Efektivitas Iklan Shopee COD Di Youtube Pada Pengguna Shopee Indonesia

Grace Layrensius, Fanny Lesmana, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Perkembangan zaman membuat manusia semakin dihadapkan dengan era digital, dimana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Salah satu dampak yang terjadi adalah meningkatnya angka penggunaan internet, salah satunya untuk berbelanja secara online. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia dan menjadi top of mind brand di antara beberapa e-commerce lainnya pada tahun 2021. Bersaing dengan beberapa e-commerce lainnya membuat Shopee memerlukan strategi komunikasi yang baik untuk mempertahankan predikatnya. Salah satu strategi yang dilakukan Shopee yaitu membuat iklan untuk mengkomunikasikan metode pembayaran cash on delivery melalui Youtube. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah iklan Shopee COD di Youtube efektif pada pengguna Shopee yang berada di Indonesia, melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan purposive sampling. Efektivitas iklan dalam penelitian ini diukur menggunakan metode Customer Response Index (CRI). Dari hasil penelitian menggunakan metode CRI dapat diketahui bahwa iklan Shopee COD pada Youtube sudah efektif. Seluruh tahapan pada CRI (awareness, comprehend, interest, intentions, dan action) mendapatkan angka di atas rentang interval yang sudah ditetapkan.


Keywords


Marketing Communication, Iklan, Shopee, Youtube, Customer Response Index

Full Text:

PDF

References


Andarningtyas, N. (2018). Baru Punya Layanan COD, Shopee Targetkan Pengguna Baru. Retrieved from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/772511/baru-punya- layanan-cod-shopee-targetkan-pengguna-baru

Best, R. J. (2013). Market-Based Management. New Jersey: Pearson.

Durianto, Sugiarto, Widjaja, & Supratikno. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan FIlsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Hovland, C. I. (1948). Social Communication. Wiryanto: Pengantar Komunikasi.

Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka

Utama Grafiti.

Pratiwi, W. A., & Rahanatha, G. B. (2016). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan

Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(12). Rossiter, J., & Percy, L. (1999). Advertising and Promotion Management. USA: Mc Graw-Hill. Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI