Efektivitas EXO Sebagai Brand Ambassador Pada Followers @scarlett_whitening di Instagram

Janice Jeannet Setioso(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Brand ambassador merupakan perwakilan dari sebuah merek yang menegaskan brand dengan adanya reputasi. Popularitas seorang ambassador mempengaruhi produk yang diiklankannya. EXO merupakan boy-group asal Korea Selatan yang populer di seluruh dunia. Sebelum menggunakan EXO, ScarleG Whitening juga pernah menggunakan ar*s Korea Selatan lainnya seper* Song Joong Ki dan Twice. Dalam marke(ng public rela(ons, hal ini termasuk dalam proses perencanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi atau penyebaran informasi yang dapat dipercaya. Peneli*an ini menggunakan jenis peneli*an deskrip*f dengan pendekatan kuan*ta*f dan metode pengumpulan data survei online yang disebarkan pada 100 responden yang merupakan followers Instagram ScarleG Whitening. Guna mengkaji efek*vitas seorang brand ambassador, peneli* menggunakan teori VisCap yaitu Visibility, Credibility, A@rac(on, dan Power (Rossiter & Percy, 1985). Berdasarkan hasil dari temuan peneli*an, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan EXO sebagai brand ambassador di Instagram @scarleG_whitening adalah efek*f. Indikator yang menghasilkan nilai ter*nggi adalah visibility (visibilitas).

Keywords


efektivitas brand ambassador; teori VisCap; marketing public relations; exo; scarlett whitening.

References


Alifah, Nabilah Nur. (2022). Indonesia jadi negara dengan fans k-pop terbanyak di dunia.

Goodstats. Retrieved from https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-peringkat-pertamadengan-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia-6w71d

Annur, C. M. (2022). Survey Jakpat : Musik K-Pop Lebih Disukai Perempuan Ketimbang Lakilaki. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/16/survei-jakpatmusik-k-pop-lebih-disukai-perempuan-ketimbang-laki-laki

Bahriyah, E. N. (2019). Konsep Marketing Public Relations. Universitas Esa Unggul

Hargiyanto, F. (2017). Pengaruh Visibility, Credibility, Attractiveness, dan Power Celebrity

Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Iklan Indomie Goreng Versi Al Ghazali

sebagai Celebrity Endorser). Universitas Muhammadiyah Purworejo

Huda, F. A. (2017, Agustus 1). Pengertian Populasi, Sampel, Jenis Sampling, dan Teknik

Sampling. Retrieved from fatkhan.web.id: http://fatkhan.web.id/pengertian-populasi-sampeljenis-sampling-dan- teknik-sampling

Ivony. (2017, Juli 12). Teori S-O-R (Teori Stimulus Organism Response). Retrieved from

PakarKomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/teori-sor

Kurniawan, F. J. & Kunto, Y. S. (2014). Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction, dan

Power Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Bedak Macks Venus. Universitas Kristen

Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No. 1.

Kotler, Philip dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1 dan 2. Jakarta:

Erlangga.

Kennedy. G. (2016). Social Media : Master Social Media Marketing - facebook, twitter, youtube &

instagram. Create space independent publishing platforms.

Keller, K. L. (2009). Building strong brands in a modern marketing communications environment.

Journal of Marketing Communications 2009, Vol. 15 i2. Routledge.

Laraswati (2023). Efektivitas Han So Hee Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Somethinc. Universitas Tidar

Papasolomou. I & Melanthiou. Y. (2012). Social media: Marketing public relations new best

friend. Taylor & Francis Group, LLC.

Percy, L. & Rossiter, J. (1997). Advertising and promotion management. New York: McG raw-hill.

Royan, F.M. (2004). Marketing selebritis, selebriti dalam iklan dan strategi selebriti memasarkan

diri sendiri. Jakarta: Media komputindo.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen public relations & media komunikasi. Jakarta: Raja grafindo

persada.

Rossiter, J. R., Percy, L., & Bergkvist, L. (2018). Marketing communications: objectives, strategy,

tactics. London: SAGE Publications.

Rossiter, J.R., & Persy, L. (1985). Advertising communication models. na- advances in consumer

research. 12.510-524. //www.acrwebsite.org/volumes/6443/volumes/v12/NA-12 Cengage

learning.

Shimp, T. A. (2010). Advertising, promotion, & other aspects of integrated marketing

communications: 8 edition. South-Western: Cengage learning.

Septiani, Z. (2023). 7 Nama Generasi Berdasarkan Umur, Kamu yang Mana?. Detik. Retrieved

from : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6737366/7-nama-generasi-berdasarkan-umurkamu-yang-mana

Scarlett Whitening (2024). PT. Opto Lumbung Sejahtera. Retrieved from : https://

scarlettwhitening.com/

Sugiyono, & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara

mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alfabeta.

Zakia, A. , Adisti, A. A. & Asmarani, A. (2022). Faktor - faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial :

Gaya Hidup, Daya Beli dan Tingkat Konsumsi. (Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu

Manajemen Terapan, 3(5), 449–457.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI