Motif Electronic Word of Mouth Pada Akun Instagram Subway Indonesia

Grace Emmanuella, Inri Inggrit Indrayani, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Public relations telah lama didirikan dalam praktik ekonomi tidak hanya sebagai dukungan untuk kegiatan promosi, tetapi otonom untuk mengelola organisasi. Seorang public relations perlu membangun citra dan reputasi yang baik kepada masyarakat, karena kemampuan masyarakat yang mampu mengkomunikasikan pesan dengan berbagai motif dibaliknya dalam media online. Public relation modern, hadir dengan melibatkan segala bentuk komunikasi dengan memanfaatkan solusi yang ditawarkan oleh teknologi informasi dan komunikasi, salah satunya electronic word of mouth.

Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum electronic word of mouth yang terdapat pada Instagram @subway.indonesia. Penggambaran ini dilihat melalui metode analisis isi pada posting yang terdapat dalam media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth yang dominan pada akun @subway.indonesia merupakan eWOM positive self enchancement dengan topik frekuensi tertinggi adalah antusiasme. Berdasarkan eWOM yang berkembang, maka citra perusahaan yang dimiliki Subway adalah positif.


Keywords


Public relations, electronic word of mouth, instagram, analisis isi, subway Indonesia

Full Text:

PDF

References


Alicke, M.D., Braun, J.C., Glor, J.E., Klotz, K.L., Magee, J., Sederholm, H., & Siegel, R. (1992). Complaining Behavior in Social Interactions. Personality and Social Psychology Bulletin, 18(3), 286–295.

Bungin, Burhan H.M. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenama Media Group

Dessart, L., Veloutsou, C., & Morgan-Thomas, A. (2015). Consumer engagement in online brand communities: A social media perspective. Journal of Product & Brand Management, 24(1), 28–42

Dimofte, C.V., Haugtvedt, C.P., & Yalch, R. (2015). Consumer Psychology in a Social Media World. New York: Routledge

Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (1993). Consumer Behavior (8th ed.). Fort Worth: Dryden Press.

Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Harris, Thomas L. (1992). The Marketer’s Guide to Public Relation, Jhon Willey & Sons Inc.: New York.

Hasna, S. & Irwansyah. (2019, June). Electronic word of mouth sebagai strategi public relation di era digital. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 18-27.

Hennig-Thurau, Thorsten & Gwinner, Kevin & Walsh, Gianfranco & Gremler, Dwayne. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers toarticulate themselves on the Internet?. Journal of Interactive Marketing. 18.38 - 52. 10.1002/dir.10073.

Khatoon, Sajira & Rehman, Varisha. (2021). Negative emotions in consumer brand relationship: A review and future research agenda. International Journal of Consumer Studies. 45. 10.1111/ijcs.12665.

Kriyantono. (2012). Public relations & crisis management: Pendekatan critical public relations etnografi kritis & kualitatif. Jakarta: Kencana.

Laskin, A. V. (2009). The evolution of models of public relations: An outsider’s perspective. Journal of Communication Management, 13(1), 37–54. https:// doi.org/10.1108/13632540910931382

Lawler, E. E. (1984). The strategic design of reward system. On C, Fombrun, N. Tichy, & M,Devanna. Strategic human resources management. (127-147). New York: Wiley

Machfiroh, I. S. (2018, October). Keterkaitan merek dan harga terhadap keputusan pembelian emak fried chicken pelaihari. Jurnal Humaniora dan Teknologi, 4(1), 29.

Marsyaf, M, I. (2021, January 28). Jumlah pengguna internet sedunia mencapai 4,66 miliar. Sidonews, 1.

Nagel, T. (1970). The Possibility of Altruism. Oxford, England: Clarendon.

Resky, Gevi Tonida. (2015). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tas di Instagram Rgfashion Store. Tesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.

Rivero, O., & Theodore, J. (2014). The Importance of Public Relations in Corporate Sustainability. Global Journal of Management and Business Research, 14(4), 1–5

Sumangla, R dan Panwar, A. (2014). Capturing, Analyzing, and Word of Mouth in Digital Marketplace. USA: IGI Global.

Sundaram, Mitra, K. and Webster, C. (1998) ,"Word-Of-Mouth Communications: a Motivational Analysis", in NA - Advances in Consumer Research Volume 25, eds. Joseph W. Alba & J. Wesley Hutchinson, Provo, UT : Association for Consumer Research, Pages: 527-531.

Telagawathi, Yulianthini. “Kepuasan pelanggan terhadap citra perusahaan dan switching barrier beserta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan insdustri jasa asuransi di bali.” Jurnal Manajemen, vol. 6 no. 1, 2020.

Trusov M., Bucklin, dan Pauwels. (2009). Effects of Word-of-Mouth Versus Traditional Marketing: Findings from an Internet Social Networking Site. Journal of Marketing, 73

Zinko, R.; Patrick, A.; Furner, C.P.; Gaines, S.; Kim, M.D.; Negri, M.; Orellana, E.; Torres, S.; Villarreal, C. Responding to Negative Electronic Word of Mouth to Improve Purchase Intention. J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res. 2021, 16, 1945–1959. https://doi.org/10.3390/ jtaer16060109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI