Efektivitas Iklan Produk Kecantikan Kolaborasi Jacquelle dengan Spy x Family pada Media Sosial Instagram @jacquelle_official

Gabrielle Stephanie(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas iklan produk kecantikan kolaborasi Jacquelle dengan Spy x Family pada media sosial Instagram @jacquelle_official. Media sosial Instagram menjadi salah satu bentuk komunikasi yang digunakan dalam menyampaikan informasi produk, menjangkau konsumen, dan menjaga hubungan baik dengan para pengikut. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran customer response index (CRI) dari Best (2012). Metode ini mengukur respon dari follower Instagram @jacquelle_official dari tahapan awareness, comprehend, interest, intention, dan action. Dalam penelitian ini efektivitas didukung dan dianalisa dengan teori S-O-R dan teori komunikasi lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 102 responden. Hasil penelitian ini bahwa iklan produk kecantikan kolaborasi Jacquelle dengan Spy x Family pada media sosial Instagram efektif yaitu pada hasil perkalian dengan metode pengukuran CRI yakni awareness 98,04%, comprehend 95%, interest 87,37%, intention 83,13%, dan action 78,26%. Presentase akhir dari perkalian nilai-nilai tahapan CRI menghasilkan nilai akhir tahap action sebesar 53%.


Keywords


Efektivitas, Komunikasi, Instagram, Jacquelle Beaute, Customer Response Index (CRI).

Full Text:

PDF

References


Akmaludin, A. (2012). Analisa efektivitas komunikasi pemasaran produk Aqua menggunakan Customer Response Index melalui kegiatan promosi. Jurnal Akademi Komunikasi Bina Sarana Informatika, 10(1). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/5416

Amruddin. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. (n.p.): Media Sains Indonesia.

https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif_dan_Ku/ZLp _EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Arianto. (2021). Komunikasi pemasaran: Konsep dan aplikasi di era digital. Airlangga University Press.

https://www.google.co.id/books/edition/KOMUNIKASI_PEMASARAN_Konsep_dan_A plikasi/5oM8EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Best, R. J. (2012). Market-Based Management : Strategies for growing customer value and profitability. (6th ed.). New Jersey: Pretince Hall. https://mbm-book.com/wp- content/uploads/2021/04/Market-Based-Management-6th-Edition.pdf

Bungin, B. (2009). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana

Effendy. (2002). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurcholis, M. (2022). Studi Fenomenologi: Efektivitas co-branding dan fanatisme sebagai strategi pemasaran Mcdonald’s pada BTS meal. [Undergraduate Thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri]. http://repository.unpkediri.ac.id/4990/2/RAMA_61201_18102020258_0727127801_0701 018607_01_front_ref.pdf

Pratama, R.A. (2017). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Pada Merek Aqua (Studi Kasus Iklan Humor Aqua Versi Berbicara Jepang). [Undergraduate Thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya]. http://repo.darmajaya.ac.id/233/4/BAB%20II.pdf

Rizaty, M.A. (2022). Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta- pengguna- instagram-pada-oktober-2022

Setiawan, T.P. (2012). Survei Online Penunjang Penelitian Praktis dan Akademis. [Semantik, Universitas Ciputra Surabaya]. http://eprints.dinus.ac.id/66/1/INFRM_18_- 085_SURVEI_ONLINE_PENUNJANG_PENELITIAN_PRAKTIS_DAN_AKADEMIS. pdf

Telaumbanua, L.I. (2020). Efektivitas Media Sosial Instagram Kedai Rhythm Surabaya. [Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=48188

Fidyah, N. (2018). Efektifitas iklan produk kosmetik Wardah melalui media sosial Instagram:

Studi pada follower @wardahbeauty pada media sosial Instagram. [Undergraduate

Thesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta].

http://eprints.upnyk.ac.id/14233/2/skripsi%20full.pdf

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 16(2).

https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1283/1055


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI