Strategi Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Rising Star Warriors Agency Prudential Indonesia dalam Menarik Calon Nasabah pada Masa Pandemi

Vincentius Jason Antaufhan(1*), Astri Yogatama(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membahas strategi Komunikasi Persuasif “STAR HABIT” yang digunakan oleh Rising Star Warriors agency Prudential Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Strategi yang dibahas berfokus pada Komunikasi Persuasif yang sering digunakan oleh agen asuransi kepada calon nasabah selama pada masa pandemi Covid-19. Strategi yang dipakai cukup unik sebab selain memakai elemen persuasif juga tidak memaksa dalam melakukan penawaran saat proses canvasing berlangsung di lapangan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode Studi Kasus guna bisa mencari data-data terkini strategi agen asuransi dari Rising Star Warriors agency. Peneliti turun ke lapangan dengan melakukan observasi serta kunjungan bersama para agen guna bisa melihat secara langsung bagaimana proses Komunikasi Persuasif yang dilakukan secara khusus. Selain itu juga, peneliti mengamati interaksi antara agen asuransi Rising Star Warriors agency bersama dengan para calon nasabah saat follow-up dan juga closing. Temuan data menunjukkan bahwa terdapat proses penelusuran data, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Dalam perencanaan agen menggunakan penataan kata-kata tertentu untuk menarik perhatian (attention) supaya dalam penggalian data calon klien makin lama makin terbuka akan profil pribadinya. Dalam tahapan implementasi closing, kepercayaan calon nasabah diperkuat dengan penyajian perhitungan matematis dan bukti-bukti tranksaksi yang tengah berlangsung. Hal ini ditempuh untuk mempertahankan interest, desire dan membuah keputusan akhir dalam negosiasi.


Keywords


Komunikasi persuasif, Strategi komunikasi persuasif, Asuransi, Prudential Indonesia

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Devito, joseph A. (2011). Komunikasi Antar Manusia (5th ed.). Jakarta: Karisma Publishing.

Dwiputri, Melissa Agnes. (2010). Proses komunikasi interpersonal antara agen dan calon klien di perusahaan asuransi Prudential. Undergraduate Thesis. Universitas Kristen Petra Surabaya., 2010, https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=15472. Accessed 16 January 2022.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). “Ilmu, teori dan filsafat Komunikasi” . Bandung: Citra Aditya Bakti.

Firdaus, Yanie Pratiwi. (2016). “Strategi Komunikasi Persuasif Personal Selling Dalam Meningkatkan Nasabah Pada Produk Asuransi Umum Di Pt. Jasaraharja Putera Cabang Pekanbaru.” JOM FISIP, vol. 3 No. 2, 2016, pp. 1-15.

Johnson , G., Whittington , R., Scholes , K., Angwin , D., & Regnér , P. (2020). Exploring Strategy: Text and Cases (12th ed.). United Kingdom : Pearson Education.

Lonjakan Kasus Covid-19 Diprediksi Berdampak pada Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2022 (2022, February 6). https://nasional.kontan.co.id/news/lonjakan-kasus-covid-19-diprediksi- berdampak-pada-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-i-2022

Midianto, Fajar Dwi. (2019). Keterbukaan Komunikasi Interpersonal Terhadap Semangat Kerja (Studi Kuantitatif Eksplanatif Di Kalangan Pimpinan Dan Karyawan Pt. Adetex Bandung. Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta., 2019, http://eprints.ums.ac.id/70584/2/naskah%20publikasi%20fajar%20dwi%20midianto%20L10 0130001%20up.pdf. Accessed 16 January 2022.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. (1994). An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Mulyana, Deddy, and Solatu. (2007). Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh penelitian Kualitatif dengan pendekatan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munthe, Monica Albertyn. Strategi Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Dalam Membujuk Calon Nasabah. Undergraduate Thesis. Universitas Sumatera Utara Medan. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19275. Accessed 15 January 2022.

Perloff, Richard M. (2003). The Dynamics of Pesuasion: Communication and Attitudes in the 21st Century (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. Mahwah, New Jersey.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suherman, Queentania & Winduwati, Septia. (2021). Analisis Komunikasi Persuasif Tenaga Pemasar Asuransi untuk Promosi Produk (Studi Kasus Asuransi Inspiring Agency). Prologia EISSN 2598-0777 Vol. 5, No. 1, Maret 2021, Hal 162-166. Universitas Tarumanegara. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/8219/6909 Accessed 21 March 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI