Konstruksi Identitas Penggemar Boys’ Love Thailand (Studi Netnografi Fujoshi dan Fudanshi Pada Facebook)
Abstract
Hiburan beraliran boys’ love asal Thailand, kini semakin banyak digemari oleh beberapa kalangan. Tujuan dari penelitian ini ialah ingin mengetahui bagaimana penggemar serial boys’ love Thailand mengkonstruksi identitas mereka sebagai penggemar BL Thailand pada Facebook. Peneliti menggunakan metode netnografi, serta analisis menggunakan QSR NVivo 12. Hasil dari penelitian ini dikaji menggunakan Communication Theory of Identity oleh Michael L. Hecht dengan 4 lapisan, yaitu personal, enactment, relational dan communal. Dari lapisan tersebut, terdapat 2 dimensi yang saling berinteraksi yaitu subjective dan ascribed dimension. Pada dimensi subjective, para identitas fujoshi dan fudanshi terkonstruksi ketika mereka sudah mulai menikmati hiburan ini dan melibatkan perasaan terhadap identitas tersebut. Kemudian, mereka akan terkonstruksi sebagai seseorang yang eksklusif. Sedangkan pada dimensi ascribed, mereka yang terikat dalam sebuah komunitas akan memiliki perilaku yang serupa dalam menanggapi orang-orang yang menerima kehadiran mereka dan menolak kehadiran mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2), 130. https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145
Addeo, F., Delli Paoli, A., Esposito, M., & Ylenia Bolcato, M. (2019). Doing Social Research on Online Communities: The Benefits of Netnography. Athens Journal of Social Sciences, 7(1), 9–38. https://doi.org/10.30958/ajss.7-1-1
Agostini, S., & Mechant, P. (2019). Towards a definition of virtual community. Signo y Pensamiento, 38(74). https://doi.org/10.11144/Javeriana.syp38-74.tdvc
Baudinette, T. (2019). Lovesick, The Series: adapting Japanese ‘Boys Love’ to Thailand and the creation of a new genre of queer media. South East Asia Research, 27(2), 115–132. https://doi.org/10.1080/0967828X.2019.1627762
Braithwaite, D. O., & Schrodt, P. (2021). Engaging Theories in Interpersonal Communication. In Engaging Theories in Interpersonal Communication. https://doi.org/10.4324/9781003195511
Chaiyong, S. (2021). Support Boy’s Love and expand our soft power. Bangkok Post. https://www.bangkokpost.com/opinion/opinion/2215467/support-boys-love-and-expand-our- soft-power
Chong, C. L., Little, V., Kunchamboo, V., & Lee, C. K. C. (2020). Understanding identity transformation through cultural product consumption. Advance in Consumer Research, 48, 38–42. http://www.acrwebsite.org/volumes/2662644/volumes/v48/NA-48
DataReportal. (2022). Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2022- indonesia
Fitriana, R., Darmawan, D. R., Efriani, E., & Apriadi, D. W. (2021). Gejolak Fujoshi DalamMedia Sosial (Peran Media Twitter Dalam Pembentukan Identitas Kelompok Fujoshi).
Kiryoku, 5(2), 228–235. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/41589 Gudykunst, W. B. (2005). Theorizing about intercultural communication. SAGE Publications, Inc.
https://books.google.co.id/books?id=E12VSljBmvAC&dq=michael+hecht+identity+theory
&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Gusri, L., Arif, E., & Dewi, R. S. (2021). Konstruksi Identitas Gender Pada Budaya Populer
Jepang (Analisis Etnografi Virtual Fenomena Fujoshi pada Media Sosial). Mediakita, 5(1),
–95. https://doi.org/10.30762/mediakita.v5i1.3584
Hecht, M. L., & Choi, H. (2012). The communication theory of identity as a framework for health
message design. In Health Communication Message Design: Theory and Practice (pp. 137–
. SAGE Publications, Inc.
Hecht, M. L., & Lu, Y. (2014). Encyclopedia of Health Communication. In T. L. Thompson (Ed.),
Sage Publication, Inc. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483346427.n85 Kasperiuniene, J., & Zydziunaite, V. (2019). A Systematic Literature Review on Professional
Identity Construction in Social Media. SAGE Open, 9(1).
https://doi.org/10.1177/2158244019828847
Kozinets, R. V. (2015). Netnograhpy : Redefined (M. Steele (ed.); 2nd ed.). SAGE Publications,
Inc.
Kristanto, A. B. D., & Alie, A. (2018). Studi Fenomenologi Tentang Laki-Laki (Fudanshi)
Penggemar Bacaan Dan Tontonan Fiksi Romantis Homoerotis Jepang (Yaoi) Di Kota
Surabaya. Journal of Urban Sociology, 1(1), 58–69. https://doi.org/10.30742/jus.v1i1.564 Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2007). Theories of Human Communication (J. Gahbauer (ed.);
th ed.). Thomson Wodsworth.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2018). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication
(9th ed.). Penerbit Salemba Humanik.
Niko, N., Wijaya, F. A., & Sanubari, T. P. E. (2021). Boys Love (BL) sebagai budaya queer baru:
Bagaimana kabar di Indonesia? The Conversation. https://theconversation.com/boys-love-
bl-sebagai-budaya-queer-baru-bagaimana-kabar-di-indonesia-171402
Nuranisa, C. (2015). Pembentukan Identitas Penggemar Melalui Media Baru (Studi Pada Remaja
Penggemar Boyband K-Pop 2PM). CommLine, VI(2), 177–196.
Parnpiamkiat, P. (2019). Expectation of fans towards Thai boys’ love celebrity couples
[Thammasat University].
http://ethesisarchive.library.tu.ac.th/thesis/2019/TU_2019_6102043202_12019_12241.pdf Pasaribu, A. O. H. (2016). Konstruksi Identitas Diri Remaja Pengguna Media Instagram Di Kota Medan. FLOW, 2(18), 1–9. https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12855/5577
Shin, Y., & Hecht, M. L. (2017). Communication Theory of Identity. The International Encyclopedia of Intercultural Communication, 1–9. https://doi.org/10.1002/9781118783665.ieicc0008
Smutradontri, P., & Gadavanij, S. (2020). Fandom and identity construction: an analysis of Thai fans’ engagement with Twitter. Humanities and Social Sciences Communications, 7(1), 1– 14. https://doi.org/10.1057/s41599-020-00653-1
Staruss, A. L. (1990). Basics of qualitative research: Grounded theory procedures and techniques. SAGE Publications, Inc.
Storey, J. (2018). Cultural theory and popular culture: An introduction: Eighth edition. In Cultural Theory and Popular Culture: An Introduction: Eighth Edition. https://doi.org/10.4324/9781315226866
Tariuni, K., Musa, D. T., & Gaffar, Z. H. (2022). Komunitas Fujoshi di Pontianak dan Stigma Identitas Gender yang Melekat dalam Lingkungan Masyarakat. Balale: Jurnal Antropologi, 3(1), 1–16.
Taylor, S. (2015). Identity Construction. In K. Tracy, C. Ilie, & T. L. Sandel (Eds.), The International Encyclopedia of Language and Social Interaction (1st ed., pp. 1–9). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118611463.wbielsi099
Zsila, Á., & Demetrovics, Z. (2017). The boys ’ love phenomenon : A literature review Introduction to the boys ’ love phenomenon. Journal of Popular Romance Studies, 6(April), 1–16.
Zsila, Á., Pagliassotti, D., Urbán, R., Orosz, G., Király, O., & Demetrovics, Z. (2018). Loving the love of boys: Motives for consuming yaoi media. PLoS ONE, 13(6), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0198895
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI