Analisis Resepsi Khalayak Mengenai Konten ‘Thirst Trap’ pada Akun TikTok @eunicetjoaa

Florentina Fahriza Kusuma, Ido Prijana Hadi, Daniel Budiana

Abstract


Berbagai jenis konten diciptakan dan disebarluaskan di media sosial TikTok, salah satunya adalah konten thirst trap. Konten tersebut sengaja dibuat oleh creator-nya untuk menarik perhatian audiens secara seksual. Ada pun seorang creator TikTok yang terkenal akan konten thirst trap-nya bernama Eunice Tjoaa dengan akun @eunicetjoaa. Penerimaan khalayak tentunya akan berbeda- beda. Penelitian ini menggali lebih dalam penerimaan khalayak mengenai konten thirt trap akun TikTok @eunicetjoaa menggunakan metode analisis resepsi.

Hasil yang didapat dibedakan menjadi tiga penerimaan yaitu dominant, negotiated, dan oppositional. Penerimaan dominannya adalah khalayak menerima status Eunice Tjoaa sebagai sosok artis TikTok. Kemudian penerimaan negotiated adalah khalayak cenderung menelaah lagi konten thirst trap tersebut yang memberikan respon penerimaan yang campur aduk antara positif dan negative. Dan yang terakhir penerimaan oppositional ditunjukkan oleh ketidaksetujuan khalayak terhadap konten thirts trap sebagai bentuk eskpresi diri.


Keywords


Analisis resepsi, khalayak, thirst trap, TikTok, eunicetjoaa.

Full Text:

PDF

References


Alase, A. (2017). The Interpretative Phenomenological Analysis (IPA): a Guide to a Good Qualitative Research Approach. International Journal of Education and Literacy Studies, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.5n.2p.9

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial : Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. In Google Books. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=z_nJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=bu ku+media+sosial+&ots=QezqfHfL9C&sig=iC7s7dYKjUs3J2CNX1Z2pQZB3vI&redir_esc=y #v=onepage&q=buku%20media%20sosial&f=false

Edwards, F. (2016). An Investigation of Attention-Seeking Behavior through Social Media Post Framing. Athens Journal of Mass Media and Communications, 3(1), 25–44. https://doi.org/10.30958/ajmmc.3.1.2

Evans, D. (2010). Social Media Marketing: An Hour a Day. In Google Books. John Wiley & Sons. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=CZcS7JZEqrMC&oi=fnd&pg=PT7&dq=soci al+media&ots=Y_r1n01Jce&sig=OOY03G0JZuIwSvXudk7c3it5F70&redir_esc=y#v=onepage &q=social%20media&f=false

Fabello, M. A. (2020, December 15). Thirst Trapping: What They Mean and How It Affects Our Self-Esteem. Greatist. https://greatist.com/discover/thirst-traps

Fauzi, E. P., Fasta, F., Nathan, R. J., & Jeong, S. W. (2020). MODERN MUSLIMAH IN MEDIA: A STUDY OF RECEPTION ANALYSIS IN “SALIHA” PROGRAM ON NET TV. ASPIRATION Journal, 1(2), 135–162. http://aspiration.id/index.php/asp/article/view/19

Fuchs, C. (2021). Social Media: A Critical Introduction. In Google Books. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=JBIeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=soc ial+media&ots=WkKdeZN5DX&sig=zR_p3jWWzRIuKDvBehnV2sF4dL8&redir_esc=y#v=o nepage&q=social%20media&f=false

Ginee. (2021, November 9). Pengguna TikTok Indonesia Gempar, Potensi Cuan Menggelegar. Ginee Insight. https://ginee.com/id/insights/pengguna-tiktok/

IDN Times. (2022, April 28). 7 Penyebab Gairah Seksual Pria Meningkat Tiba-tiba, Apa Saja? IDN Times. https://www.idntimes.com/health/sex/seo-intern/penyebab-gairah-seksual-pria- meningkat-tiba-tiba/2

Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK. MEDIUM, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820

KBBI. (n.d.). Arti kata kontroversial - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Kbbi.web.id. Retrieved June 9, 2022, from https://kbbi.web.id/kontroversial

Kompas. (2020, July 4). Kenapa Manusia Suka Mengikuti Tren? Ini Penjelasan Secara Psikologi Halaman all. KOMPAS.com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/04/121300065/kenapa-manusia-suka-mengikuti- tren-ini-penjelasan-secara-psikologi?page=all

Merinuk, M. (2022, January 28). How to take a thirst trap — and some celebs who nailed it. TODAY.com. https://www.today.com/popculture/popculture/what-is-a-thirst-trap-rcna13673

Moleong, Prof. Dr. L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed., pp. 2–397). PT Remaja Rosdakarya Offset. (Original work published 1988)

Nasrullah, D. R. (2019). Teori dan Riset Khalayak Media. In Google Books. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=TQPwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=b uku+tentang+khalayak+media&ots=z_AEbPEIpo&sig=fnyd6pc6ReaSSB10S- asj3ULbQs&redir_esc=y#v=onepage&q=buku%20tentang%20khalayak%20media&f=false

Republika. (2009, January 16). Fatwa Tentang Pornografi dan Pornoaksi. Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/26905/fatwa-tentang-pornografi-dan-pornoaksi

Shaw, A. (2017). Encoding and decoding affordances: Stuart Hall and interactive media technologies. Media, Culture & Society, 39(4), 592–602. https://doi.org/10.1177/0163443717692741

Smith, K. L., Moriarty, S., Kenney, K., & Barbatsis, G. (2004). Handbook of Visual Communication: Theory, Methods, and Media. In Google Books. Routledge. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ikmM_irMjKUC&oi=fnd&pg=PT291&dq=re ception+theory&ots=VYFqGtMaI2&sig=kdqIyZ7EgOeQs7oUkoPgycTNXck&redir_esc=y#v =onepage&q&f=true

Sprout Social. (2021). How Different Generations Use Social Media—and What this Means for Your Business. Sprout Social. https://sproutsocial.com/insights/guides/social-media-use-by- generation/

Tempo. (2021, May 19). Jangan Asal Joget, Pahami Algoritma TikTok Agar Konten Video Bisa Masuk FYP. Tempo. https://tekno.tempo.co/read/1463768/jangan-asal-joget-pahami- algoritma-tiktok-agar-konten-video-bisa-masuk-fyp


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI