Citra Food Vlogger Mgdalenaf Sepanjang Pandemi Covid-19

Tjan Jessica Geraldine Tjandra, Ido Prijana Hadi, Fanny Lesmana

Abstract


Mgdalenaf merupakan food vlogger asal Indonesia yang aktif di berbagai media sosial. Mgdalenaf memanfaatkan channel YouTube dengan nama MGDALENAF dan akun instagram @mgdalenaf untuk membangun citranya sebagai seorang food vlogger. Hal ini cukup efektif dilakukan, terutama pada saat terjadinya pandemi Covid-19. Melalui YouTube dan Instagramnya, Mgdalenaf menunjukkan inisiatif kepeduliannya terhadap UMKM khususnya di bidang kuliner untuk mendapat citra yang positif dengan membuat program UMKM Pilihan Mgdalenaf Bersama Teh Pucuk Harum. Penelitian ini menggunakan teori citra. Dalam teori ini Baskin dan Aronoff menunjukkan terdapat lima elemen citra yang dapat digunakan, yakni, primarry impression, familiarity, preference, perceptions, dan positions. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah channel YouTube MGDALENAF dan akun instagram @mgdalenaf. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Mgdalenaf memanfaatkan media sosialnya untuk pembentukan citranya dan citra yang ditampilkan oleh Mgdalenaf sebagai seorang food vlogger di Indonesia sepanjang pandemi Covid-19 berdasarkan lima elemen citra yaitu sosok yang inspiratif dan bertanggung jawab terhadap pelaku UMKM, humanis dan filantropi, reviewnya dapat dipercaya, Bar Bar, dan sosok food vlogger yang berkualitas.


Keywords


media sosial, food vlogger, elemen citra, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Fatma, S. A. (2019). Estetika Motion graphic dalam Tayangan Youtube Food Vlogger Ria S.W., Episode “Taipei Streetfood in Jakarta” (Teori A.A.M Djelantik). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Jember.

Kertamukti, R. (2015). Instagram dan Pembentukan Citra (Studi Kualitatif Komunikasi Visual dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp). Jurnal Komunikasi 8(1), 57-65.

Maharani, V. E., & Djuwita, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintah Kota Semarang. eProceedings of Management, 7(2).

Putri, F. I., Lukmantoro, T., & Gono, J. N. (2015). Teknik-teknik Persuasif Dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di YouTube). Interaksi Online, 4(1).

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Rosdakarya.

Vos, Marita & Schoemaker, Hennie (2006). Monitoring Public Perception of Organisasitions. Den Haag: Burolamp.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI