Efektivitas Penggunaan Brand Ambassador Song Joong Ki Dalam Brand Scarlett Whitening Dengan Model VisCAP

Michelle Aristia Lengkong(1*), Gatut Priyowidodo(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Scarlett Whitening menjadi salah satu produk kecantikan lokal yang paling unggul dalam pangsa online. Scarlett Whitening sebagai brand yang sudah cukup ternama ingin mencapai tujuannya yaitu dengan menggunakan brand ambassador terkenal dari Korea bernama Song Joong Ki. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari seorang brand ambassador Song Joong Ki dalam brand Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan metode survei online yang akan disebarkan kepada 100 responden dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah brand ambassador Song Joong Ki terbukti efektif digunakan oleh brand Scarlett Whitening dengan melihat nilai-nilai pada teori VisCAP. Penelitian ini membuktikan bahwa indikator VisCAP yang

paling efektif pada brand ambassador Song Joong Ki adalah nilai visibilitas.


Keywords


efektivitas, brand ambassador, teori VisCAP, produk kecantikan

Full Text:

PDF

References


Angelopulo,G., Plessis,C., Plessis,D. (2007). A Conceptual Framework of Corporate Online Communication : A Marketing Public Relations (MPR) Perspective. South African Journal for Communication Theory and Research. 32(2). 241-263.

Ekadiany,M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser (Rachel Venya) Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Produk Scarlett Whitening. (Skripsi, Universitas Andalas Padang). http://scholar.unand.ac.id/81230/

Fisher-Buttinger, C., & C. Vallaster. (2008). Brand ambassadors: Strategic diplomats or tactical promoters? In Marketing metaphors and metamorphosis. (ed) Marketing Metaphors and Metamophosis. Palgrave Macmillan.

Industri Kosmetik Tumbuh 5,59 Persen Ini Merek Perawatan Tubuh Terlaris Pada Agustus 2021, (2021, Oktober 05). databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/05/industri-kosmetik-tumbuh-559- persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris-pada-agustus-2021

Irmanto, V.R. & Tjiptono, F. (2013). Motivasi dan Perilaku Penggemar K-Pop Di Daerah Istimewa Yogyakarta. MODUS. 23(1). 1-25. https://ojs.uajy.ac.id/index.php/modus/article/viewFile/544/570https://ojs.uajy.ac.id/index. php/modus/article/viewFile/544/570

Jumlah Penduduk D.I.Yogyakarta Semester I 2021 Menurut Golongan Usia 1.

kependudukan.jogjaprov.go.id.

https://kependudukan.jogjaprov.go.id/statistik/penduduk/golonganusia/16/1/00/00/34.clear

Melanthiou,Y & Papasolomou,I. (2012). Social Media : Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management. 18(3). 319-328. Klik Media.

Mudjiyanto,B & Zellatifanny,C.M. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom. 1(2). 83-90.

https://jurnaldiakom.kominfo.go.id/index.php/mediakom/article/view/20/14

Permintaan Skincare Tembus 70%, Tren Kosmetik 2021 Bakal Tumbuh Pesat. (2021, Maret 01). daerah.sindonews.com. https://daerah.sindonews.com/read/350478/701/permintaan- skincare-tembus-70-tren-kosmetik-2021-bakal-tumbuh-pesat- 1614582187#google_vignette

Prahmadhani,D.T. (2007). Persepsi Wanita Dewasa Dini Pengguna Produk Skin Care Tentang Kecantikan. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma). https://repository.usd.ac.id/28150/2/019114109_Full%5B1%5D.pdf

Priyowidodo,G., Vidyarini,T.N., & Wijayanti,C.A. (2021). The Communication Strategy Of Digital Based Media Organizations. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media. 25(1). 1-16. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/3272/1506

Rahman,R. (2018). Building Brand Awareness: The role of Celebrity Endorsement in Advertisements. Journal of Global Scholars of Marketing Science. 28(4).363-384. DOI: 10.1080/21639159.2018.1509366

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1985).Advertising Communication Models. NA-Advances in Consumer Research. 12. 510–524. //www.acrwebsite.org/volumes/6443/volumes/v12/ NA-12

Rusli,P.P (2021). Perbandingan Efektivitas Brand ambassador International dan Nasional (Studi Kasus Brand ambassador Blackpink dan Didi Kempot Pada Shopee). (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/64150/

Sensus Penduduk 2020: Jumlah Penduduk Yogyakarta 3,67 Juta Jiwa. (2021, Juli 28). Databoks.katadata.co.id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/28/sensus- penduduk-2020-jumlah-penduduk-yogyakarta-367-juta-jiwa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI