Brand Personality pada Konten Iklan Meta Inc. versi “The Metaverse and How We’ll Build it Together”

Regina Sydney Rosalind(1*), Astri Yogatama(2), Daniel Budiana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Meta company, yang sebelumnya bernama Facebook, meluncurkan produk teknologi baru yang dinamai Horizon Worlds dan Horizon Workrooms. Sebagai produk baru, perusahaan membutuhkan aktivitas komunikasi pemasaran untuk menjual produknya. Salah satu strategi yang digunakan adalah menggunakan kampanye periklanan dengan media video sebagai alat untuk memperkenalkan produk baru. Video juga menjadi sarana bagi sebuah merek untuk menampilkan brand personality perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan 5 (lima) dimensi brand personality dari Aaker (1997), yaitu sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness sebagai objek penelitian, dari Metaverse versi Meta melalui video iklan “The Metaverse and How We’ll Build it Together” sebagai subjek penelitian. Unit analisis yang digunakan adalah 13 chapters dari video tersebut yang diunggah di YouTube. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif deduktif. Berdasarkan hasil penelitian, 4 (empat) dimensi brand personality Metaverse versi Meta ditemukan, yaitu sincerity, excitement, competence, dan ruggedness. Video iklan Meta menggunakan cara penyampaian storytelling agar dapat menyentuh perasaan publik dan lebih menerima pesan komunikator. Hasil penelitian ini memperlihatkan Metaverse versi Meta menggunakan brand personality untuk menjalankan fungsi Marketing Public Relations dalam meningkatkan penjualan produk, melalui dikenali oleh publik dengan mengeluarkan persona brand agar pesannya diterima, serta membangun keterikatan emosional dengan publik yang akhirnya membangun kepercayaan pada brand.


Keywords


brand personality, komunikasi pemasaran, kampanye, Metaverse, Meta

Full Text:

PDF

References


Aaker, J. L. (1997). Dimensions of brand personality. Journal of marketing research, 34(3), 347- 356.

Arora, R., & Stoner, C. (2009). A mixed method approach to understanding brand personality. Journal of Product & Brand Management.

Baskin, O., Heiman, S., Lattimore, D., & Toth, E.L. (2010). Public Relations Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Bengtsson, M. (2016). How to plan and perform a qualitative study using content analysis. Elsevier, 8-14.

Davies, G., Chun, R., Da Silva, R. V., & Roper, S. (2004). A corporate character scale to assess employee and customer views of organization reputation. Corporate Reputation Review.

Foreh, M. R., & Grier, S. (2003). When is honesty the best policy? The effect of stated company intent on consumer skepticism. Journal of consumer psychology, 13(3), 349-356.

Giles, H., & Powesland, P. (1975). Speech Style and Social Evaluation. New York: Academy Press.

Harris, T. L. (1991). The marketer's guide to public relations: How today's top companies are using the new PR to gain a competitive edge (Vol. 10). John Wiley & Sons Incorporated.

Heding, T., Knudtzen, C. F., & Bjerre, M. (2020). Brand management: Mastering research, theory and practice. Routledge.

Johnson, D. G. (1993). Crisis Management: Forewarned is forearmed. Journal of Business Strategy.

Keller, K. (2013). Strategic brand management: Global edition. Essex, UK: Pearson Education Ltd.

Keller, K. L., & Richey, K. (2017). The importance of corporate brand personality traits to a successful 21st century business. In Advances in corporate branding (pp. 47-58). Palgrave Macmillan, London.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga. Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edition).

California: Sage Publication.

Lee, L. H., Braud, T., Zhou, P., Wang, L., Xiu, D., Lin, Z., . . . Hui, P. (2021). All One Needs to Know about Metaverse: A Complete Survey on Technological Singularity, Virtual Ecosystem, and Research Agenda. Latex Class Files, 1.

Meta. (2022). About Meta. Retrieved from About.Facebook.com:https://about.facebook.com/meta/ Miller, G. R., & Baseheart, J. (1969). Source trustworthiness, opinionated statements, and response

to persuasive communication. Taylor & Francis.

Opoku, R., & Hinson, R. (2006). Online brand personalities: An exploratory analysis of selected

African countries. Place Branding, 2(2), 118-129.

Oremus, W. (2021, December 30). Washingtonpost.com. Retrieved from In 2021, tech talked up ‘the metaverse.’ One problem: It doesn’t exist.: https://www.washingtonpost.com/technology/2021/12/30/metaverse-definition-facebook- horizon-worlds/

Pritchard, C. (2022, June 23). Top 10 Companies Investing In The Metaverse. Retrieved from https://www.parcl.co/blog/top-10-companies-investing-in-the-metaverse

Purtill, J. (2021, August 26). What's the metaverse and why should we care about it? Retrieved from ABC.net.au: https://www.abc.net.au/news/science/2021-08-26/metaverse-what-is-it- why-should-we-care-about-it/100402598

Rakhmat, J. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, F. M. (2021, November 1). Alasan Facebook Berubah Nama Menjadi Meta. Retrieved from Tempo.co: https://grafis.tempo.co/read/2852/alasan-facebook-berubah-nama-menjadi- meta#:~:text=Facebook%20Inc.%20resmi%20berganti%20nama,pada%20Jumat%2C%2029 %20Oktober%202021.

Ruslan, Rosady. 2002. Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sartika, E. (2014). Analisis Isi Kualitatif Pesan Moral dalam Film Berjudul "Kita Versus

Korupsi!". II(2): 63-77.

Schaffhuser, K., Allemand, M., & Martin, M. (2014). Personality traits and relationshop satisfaction in intimate couples: Three perspectives on personality. European Journal of Personality.

Wakefield, J. (2021, November 4). BBC.com. Retrieved from Facebook's metaverse plans labelled as 'dystopian' and 'a bad idea': https://www.bbc.com/news/technology-59154520

Winoto, Y. (2015). The Application Of Source Credibility Theory In Studies About Library Services Penerapan Teori Kredibilitas Sumber (Source Of Credibity) Dalam Penelitian- Penelitian Layanan Perpustakaan.

Yang, S., Lin, S., Carlson, J. R., & Ross Jr, W. T. (2020). 1. 1.

YouTube. (2021). Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=Uvufun6xer8&t=131s


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI