Value Iklan Gojek “Jangan Sepelekan Kekuatan dari Sebuah Jempol” di Instagram

Natasha Erlina Dewi, Fanny Lesmana, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Gojek merupakan perusahaan karya anak bangsa yang berdiri sejak tahun 2010 dan bergerak di bidang layanan moda transportasi yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis online. Sebagai perusahaan startup, Gojek melakukan aktivitas marketing public relations dengan memproduksi iklan sebagai sarana untuk memperkenalkan brandnya, trademark, kepada masyarakat sehingga peneliti tertarik untuk meneliti value iklan Gojek. Gojek memposting video iklan di Instagram yang mencakup enam dimensi value iklan, yaitu Simple, Unexpected, Persuasive, Entertaining, Relevant dan Acceptable. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui value iklan Gojek melalui iklan “Jangan Sepelekan Kekuatan Dari Sebuah Jempol” di Instagram yang diukur dari keenam dimensi iklan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei berbentuk kuesioner online atau menggunakan google form. Peneliti melakukan analisis dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi acceptable memperoleh nilai tertinggi dalam value iklan Gojek.


Keywords


Value Iklan, Trademark, Gojek, Instagram

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. (2009). Strategic Market Management (Fouth ed.). John Wiley & Sons, Inc.

Aaker. (2010). Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum Mitra Utama.

Abdillah, F. (2017). Efektivitas Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Merek Perusahaan Jasa Telekomunikasi. Jurnal Ecodemica, 1(2).

Abdurahman, M., Muhidin, S.A., & Somantri, A. (2011). Dasar-dasar Metode Statistika Untuk Penelitian. CV. Pustaka Setia.

Afifah, F. P. (2022). Nilai dan Norma Sosial: Pengertian, Ciri-ciri, serta Macam-

macamnya dalam Kehidupan Masyarakat. Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/pendidikan/2022/01/15/nilai-dan-norma- sosial-pengertian- ciri-ciri-serta-macam-macamnya-dalam-kehidupan- masyarakat.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. (2020). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya (Jiwa), 2018-2020. https://surabayakota.bps.go.id/indicator/12/197/1/proyeksi-penduduk- kota-surabaya.html

Bangun, B.T., & Saputri, M.E. (2016, Agustus). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Zalora Indonesia. Jurnal Manajemen, 3(2), 2076-2080.

Ferdy, R & Sari, W.P. (2020). Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir Terhadap Brand Awarenes. Jurnal Komunikasi, 4(1), 106-112. http://dx.doi.org/10.24912/pr.v4i1.6443

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media. Hakim, B. (2005). Lanturan Tapi Relevan. Penerbit Galangpress.

Alfaruq, A.N. (2021). Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand

Awareness Clothing Line HEBE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Halim, K. S., & Sari, W. P. (2022). Pengaruh Iklan Scarlett Whitening di Aplikasi TikTok

terhadap Brand Awareness Generasi Z. Prologia, 6(1), 6-11.

Idris, M. (2021). Apa itu startup dan contohnya. Kompas Online. https://money.kompas.com/read/2021/05/15/102503926/apa-itu-startup-dan- contohnya?page=all

Indriarto, F. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 5(3), 243-268.

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016). Marketing Managemen (15th Edition). Pearson Education,Inc.

Laurenzia, B., Goenawan, F., & Yogatama, A. (2021). Tingkat Brand Awareness Masyarakat

Surabaya Terhadap Elemen Brand Somethinc. Jurnal e-Komunikasi, 9(2).

Logique Digital Indonesia. (2021). Memahami Arti Trademark dan Peran Pentingnya bagi Sebuah Bisnis. https://www.logique.co.id/blog/2021/01/14/arti-trademark/

Nugraha, I. A. (2018). Informativeness, Entertainment Dan Credibility Sebagai Pendorong

Attitude Toward The Advertising Serta Implikasinya Terhadap Intention To Use: Studi

Pada Konteks Online Video Advertising. [Doctoral dissertation], STIE Indonesia

Banking School.

Priana, J.R., & Suwandi, S. (2019). Pengaruh Iklan “Introduction: Jo & Jek” di Youtube Terhadap

Brand Awareness (Studi Kasus Perusahaan GO-JEK).Journal of Entrepreneurship,

Management and Industry (JEMI), 2(4), 213-225

Riana, G. (2008). Pengaruh Trust In A Brand Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Air

Minum Aqua di Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, 13(2), 184 202.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Shimp, T.A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jilid I, edisi 5). Erlangga.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Andi Offset.

Tambayong, H. (2021). Cegah Gelombang ke-3 Covid-19, Ini Imbauan Wali Kota untuk Warga Surabaya. iNewsJatim.id. https://jatim.inews.id/berita/cegah-gelombang-ke-3-covid-19- ini-imbauan-wali-kota-untuk-warga-surabaya

Wasesa, S. A. (2005). Strategi Public Relations. PT Gramedia Pustaka Utama.

Yuliastuti, D. (2021). Riset: Iklan Digital yang Relevan Menarik Minat Konsumen. Fortuneidn.com.https://www.fortuneidn.com/business/desy/riset-iklan-digital-yang relevan-menarik-minat-konsumen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI