Analisis Isi Brand Image Kopi Luwak Saat Menggunakan Brand Ambassador Lee Ji Han di Media Instagram

Rr. Arry Septyana, Gatut Priyowidodo, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Brand image merupakan topik yang penulis angkat dalam skripsi ini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat brand image yang telah ditunjukkan pada setiap postingan Instagram saat Kopi Luwak menggunakan Lee Ji Han sebagai brand ambassador-nya. Media Instagram yang digunakan oleh Kopi Luwak yaitu @kopiluwakofficial. Postingan yang digunakan dalam penelitian ini adalah postingan yang dibagikan pada 31 Agustus 2021 hingga 6 Februari 2022. Sampel yang digunakan ada 31 postingan. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Kopi Luwak sebagai pengirim membagikan postingan di Instagram secara rutin setiap bulannya untuk membentuk brand image. Sekaligus dalam indikator brand image ada tiga yaitu citra perusahaan, citra pemakai, dan citra produk. Citra perusahaan kategori reputasi perusahaan memegang peran terbanyak dalam postingan yang diteliti. Selain itu, citra produk kategori keuntungan konsumen dibagikan dalam bentuk gambar berupa multiple post. Kopi Luwak juga menggunakan fitur personal tag, tagar, shopping tag, dan geo tag.


Keywords


Brand Image, Brand Ambassador, Lee Ji Han, Kopi Luwak

Full Text:

PDF

References


Adiyaksa, M. (2022, February 7). Shin Tae Yong melokal di iklan kopi Indonesia: beri aku secangkir kopi dan 11 pemuda, akan aku goncangkan dunia! Bola.com. Retrieved from https://www.bola.com/indonesia/read/4880066/shin-tae-yong-melokal-di-iklan-kopi-indonesia- beri-aku-secangkir-kopi-dan-11-pemuda-akan-aku-goncangkan-dunia

Antara. (2019, September 18). Kian banyak orang Indonesia minum kopi, berapa jumlah yang ideal. Tempo.co. Retrieved from https://www.google.com/amp/s/gaya.tempo.co/amp/1249241/kian- banyak-orang-indonesia-minum-kopi-berapa-jumlah-yang-ideal

Atmoko, B.D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial lainnya. Prenadamedia Group.

Hermawan, Y. (2017). Analisa Pengaruh Celebrity Endorsment Lee Min Ho Dalam Iklan Luwak White Koffie Terhadap Brand Image dan Repurchase Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra.

Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lea-Greenwood, G. (2012). Fashion Marketing Communication. USA: Wiley.

Mustika, Y. (2021, April 6). Drakor 'Vincenzo' Bikin Heboh Karena Permen Kopiko Muncul di Episode 14. DetikFood.com. Retrieved from https://food.detik.com/info-kuliner/d- 5521596/drakor-vincenzo-bikin-heboh-karena-permen-kopiko-muncul-di-episode-14

Royan, Frans M. (2004). Sales Force (Meningkatkan Penjualan Dengan Rancangan Bangun Sales Force Effective). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Siswanto, S. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Supintou, A. (2020). Laris Manis, 7 Iklan Dalam Negeri ini Dibintangi Artis Korea! IDNTimes.com. Retrieved from https://www.idntimes.com/hype/entertainment/aulia-supintou/laris-manis7- iklan-dalam-negeri-ini-dibintangi-artis-korea/full

Surrachman, S. (2008). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Edisi ke 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Xian et all., (2011). Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions. Journals of Computers, (6)9:1875 1879


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI