Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Rachel Vennya Pada Kasus Karantina COVID- 19 di Kompas.com dan Okezone.com

Patrick Jonathan Lugito(1*), Fanny Lesmana(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi realitas yang dibangun oleh Kompas.com dan Okezone.com dalam kasus karantina COVID-19 yang dialami Rachel Vennya. Rachel Vennya kabur dari karantina setelah pulang dari Amerika Serikat. Berita yang peneliti ambil yaitu berita mengenai kasus karantina Rachel Vennya mulai tanggal 13 Oktober - 12 Desember 2021. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis yaitu framing model Pan&Kosicki dengan empat elemen yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Hasil dari penelitian ini yaitu Kompas.com mengkonstruksi pemberitaan Rachel Vennya dalam kasus ini adalah sebagai seorang selebgram yang kabur dari karantina. Informasi mengenai Rachel Vennya sebagai selebgram yang kabur menjadi dominan sehingga informasi mengenai oknum TNI yang terlibat menjadi samar. Okezone.com mengkonstruksi realitas pemberitaan Rachel Vennya sebagai tokoh utama yang bertanggung jawab dalam kasus ini.


Keywords


Konstruksi realitas, Berita, Rachel Vennya, Karantina, Analisis Framing

Full Text:

PDF

References


Barus, Sedia Willing. (2010). Jurnalistik: Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Jogjakarta: PT LKIS Printing Cemerlang

Mondry. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia. Hal. 141, 146

Shalihah, Nur Fitriatus. (Oktober 14, 2021). Kronologi Kaburnya Rachel Vennya, Viral di Twitter Hingga Minta Maaf. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/14/193000665/kronologi-kaburnya-rachel- vennya-viral-di-twitter-hingga-minta-maaf?page=all

Suhandang, Kustadi. (2004). Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Jatinangor: Penerbit Nuansa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI