan followers Instagram ScarleG Whitening. Guna mengkaji efek*vitas seorang brand ambassador, peneli* menggunakan teori VisCap yaitu Visibility, Credibility, A@rac(on, dan Power (Rossiter & Percy, 1985). Berdasarkan hasil dari temuan peneli*an, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan EXO sebagai brand ambassador di Instagram @scarleG_whitening adalah efek*f. Indikator yang menghasilkan nilai ter*nggi adalah visibility (visibilitas).References
Alifah, Nabilah Nur. (2022). Indonesia jadi negara dengan fans k-pop terbanyak di dunia.
Goodstats. Retrieved from https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertamadengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d
Annur, C. M. (2022). Survey Jakpat : Musik K-Pop Lebih Disukai Perempuan Ketimbang Lakilaki. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/16/survei-jakpatmusik-k-pop-lebih-disukai-perempuan-ketimbang-laki-laki
Bahriyah, E. N. (2019). Konsep Marketing Public Relations. Universitas Esa Unggul
Hargiyanto, F. (2017). Pengaruh Visibility, Credibility, Attractiveness, dan Power Celebrity
Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Iklan Indomie Goreng Versi Al Ghazali
sebagai Celebrity Endorser). Universitas Muhammadiyah Purworejo
Huda, F. A. (2017, Agustus 1). Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, dan Teknik
Sampling. Retrieved from fatkhan.web.id: http://fatkhan.web.id/pengertian-populasi-sampeljenis-sampling-dan- teknik-sampling
Ivony. (2017, Juli 12). Teori S-O-R (Teori Stimulus Organism Response). Retrieved from
PakarKomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/teori-sor
Kurniawan, F. J. & Kunto, Y. S. (2014). Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, dan
Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Macks Venus. Universitas Kristen
Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1.
Kotler, Philip dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. Jakarta:
Erlangga.
Kennedy. G. (2016). Social Media : Master Social Media Marketing - facebook, twitter, youtube &
instagram. Create space independent publishing platforms.
Keller, K. L. (2009). Building strong brands in a modern marketing communications environment.
Journal of Marketing Communications 2009, Vol. 15 i2. Routledge.
Laraswati (2023). Efektivitas Han So Hee Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Somethinc. Universitas Tidar
Papasolomou. I & Melanthiou. Y. (2012). Social media: Marketing public relations new best
friend. Taylor & Francis Group, LLC.
Percy, L. & Rossiter, J. (1997). Advertising and promotion management. New York: McG raw-hill.
Royan, F.M. (2004). Marketing selebritis, selebriti dalam iklan dan strategi selebriti memasarkan
diri sendiri. Jakarta: Media komputindo.
Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen public relations & media komunikasi. Jakarta: Raja grafindo
persada.
Rossiter, J. R., Percy, L., & Bergkvist, L. (2018). Marketing communications: objectives, strategy,
tactics. London: SAGE Publications.
Rossiter, J.R., & Persy, L. (1985). Advertising communication models. na- advances in consumer
research. 12.510-524. //www.acrwebsite.org/volumes/6443/volumes/v12/NA-12 Cengage
learning.
Shimp, T. A. (2010). Advertising, promotion, & other aspects of integrated marketing
communications: 8 edition. South-Western: Cengage learning.
Septiani, Z. (2023). 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu yang Mana?. Detik. Retrieved
from : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6737366/7-nama-generasi-berdasarkan-umurkamu-yang-mana
Scarlett Whitening (2024). PT. Opto Lumbung Sejahtera. Retrieved from : https://
scarlettwhitening.com/
Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara
mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alfabeta.
Zakia, A. , Adisti, A. A. & Asmarani, A. (2022). Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial :
Gaya Hidup, Daya Beli dan Tingkat Konsumsi. (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu
Manajemen Terapan, 3(5), 449–457.