Pengaruh NCT DREAM Sebagai Celebrity Endorser Lemonilo Pada Brand Awareness Generasi Muda Pengguna TikTok di Indonesia

Jane Elisabeth Sutanto, Lady Joanne Tjahyana, Chory Angela Wijayanti

Abstract


Online advertisement adalah strategi pemasaran terbaru dapat menghemat biaya dan memudahkan brand untuk mengontrol iklan tersebut serta memiliki efektivitas yang lebih tinggi daripada traditional advertisement. Online advertisement dapat dilakukan melalui media sosial. Iklan dalam media sosial dapat membantu peningkatan brand awareness. Dalam iklan juga dapat digunakan celebrity endorser. Celebrity endorser merupakan orang yang dikenal oleh khlayak umum atau paling tidak sasaran audiens dari brand yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh penggunaan NCT DREAM sebagai celebrity endorser terhadap brand awareness Lemonilo pada generasi muda pengguna TikTok di Indonesia. Untuk mengukur celebrity endorser, digunakan indikator PATER (popularity, attractiveness, trustworthiness, expertise dan relevance). Sedangkan untuk mengukur brand awareness digunakan indikator brand recall, brand recognition, brand purchase, dan brand consumption. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif dan menggunakan online survey melalui Google Form, yang dibagikan kepada 100 responden. Berdasarkan hasil uji regresi yang dilakukan, brand awareness terhadap Lemonilo sebesar 24.477 dan dapat dipengaruhi oleh variabel celebrity endorser NCT DREAM sebesar 0.366. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan NCT DREAM sebagai celebrity endroser cukup berpengaruh terhadap brand awareness Lemonilo.


Keywords


Celebrity Endorser, Brand Awareness, PATER, Iklan Media Sosial.

Full Text:

PDF

References


Alexios, K. (2018). The phenomenon of Brand Ambassadors and Marketing influencers as a tool for companies and its impact on consumers. (Thesis, International Hellenic University, 2018). Retrieved from https://repository.ihu.edu.gr//xmlui/handle/11544/29290.

Andrews, D., Nonnecke, B., & Preece, J. (2003). Electronic Survey Methodology: A Case Study in Reaching Hard-to-Involve Internet Users. International Journal of Human-Computer Interaction, 16(2), 185-210. doi: 10.1207/S15327590IJHC1602_04.

Bungin, B. (2006). Metodologi penelitian kuantitatif: komunikasi, ekonomi dan kebijaan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Elvira, V. (2022). Jadi Brand Ambassador, Lemonilo Luncurkan Kemasan Mi Instan Spesial NCT Dream. Retrieved from https://industri.kontan.co.id/news/jadi-brand-ambassador-lemonilo- luncurkan-kemasan-mi-instan-spesial-nct-dream

Gupta, R. (2017). Construction and validation of a five-dimensional celebrity endorsement scale: introducing the 'PATER' model. British Journal of Marketing Studies, 5(4), 15–35.

K-contents strategy to target the Indonesian market. (2021). Retrieved from https://cjnews.cj.net/글로벌-리포트-인도네시아-현지-시장-공략법은-k콘텐/

Korean Creative Content Agency. (2021). Indonesia Hallyu Market Trends 2021. South Korea: Author.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Edition 15e. New Jersey: Pearson. Pallant, J. (2016). SPSS Survival Manual 6th Edition. USA: McGraw-Hill Education. Schimmelpfennig, C., & Hunt, J. B. (2019). Fifty years of celebrity endorser research: Support for

a comprehensive celebrity endorsement strategy framework. Psychology & Marketing.

doi:10.1002/mar.21315.

Shimp, T. A. (2013). Advertising, Promotion, & Other Aspects of Integrated Marketing

Communications. Canada: Cengage Learning.

Shabbir, Khan & Khan. (2017). Brand Loyalty Brand Image And Brand Equity: The Mediating Role

Of Brand Awareness. International Journal of Innovation and Applied Studies, 19(2), 416-423. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI