Motivasi Penggemar Boy Group K-pop TOMORROW X TOGETHER (TXT) dalam Melakukan Fan Engagement pada Media Sosial

Priscilia Trisyanti Halim(1*), Astri Yogatama(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Praktisi relasi publik memiliki peran penting untuk membangun hubungan dengan publiknya, tidak terkecuali pada industri K-pop. Hubungan baik yang terjalin dengan publik didukung oleh usaha relasi publik yang baik dapat memicu fan engagement. Penelitian ini akan membahas bagaimana motivasi penggemar boy group K-pop TOMORROW X TOGETHER (TXT) melakukan fan engagement pada media sosial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah wawancara mendalam. Terdapat 5 (lima) informan yang merupakan penggemar dari boy group K-pop TOMORROW X TOGETHER (TXT) pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini ditemukan terdapat 2 (dua) jenis motivasi yang dimiliki para penggemar, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Kedua jenis motivasi tersebut masing-masing memiliki 5 (lima) sub motivasi di dalamnya. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa para penggemar dapat melakukan praktik relasi publik secara daring menggunakan e-WOM.


Keywords


motivasi, fan engagement, K-pop, TOMORROW X TOGETHER (TXT), e-WOM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI