Opini Followers Terhadap Penggunaan Celebrity Endorser Ian Hugen pada Iklan Kind Series di Instagram @skingameofficial

Carolin Yoko Casandra, Lady Joanne Tjahyana, Felicia Goenawan

Abstract


Marketing public relations perlu memonitor dan mengevaluasi opini publik, apakah opini yang terbentuk menguntungkan bagi perusahaan. Opini terbentuk dari penetrasi pesan yang disampaikan perusahaan, dalam hal ini penggunaaan celebrity endorser dalam iklan sebagai aktivitas dari marketing public relation. Pengukuran opini dilakukan menggunakan tiga komponen opini yaitu kepercayaan, nilai dan pengharapan dengan diakomodir model VisCAP dalam pengukuran celebrity endorser. Dalam penelitian ini, akan dilakukan pengukuran opini followers terhadap penggunaan celebrity endorser Ian Hugen pada iklan Kind Series di Instagram @skingameofficial. Sebagaimana terdapat pro-kontra terhadap Ian yang merupakan transpuan dan maraknya penggunaan celebrity endorser asal Korea Selatan oleh brand kompetitor. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan metode penelitian e-survei yang dibagikan kepada 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R), opini, dan celebrity endorser. Hasil akhir dari penelitian ini secara keseluruhan adalah followers memiliki opini positif terhadap penggunaan celebrity endorser Ian Hugen. Hal ini karena Ian Hugen memiliki visibility, credibility, attraction dan power yang positif.


Keywords


opini, celebrity endorser, media sosial, marketing public relation, teori SOR

Full Text:

PDF

References


Alvina, M. (2020, October 30). Spire insight: Potensi pasar kosmetik Indonesia. https://technobusiness.id/

Annur, C. M. (2021, November 15). Ada 91 Juta Pengguna Instagram di Indonesia, Mayoritas Usia Berapa? https://databoks.katadata.co.id/

Astira, B. (2021, August 7). Mencoba mendengar Ian Hugen sebagai sosok transpuan. https://www.marketeers.com/

Bungin, B. (2005). Metode penelitian kuantitatif : Komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cultlip, S. M., Center, A., & Broom, G. M. (2007). Effective public relation. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Debineva, F., & Pelupessy, D. C. (2019). Mengurangi prasangka negatif terhadap transpuan dengan metode kontakimajiner melalui photovoice kepada orang muda di Tangerang, Indonesia. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 21-30.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Engel, J., Blackwell, R., & Miniard, P. (2006). Perilaku konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Equality and Human Rights Commission. (2016). Gender reassignment discrimination. https://www.equalityhumanrights.com/

Etxebarria, N. O., Picaza, M., Etxebarria, E. J., & White, J. H. (2020). Measuring discrimination against transgender people at the university of the Basque country and in a non-university sample in Spain. National Library of Medicine.

Felix. (2021, February 5). The new tomorrow: Ian Hugen. https://humanemag.com/

Debineva, F., & Pelupessy, D. C. (2019). Mengurangi prasangka negatif terhadap transpuan dengan metode kontakimajiner melalui photovoice kepada orang muda di Tangerang, Indonesia. Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, 21-30.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Engel, J., Blackwell, R., & Miniard, P. (2006). Perilaku konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Equality and Human Rights Commission. (2016). Gender reassignment discrimination. https://www.equalityhumanrights.com/

Etxebarria, N. O., Picaza, M., Etxebarria, E. J., & White, J. H. (2020). Measuring discrimination against transgender people at the university of the Basque country and in a non-university sample in Spain. National Library of Medicine.

Felix. (2021, February 5). The new tomorrow: Ian Hugen. https://humanemag.com/

Haasiani, N. (2021, March 25). Data penjualan kosmetik wajah: Brand lokal kuat bersaing. https://compas.co.id/

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Dee Publisher.

Hootsuite. (2021). Hootsuite (we are social): Indonesian digital report 2021. https://andi.link/

Hurlock, E. B. (2004). Developmental psychology. Jakarta: Erlangga.

Ianhugen. (2022). Ian Hugen. https://www.instagram.com/

Kasali, R. (2008). Manajemen public relations: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kriyantono, R. (2008). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nurlaela, E., Kiswati, O., & Pudjawati, S. (2019). Analisis penggunaan celebrity endorser terhadap minat beli konsumen pada pengguna media sosial Instagram di lingkungan mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor. 1-15.

Nurliani, D. (2018, December 16). Saling Mendukung, Berikut 5 kolaborasi antara brand makeup lokal dan beauty influencer di Indonesia tahun 2018! https://journal.sociolla.com/

Oktaviani, J., & Pramadya, T. P. (2021). Korean wave (hallyu) dan persepsi kaum muda di Indonesia: Peran media dan diplomasi publik Korea Selatan. Insignia Journal of International Relations, 87-100.

Rahmawati, C. T. (2020). The massive Korean wave in Indonesia and its effects in the term of culture. 1-5.

Royan, F. M. (2005). Marketing selebritis. Jakarta: PT Elex Media.

Royana, S., & Perbawani, P. S. (2020). Pengaruh identitas kultural terhadap kredibilitas endorser selebritas Korea Selatan.

Seitel, F. P. (2011). The practice of public relations. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Serangkai. (2022). Skin game. https://www.serangkai.co.id/

Shimp, A. T. (2010). Advertising, promotion, & oher aspects of integrated marketing communications: 8th edition. South- Western: Cengage Learning.

Shimp, T. (2003). Periklanan promosi. Jakarta: Erlangga.

Skingameofficial. (2022). https:/www.instagram.com

Sunarjo, D. S. (1997). Opini publik. Yogyakarta: Liberty Offset.

Surmawan, U. (2010). Pemasaran strategik, perspektif value based marketing dan pengukuran kerja. Bogor: IPB Pers.

Umar, H. (2001). Metode penelitian dan aplikasi dalam pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI