Efektivitas Penggunaan Fadil Jaidi Sebagai Celebrity Endorser Pada Konten Head & Shoulders Di Youtube

Silvia Gunawan Gunawan(1*), Jandy Edipson Luik(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang celebrity endorser merupakan sosok publik yang menjadi perwakilan perusahaan untuk menginformasikan sebuah produk. Maraknya penggunaan media sosial pada era saat ini sebagai media penyebaran informasi sebuah produk kepada khalayak menciptakan aktivitas komunikasi pemasaran. Fadil Jaidi merupakan salah satu celebrity endorser yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai sosok yang humoris. Head & Shoulders dlam konten yang diunggah ke dalam laman Youtube mereka, memilih Fadil Jaidi sebagai celebrity endorser untuk produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penggunaan Fadil Jaidi sebagai celebrity endorser pada konten Head & Shoulders di Youtube dengan menggunakan model TEARS. Teori dasar dalam penelirian ini adalah TEARS yang mana memiliki 5 indikator. Indikator tersebut terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity. Penelitian ini menggunakan metode survei. Kemudian penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling, yang mana peneliti meemiliki beberapa kriteria responden yang dapat mengisi kuesioner. Hadil penelitian ini menunjukkan bahwa Fadil Jaidi sebagai celebrity endorser pada konten Head & Shoulders di Youtube adalah efektif. Faktor respect atau menghargai merupakan indikator tertinggi yang menarik perhatian responden.


Keywords


Celebrity Endorser, Sosial media, Model TEARS, Respect

Full Text:

PDF

References


Akbar. P.A. (2021, Oct 6). Inilah Konten Youtube yang sering Di tonton Netizen Indonesia. Tempo.co. https://tekno.tempo.co/read/1514479/inilah-konten-youtube-yang- sering-ditonton-netizen-indonesia

Ali mahmudan . https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-Youtube-indonesia- terbesar-ketiga-di-dunia-pada-2022.

Andriany.D & Arda. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impluse Buying Pada Generasi Millenial. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.65.

Angelina, M. (2021). Efektivitas penggunaan NCT 127 sebagai celebrity endorser dalam social media campaign Nu Green Tea #FixEnak di Instagram @nuteaid. [Skripsi]. Universitas Kristen Petra.

Anggraeni. A,U. (2023, Feb 18). Fadil Jaidi Kembali Menang di Indonesian Comedy Awards 2023: Pasukan Goib Memang Nggak Ada Lawan! Celebrities.id. https://www.celebrities.id/read/fadil-jaidi-kembali-menang-di-indonesian- comedy-awards-2023-pasukan-gaib-emang-nggak-ada-lawan-8qPk91

Arifin, R.D. “Pengertian Youtube – Sejarah Fitur, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan.” Dianisa.com, 7 Januari, 2023.

Azzahra, D.A. (2022, July 19). Iklan Kreatif Head & Shoulders x Fadil Jaidi raih lebih dari 100 juta kali juta tayang di Youtube. https://www.kompasiana.com/dwiayuazzahra5622/62d598fdbb4486276c42 63d2/iklan-kreatif-head-shoulders-x-fadil-jaidi-raih-lebih-dari-100-juta-kali- tayang-di-youtube

Budiman, R. & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity endorser, Kualitas pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektifitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88-93. Chesters, A. (2011, Dec 19). A Brief Story of Head & Shoulders. the Guardian.

https://www.theguardian.com/fashion/fashion-blog/2011/dec/19/brief-history-

head-and-shoulders

Head & Shoulders. https://www.headandshoulders.co.in/en-in/about/our-history#

Head & Shoulders Indonesia. (2022, May 27). Joe Taslim x Fadil Jaidi – Siapakah BA Head

& Shoulders selanjutnya? [video]. Youtube. https://youtu.be/8Ga9WlqL4II

Lita, A. (2022). Analisis Efektivitas Iklan Youtube Pantene Miracles Hair Suplement (Bye #RambutCapek, Hello #RambutKeCharged) Dengan Pendekatan EPIC Models Terhadap Minat Beli Pada Masyarakat Kabupaten Bekasi. [Skripsi]. Universitas

Islam Sultan Agung Semarang.

Lukitaningsih, A. (2013, October). Iklan Yang Efektiv Sebagai Strategi Pemasaran. Jurnal

Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2). 116-129. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article =115195&val=5259&title=IKLAN%20YANG%20EFEKTIF%20SEBAGAI%20STRATEGI %20KOMUNIKASI%20PEMASARAN.

Mapaung, E.S. Mengenal Perjalanan Fadil Jaidi, Artis Cilik yang Sukses Menjadi Selebgram dan Yourtuber. (2022). Suara Usu. https://suarausu.or.id/mengenal-perjalanan- fadil-jaidi-artis-cilik-yang-sukses-menjadi-selebgram-dan-Youtuber/

Mawarni, I. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Prososial Masyarakat. [Skripsi]. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/26097/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHA SAN .pdf

Nurhadi. (2021, Oktober 6). Inilah Konten Youtube Yang sering Ditonton Netizen Indonesia. Tenpo.co. https://tekno.tempo.co/read/1514479/inilah-konten- Youtube-yang-sering-ditonton-netizen-indonesia.

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaey, U. (Eds.). (2021). Pengantar Statistika 1. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Vm1XEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA 33&dq=populasi+dan+sampel+menurut+para+ahli&ots=N_Ybeun3El&sig=Br26lqY cqCY7vJfozaYGfqAbI4k&redir_esc=y#v=onepage&q=populasi%20dan%20sampel% 20menurut%20para%20ahli&f=false

P&G sendiri ). https://id.pg.com/penghargaan-dan-pengakuan-untuk-procter-and- gamble/

Patil, P.C. (2013). Elebrity: A Key Aspect in Celebrity Endorment. Jomat, 1,(2), 33-38. https://www.sbpatilmba.com/pdf/new/JOMAT-13.pdf#page=38.

Prasetya, B.P.P. (2019). Studi Persepsi Hubungan Non-Conforming Fashion Behavior dengan Tingkat Kreativitas Terhadap Masyarakat Di Kota Malang. Desain Komunikasi Visual dan Intermedia. 1(1). http://eprints.machung.ac.id/983/1/2.1._Bintang_ARTIKEL_Studi_Persepsi.pdf

Purbohastuti, A.W. (2017). Fektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika,12((2), 212-231. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/view/4456

Riyanto, A.D. (2022, February). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Andi.link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report- 2022/

Rohman. J.N.A. & Husna, J. (Situs Youtube Sebagai Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/23037/21105.

S-O-R Model. (2019, April 4). https://bbs.binus.ac.id/ibm/2019/04/s-o-r-model/

Sanaky, M.M., Saleh, L.M., & Titaley.H.D. (2021, June). Analisis Faktor-faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. [Skripsi]. Jurnal Simetrik, 11(1).

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ah UKEwjHk vG53Kz_AhVLumMGHS91B2AQFnoECCcQAQ&url=https%3A%2F%2Fejournalpolna m.ac.id%2Findex.php%2FJurnalSimetrik%2Farticle%2Fview%2F615%2F453&usg=A OvVaw3F8ptWSMVyqfZfLQuW2Wee

Saretta, I.R. (2020, Sept 17). Berkenalan dengan Youtuber Fadil Jaidi, Mantan Aktor Cilik yang Tolak Alpard dari Raffi Ahmad. Cermati.com. https://www.cermati.com/artikel/berkenalan-dengan-Youtuber-fadil-jaidi- mantan-aktor-cilik-yang-tolak-alphard-dari-raffi-ahmad

Sari, D.M. & Saraswati, G.T. (2022). Pengaruh Celebrity endorser Fadil Jaidi dalam social media marketing terhadap brand awareness pada Bumame farmasi di Kota Jakarta, 4(2), 1846-1854.

Shtestha, D. (2019). Celebrity Endorsement and Purchase Intention of Nepalese Teenagers. https://www.researchgate.net/publication/337810881_Celebrity_Endorsement_a nd_Purchase_Intentions_of_Nepalese_Teenagers.

Susanti, F. (2015, July). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Klien dalam Memilih Radio Carano sebagai Media Promosi Iklan. Jurnal KBP, 3(1). 104-115. http://akbpstie.ac.id/cmsz/medias/file/7% 20febsri%20susanti.pdf.

Tionardus, M. (2022). Profil dan Biodata Fadil Jaidi: Keluarga, Pendidikan, dan Umur. https://entertainment.kompas.com/read/2022/10/17/160000266/profil-dan- biodata-fadil-jaidi--keluarga-pendidikan-dan-umur

Valencia, D., Yogatama, A., & Indrayani, I.I. (2022). Ektivitas penggunaan Keanu Agl sebagai Celebrity endorser Pada Iklan Pantene Bye #RambutCapek , Hello #RambutKeCharge pada penonton Youtube. Jurnal E-Komunikasi, 10(2), 1-8. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/13231

Wahyuni, F. (2022, Dec 19). Biodata Fadil Jaidi, Mantan Artis Cilik Yang Sukses jadi Youtuber dan Konten Kreator, Pernah Susah. Tribun news. https://belitung.tribunnews.com/2022/12/19/biodata-fadil-jaidi-mantan-artis- cilik-yang-sukses-jadi-Youtuber-dan-konten-kreator-pernah-susah

Watie, E.D.S. (2011, July). Komunikasi dan Sosial Media. The Messenger,3(1), 69-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI