Sikap Followers Instagram @kopikenangan.id Terhadap Isi Pesan Postingan Mengenai Produk Sultan Boba

Michael Kurniawan Wijaya, Agusly Irawan Aritonang, Lady Joanne Tjahyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap followers Instagram @kopikenangan.id terhadap isi pesan postingan Sultan Boba di akun Instagram Kopi Kenangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan instrumen kuesioner. Skala pengukuran untuk kuesioner adalah menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah followers Instagram @kopikenangan.id pada bulan Maret 2022 adalah 398.000 followers. Sampel penelitian ini dihitung menggunakan rumus slovin diketahui berjumlah 400. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sebagian besar followers akun Instagram @kopikenangan.id menyatakan setuju, senang, dan cenderung untuk membeli produk Sultan Boba dari setiap bentuk pesan yang disampaikan melalui postingan gambar, tulisan atau caption, dan video. Hasil penelitian juga menjelaskan bahwa terdapat 53,8% yang menunjukkan sikap positif terhadap stimulus atau pesan dari kopi kenangan yang disampaikan melalui akun Instagram @kopikenangan.id.


Keywords


Sikap, isi pesan, Instagram Kopi Kenangan

Full Text:

PDF

References


Andini, B. G., Luik, J. E., & Wahyudi, O. B. (2021). Sikap Followers Instagram@ sushiteijogja Terhadap Isi Akun Instagram Sushi tei Jogjakarta. Jurnal e-Komunikasi, 9(2).

Astuti, W. S., Arifin, H. S., & Fuady, I. (2020). Hubungan Antara Informasi Stunting Pada Akun Instagram @1000_Hari Dengan Sikap Followers Terhadap Pencegahan Stunting. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 2(1), 1-8.

Eagly, A. H. & Chaiken, S. (1993). The Psychology of Attitudes. Toronto: Harcourt Brace Jovanovich College.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Harris, T. L. (1998). Value Addes PR: The Secret Weapon of Integrated Marketing. Library of

Conggress Cataloging.

Hootsuite. (2021). Digital 2021: Indonesia. Hootsuite dan We Are Social.

Hurlock, E. B. (2001). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Karman, K. (2013). Riset Penggunaan Media Dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 93-112.

Maharani, D., Hendrayani, Y., & Mahdalena, V. (2020). Pengaruh Isi Pesan Stop Body Shaming Pada Sikap Followers Terhadap Body Shaming. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 112-122.

Notoatmodjo. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Kotler, P. (2004). Marketing Management, The Millenium Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Putri, A. D. S., Winoto, Y., & Saepudin, E. (2019). Kegiatan promosi perpustakaan melalui instagram kaitannya dengan perubahan sikap followers. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 12-21.

Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Instagram Capai 2 Miliar? Kompas. Diakses melalui https://tekno.kompas.com/read/2021/12/15/12030047/jumlah-pengguna-aktif- bulanan-instagram-capai-2-miliar-?page=all pada tanggal 20 Maret 2022.

Rizaty, M. A. (2021). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa? Katadata. Diakses melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah- negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa pada tanggal 20 Maret 2022.

Setyanto, Y. (2019). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan di PT. Bach Multi Global. Prologia, 2(2), 312-319.

Shaleh, A., & Furrie, W. (2020). Peran Public Relations Dalam Pemanfaatan Instagram Sebagai Alat Publikasi Untuk Meningkatkan Layanan Masyarakat Di Puskesmas Kecamatan Cilincing (Studi Kasus Pada Akun Instagram@ puskesmascilincing). LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 9-16.

Soehoet, H. (2003). Media Komunikasi. Jakarta: IISIP.

Sofiati, N. A., Medidjati, A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google

Forms. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sue. V. M. & Ritter L. A. (2007). Conducting Online Survey. United States of America: Sage

Publications

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tulandi, E. V. (2021). Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Mengenai Kesehatan Mental. Jurnal Petik, 7(2), 136-143.

Umar, H. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI