Efektivitas JKT48 Sebagai Brand Ambassador Wafer Tango pada Followers Instagram @wafertango

Tirza Ivena(1*), Gatut Priyowidodo(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Sektor wafer diprediksi masih memiliki daya saing yang tinggi di masa mendatang. Wafer Tango adalah salah satu brand pada sektor wafer yang terus aktif menjalin kerjasama dengan banyak pihak guna menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang brand-nya. Terkini, brand makanan ringan tersebut menggandeng JKT48 sebagai brand ambassador terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas JKT48 sebagai brand ambassador Wafer Tango pada follower Instagram @wafertango. Menggunakan metode kuantitatif deskriptif, yang dikumpulkan melalui survei kuesioner yang disebarkan kepada 100 followers akun instagram @wafertango. Analisis data menggunakan model VisCAP dengan empat indikator visibility, credibility, attractiveness, dan power. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa JKT48 efektif sebagai brand ambassador Wafer Tango. Indikator tertinggi dalam aspek VisCAP adalah attractiveness dengan perolehan mean 4.51. Crosstab antara usia dengan indikator VisCAP menunjukkan indikator visibility dan credibility menjadi yang tertinggi pada rentang usia 25-29 tahun. Sementara crosstab antara domisili dengan indikator VisCAP menunjukkan indikator credibility, attractiveness, dan power tertinggi diperoleh domisili Jawa Barat.

Keywords


Efektivitas; brand ambassador; VisCAP; JKT48; Instagram; Wafer Tango.

References


Adiwaluyo, E. (2021). Jadi Brand Ambassador Tango, Vanesha Prescilla Ajak

Remaja Ikut Vaksinasi. . Marketeers.Com.

Alessandrina, D. (2024). Kisah Sukses Tango dalam Membidik Pasar.

Marketeers.Com.

Amelya, A. (2014). Gadis-Gadis Cantik Bandung ini Sukses Jadi Member JKT48!

Kapanlagi.Com

Bozigian, C. (2023). What is A Brand Ambassador & What Do They Do? .

Digitalsilk. https://www.digitalsilk.com/digital-trends/brand-ambassador/

Broom, G. M., Center, A. H., & Cutlip, S. M. (2006). Effective Public Relations

(9th) edition (9th ed.). Pearson Education.

Candra, A., & Rezy, F. (2023, November 17). What is The Marketing Public

Relations Strategy? This is An Explanation and Example of Activities.

VOI.Id.

Firmansyah, A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. CV. Penerbit Qiara

Media.

https://www.researchgate.net/publication/334964919_Buku_Pemasaran_Pro

duk_dan_Merek

Fullstop Indonesia. (2021). Worth it Nggak sih Bayar Brand Ambassador? Ini

Jawabannya! Fullstopindonesia.Com.

https://www.fullstopindonesia.com/blog/item/243/Worth-It-Nggak-SihBayarBrand-Ambassador-Ini-Jawabannya

Gischa, S. (2023). Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli. Kompas.Com.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/06/02/120000269/pengertianefektivitas-menurut-ahli

Grandgeorge, M. (n.d.). Communication Between Humans: Towards an

Interdisciplinary Model of Intercomprehension. Researchgate. Retrieved July

, 2024, from

https://www.researchgate.net/publication/341365809_Communication_Betw

een_Humans_Towards_an_Interdisciplinary_Model_of_Intercomprehension

Mittal, Dr. R. (2022). THE PHENOMENA OF CHALLENGING

COMMUNICATION. INTERANTIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC

RESEARCH IN ENGINEERING AND MANAGEMENT, 06(05).

https://doi.org/10.55041/ijsrem12840

Nanda, E. (2024, January 30). Daftar 17 Member JKT48 Generasi 12 Beserta

Usia dan Asalnya. IDN Times.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan

sosioteknologi (S. Nurbaya, Ed.). Remaja Rosdakary


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI