Proses Adopsi Inovasi New Media oleh Pengurus Gereja GKI Darmo Satelit di Tengah Pandemi COVID-19

Evalyn Mayrilia Soetanto(1*), Jandy Edipson Luik(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Gereja GKI Darmo Satelit merupakan salah satu Gereja GKI di Sinode Wilayah Jawa Timur yang paling awal dalam melakukan peralihan ke dalam ruang daring. Gereja GKI yang sangat lekat dengan kultur tatap muka harus beradaptasi dengan pertemuan via daring. Melalui pra-observasi awal peneliti, terdapat lima jenis new media yang diadopsi yang antara lain WhatsApp, Instagram, Facebook, Youtube dan Zoom sebagai saluran mediasi informasi maupun misi gereja yang dilakukan secara online. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses adopsi new media oleh Gereja GKI Darmo Satelit di tengah pandemi COVID-19. Dimana penelitian terkait adopsi inovasi dalam bidang new media masih jarang ditemukan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan lima tahapan proses adopsi yang terdiri dari pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. Dimana pada ke-3 tahapan awal, pejabat gereja memiliki kemiripan proses adopsi. Dalam tahap implementasi, misi-misi Gereja tetap dapat tersalurkan dan terlaksana melalui penggunaan ke-5 jenis new media. Meskipun new media hanya dapat berperan sebagai alternatif, pelengkap, dan tambahan, kondisi pandemi membuat kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan new media sangat membantu aktivitas Gereja.


Keywords


New Media, Gereja, Keputusan Adopsi Inovasi

Full Text:

PDF

References


Adebola Adegboyega, Stephanie Boddie, Hope Dorvie, Bolanle Bolaji, Christson Adedoyin & Sharon E. Moore. (2021). Social distance impact on church gatherings: Socio-behavioral implications, Journal of Human Behavior in the Social Environment, 31:1-4, 221-234, DOI: 10.1080/10911359.2020.1793869

Defiano, R. (2020). Sikap umat Gereja Katolik redemptor Mundi terhadap isi Facebook Redemptor Mundi. (Dissertation, Petra Christian University). https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=47963

Gazda, I & Kulla, A. (2013). The Use of New Media in the Catholic Church. Informatol, 46(3), 232- 239. https://hrcak.srce.hr/file/160886

Jokowi: Saatnya Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah. (2020, Maret 15). Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/15/14232961/jokowi-saatnya-kerja- dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah?page=all

Lister, M. et al. (2009). New Media: a critical introduction (2nd edition). Routledge. http://www.philol.msu.ru/~discours/images/stories/speckurs/New_media.pdf

Luik, J. (2020). Media Baru Sebuah Pengantar (1st ed). Kencana.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovation 5th ed. Collier Macmillan Publisher, 2003.

Sahin, I. (2006). Detailed Review of Rogers’s Diffusion of Innovation Theory and Educational Technology Related Studies Based on Roger’s Theory. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 5(2), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI