Efektivitas Iklan Urban Athletes di Instagram Terhadap Followers @urban.athletes
Keywords:
Competitive advantage, Employee Empowerment, Organizational Culture, Servant Leadership.Abstract
Urban Athletes merupakan brand fitness center yang di Surabaya sejak 2016. Urban Athletes memiliki Instagram sebagai media sosial yang aktif digunakan sebagai media untuk mempromosikan iklannya. Instagram menjadi salah satu media untuk alat komunikasi pemasaran yang berguna dalam menyebarkan informasi produk dan dapat menjangkau masyarakat dengan cakupan yang luas. Penelitian ini menggunakan customer response index (CRI) sebagai metode untuk mengukur efektivitas iklan. Dalam metode CRI respon yang diukur mulai dari awareness, comprehend, interest, intentions, dan action. Sebaliknya, indikator yang berlawanan low awareness, poor comprehension, low interest, low intentions, low action. Dalam penelitian ini, peneliti menggambarkan efektivitas dalam Hierarchy of Effect dengan dukungan teori efektivitas iklan dan teori komunikasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik non-probability sampling dan purposive sampling dengan cara menyebarkan kuesioner online dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan, bahwa iklan Urban Athletes di Instagram belum efektif dengan hasil perkalian CRI sebesar 44%.
References
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung, Alfabeta, 2011.
Belch, Michael A., and George Edward Belch. Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York, McGraw-Hill Education, 2021.
Best, Roger J. (2012). Market-based management: Strategies for growing customer value and profitability 6th Ed. New Jersey: Prentice Hall.
Chaffey, Dave. “Social media marketing.” Smart Insights, 22 July 2020, https://www.smartinsights.com/social-media-marketing/. Accessed 23 March 2023.
Cutlip, Scott M., et al. Effective Public Relations. Jakarta Kencana Prenada Media Grup, 2011.
Durianto, Darmadi. Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.Cutlip, Scott M., et al. Effective Public Relations. Jakarta Kencana Prenada Media Grup, 2011.
Effendi, O. U. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2002.
Firmansyah, Anang. Pemasaran Produk Dan Merek (Planning Dan Strategy). Jakarta, Qiara Media, 2019, https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Firmansyah- 4/publication/334964919_Buku_Pemasaran_Produk_dan_Merek/links/5d47e1a04585153e5 93cff86/Buku-Pemasaran-Produk-dan-Merek.pdf. Accessed 2 June 2023.
Jefkins, Frank William. Public Relations Techniques. Butterworth Heinemann, 1994.Cutlip, Scott M., et al. Effective Public Relations. Jakarta Kencana Prenada Media Grup, 2011.
Kotler, Philip. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 8 ed., Prentice Hall, 1994.Cutlip, Scott M., et al. Effective Public Relations. Jakarta Kencana Prenada Media Grup, 2011.
Mulyana, Deddy. Ilmu komunikasi: suatu pengantar. 2 ed., Bandung, Remaja Rosdakarya, 2000.
Phillips, David. Online Public Relations. Kogan Page, 2001.Cutlip, Scott M., et al. Effective Public Relations. Jakarta Kencana Prenada Media Grup, 2011.
Seyedghorban, Zohreh, et al. “Analyzing customer response index (CRI) in new product launch: A case study in Iranian banking industry.” Management Science Letters, vol. 6, no. 5, 2016, pp. 351-360, https://growingscience.com/msl/msl.html.
Thackara, Lev, and Lev Manovich. The Language of New Media. Edited by Sean Cubitt and Leonardo Executive Editor Roger F. Malina, MIT Press, 2001.Cutlip, Scott M., et al. Effective Public Relations. Jakarta Kencana Prenada Media Grup, 2011.
Wilcox, Dennis L., et al. Public Relations: Strategies and Tactics. Pearson, 2014.