Konten Social Commerce Yang Dilakukan Oleh Usaha Lokal WHITELAB Dan Scarlett di Instagram

Sherlly Christina Dewi, Inri Inggrit Indrayani, Agusly Irawan Aritonang

Abstract


Sekarang saatnya brand berkembang dari e-commerce menuju social commerce. Hal yang membedakannya dengan e-commerce adalah, social commerce memiliki unsur sosial. Jadi brand dapat melakukan promosi dan menjalin hubungan dengan konsumen melalui media sosial. Inilah yang menjadi salah satu perhatian dari public relations. Sehingga perlu diulik lebih lanjut, bagaimana suatu brand dapat mengaktifkan kemampuan social commerce mereka dengan baik.

Pada tahun 2021, industri yang paling banyak mengalami kenaikan adalah industri kecantikan. Menurut orang Indonesia, brand kecantikan lokal yang paling disukai adalah WHITELAB dan Scarlett. Untuk melihat lebih dalam bagaimana WHITELAB dan Scarlett memanfaatkan media sosial Instagram mereka, maka penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Social commerce memiliki tujuh karakteristik yaitu reputation, size, information quality, communication, transaction safety, economic feasibility, dan word-of-mouth referrals.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua brand tersebut sama-sama paling banyak mengimplementasikan information quality dalam caption Instagram mereka. Sedangkan indikator yang paling rendah adalah transaction safety dan word-of-mouth referrals pada WHITELAB, reputation dan size pada Scarlett. Video Scarlett sama sekali tidak berhubungan dengan social commerce. Perbedaan yang membedakan WHITELAB dan Scarlett adalah, Scarlett lebih banyak menonjolkan communication dan transaction safety dibandingkan WHITELAB. Sedangkan WHITELAB lebih banyak menonjolkan size. WHITELAB dan Scarlett jelas telah membangun engagement sampai tingkat create dan kepercayaan melalui konten media sosial.


Keywords


social commerce, media sosial, brand, konten

Full Text:

PDF

References


Asfihan, A. (2022). Instagram adalah: Sejarah, fungsi dan keistimewaan Instagram. https://adalah.co.id/instagram/

Bank Indonesia. (2021). Survei Konsumen (SK). https://www.bi.go.id/id/publikasi/laporan/Documents/SK-November-2021.pdf

Chaffey, D. (2021, November 17). The difference between paid owned and earned media. https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-acquisition- strategy/new-media-options/

Cheung, M. k., & Lee, M. K. O. (2006). Understanding consumer trust in Internet shopping: a multidisciplinary approach. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 57(4), 479–492.

Curty, R. G. & Zhang, P. (2011). Social commerce: Looking back and forward [Paper presentation]. ASIST 2011, New Orleans, Los Angeles, United States of America.

Edelman. (2021). 2021 Edelman trust barometer special report. https://www.edelman.com/sites/g/files/aatuss191/files/2021- 06/2021%20Edelman%20Trust%20Barometer%20Specl%20Report%20Trust%20The%20 New%20Brand%20Equity.pdf

Gatautis, R. & Medziausiene, A. (2014). Factors affecting social commerce in Lithuania. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 110, 1235-1242. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042813056103

Gefen, D., & Straub, D. W.(2004). Consumer trustin B2C E-commerce and the importance of social presence: experiments in e-products and e-services. Omega, 32, 407–424.

Grewal, D., Monroe, K. B., & Krishnan, R. (1998). The effects of price-comparison advertising on buyers’ perceptions of acquisition value, transaction value, and behavioral intentions. Journal of marketing, 62(2), 46–59.

Hardjana, A. A. (2008). Komunikasi dalam manajemen reputasi korporasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1-24. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/viewFile/215/304

Instagram. (2019). How to sell your products on Instagram. https://business.instagram.com/blog/how-to-sell-your-products-on-instagram/

Kim, K., & Prabhakar, B. (2000). Initial trust, perceived risk, and the adoption of internet banking. In Proceedings of Information Systems International Conference Atlanta, Georgia, USA.

Kim, S. & Park, H. (2012). Effects of various characteristics of social commerce (s-commerce) on consumers’ trust and trust performance. International Journal of Information Management, 33(2013), 318-332. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0268401212001594

Kriyantono, R. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kumparan. (2021). Meningkatnya aktivitas belanja online di paruh kedua pandemi. https://kumparan.com/kumparanbisnis/meningkatnya-aktivitas-belanja-online-di-paruh- kedua-pandemi-1vNFNNBMOFP

Liang, T. P. & Turban, E. (2011). Introduction to special issue social commerce: A research framework for social commerce. International Journal of Electronic Commerce, 16(2), 5-14. https://doi.apa.org/doi=10.2753/JEC1086-4415160201

Line Today. (2021). Most favorite local beauty brand. https://today.line.me/id/v2/poll/j7Z3rgL

Maia, C., Lunardi, G., Longaray, A., & Munhoz, P. (2018). Factors and characteritics that influence consumers’ participation in social commerce. Emerald, 25(2), 194-211. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-031

Moon, Y. J., & Lee, J. H. (2008). A study on the performance of online community reputation, social presence, interactivity, playfulness: Mediating role of trust and flow. The E-Business Studies, 9(1), 75–99.

Richard, J. (n.d.). Customer engagement and metrics [Presentation]. https://slideplayer.com/slide/10440177/

Santora, J. (2021). Social commerce guide: Everything you need to know for 2022. https://influencermarketinghub.com/social-commerce/

Teo, T. S. H., & Liu, J. (2007). Consumer trust in e-commerce in the United States, Singapore and China. Omega, 35, 22–38.

Teo, T. S. H., & Pian, Y. (2003). A contingency perspective on Internet adoption and competitive advantage. European Journal of Information Systems, 12(2), 78–92.

We Are Social & Hootsuite. (2021). Digital 2021: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI