Opini Pelanggan Millennial Kota Surabaya Tentang Brand Image Indihome Paska Gangguan Jaringan Internet

Dea Ardina Paraditha, Inri Inggrit Indrayani, Felicia Goenawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini pelanggan millennial Kota Surabaya tentang brand image Indihome paska gangguan jaringan internet JaSuKa. Gangguan jaringan internet JaSuKa ini telah menjadi perhatian publik karena kejadian ini menyebabkan jaringan internet Indihome di hampir semua wilayah Indonesia terutama di Kota Surabaya. Namun di tengah kasus ini, terdapat perbedaan opini masyarakat ada yang menganggap penyebab gangguan jaringan ini merupakan karena dampak alam sehingga akan sulit di hindari. Namun, ada juga yang tidak setuju bahwa hal ini wajar karena sebagai perusahaan layanan internet ter besar di Indonesia harus bisa menghadapi atas krisis yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan metode survei dengan jumlah 100 responden yang disebarkan ke daerah Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Selatan, dan Surabaya Utara . Hasil penelitian ini menunjukkan Opini Pelanggan Millennial Kota Surabaya Tentang Brand Image Indihome Paska Gangguan Jaringan Internet Jasuka cenderung positif dengan hasil rata-rata 4,27. Hasil dari semua komponen bernilai positif dan tidak ada hasil netral maupun negatif. Nilai rata-rata positif berarti responden menilai brand image Indihome memiliki image yang baik paska gangguan jaringan internet.


Keywords


Opini Publik, Brand Image, Krisis

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2017). Efektivitas marketing public relation dalam membangun citra merek perusahaan jasa telekomunikasi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 1–9. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1565

Eddison, C. (2017). Opini Masyarakat Surabaya Mengenai Corporate Identity ARTOTEL Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 3(1).

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86

Hendang Tanusdjaja, N. (2021). Pengaruh Independensi, Skeptisisme, Dan Gender

Terhadap Pemberian Opini Audit Melalui Pertimbangan Materialitas. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(2), 862. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i2.11808

Ivone, Jessica.(2015). Relationship maintanance strategies melalui Facebook AirAsiaIndonesia dalam komunikasi krisis AirAsia Indonesia QZ 8501. [Dissertation, Petra Christian University]. https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=35271

Kustiawati, K., Setiadarma, A., & Priliantini, A. (2019). Strategi Public Relations dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan di Pizza Hut Indonesia. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1), 53. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1876

Nimmo, Dan. (2010). Political Communication and Public Opinion. Americ : Goodyear Publishing Co.

Sulistyo, E. (2014). Opini Pemilih Pemula Mengenai Iklan Politik “ Kuis Kebangsaan WIN- HT ” Partai Hanura di RCTI. Jurnal E-Komunikasi, 2(3), 1–10.

Talakua, M. W., Abrahams, H., & Lesnussa, Y. A. (2018). Kajian Tentang Pendapat

Pelanggan Pln Di Desa Passo Dan Desa Rumah Tiga Terhadap Listrik Prabayar Dengan Metode Analisis Variansi. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 17. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp17-26ar360

Yona sari, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strength (Kekuatan Yang Dimiliki Oleh Perusahaan): Lokasi, Pengetahuan, Infrastruktur Dan Modal Kerja (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 469–478. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.433

Zahro, S. D., & Nasionalita, K. (2020). Opini Publik Tentang Kebijakan Otoritas Negara

Terkait Pemblokiran Layanan Data Telekomunikasi Di Papua Dan Papua Barat .... EProceedings ..., 7(2), 4557–4565. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/dow nload/13572/13097


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI