Pengaruh Treasure Sebagai Brand Ambassador Ruangguru Terhadap Brand Awareness Pada Kalangan Siswa Menegah Atas

Mayangcindy Langi, Lady Joanne Tjahyana, Desi Yoanita

Abstract


Komunikasi pemasaran memegang peranan yang sangat penting bagi pemasar atau perusahaan. Komunikasi pemasaran menjadi sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dijual. Salah satu cara untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen yaitu dengan menunjuk dan menggunakan brand ambassador. Brand ambassador adalah pihak yang menjalin kerja sama dengan suatu perusahaan yang bertanggun jawab dan bertugas untuk memberi informasi mengenai suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Pengaruh Treasure Sebagai Brand Ambassador Ruangguru Terhadap Brand Awareness Pada Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif. Indikator brand awareness yang diguanakan ada tiga yaitu trustworthiness, expertise, dan familiarity. Untuk mengukur brand awareness digunakan indikator brand recall, brand recognition, brand purchase, dan brand consumption. Metode penelitian yang digunakan adalah survei online. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan Treasure sebagai brand ambassador memiliki pengaruh terhadap brand awareness siswa menengah atas.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Brand Ambassador, Brand Awareness

Full Text:

PDF

References


Firmansyah, A. (2019). Pemasaran dan Merek; Planning and Strategy. Penerbit Qiara Media. Hutauruk, D and Hidayat, K. (2021) “Wow, Lebih Dari 2.100 Perusahaan Startup Sudah

Beroperasi di Indonesia”. Kontan.co.id.

Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan ‘’Axis Hits Bonus’’ dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa Stie Amkop Makassar). Movere Journal, vol 1, no 1, (pp. 1-13)

Kennedy, E. & Soemanagara, R. D. (2017). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Bhuana Ilmu Populer.

Kolter, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Eirlangga.

Kolter, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Eirlangga

Prasetyo, B. & Jannah, M. J. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Rangkuti, F. (2009). The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Gramedia Pustaka Utama.

Royan, M. (2004). Marketing Celebrities. Elex Media Komputindo. Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi. Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI