Strategi Media Sosial Brand Kopi Titik Koma Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Sosial Instagram

Johar Firdaus Lisapaly, Lady Joanne Tjahyana, Felicia Goenawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media sosial yang diterapkan oleh brand Kopi Titik Koma di masa pandemi Covid-19 melalui media sosial Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan dua narasumber secara online dan offline. Strategi media sosial yang diterapkan merupakan salah satu aktivitas dari marketing communication Kopi Titik Koma yang memiliki tujuan untuk membangun awareness, brand image, dan engagement baik di saat pandemi berlangsung dan saat situai pandemic mereda. Penerapan strategi tersebut mengikuti pada konsep strategi media sosial sebagai strategi komunikasi dan model AIDA (awareness, interest, desire, action) sebagai klasifikasi dan efek yang ditimbulkan dari strategi-strategi media sosial Instagram yang sudah dilakukan brand Kopi Titik Koma. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi media sosial Instagram yang telah dilakukan brand Kopi Titik Koma di masa pandemi Covid 19.


Keywords


Strategi Media Sosial, Marketing Communication, Brand, Pandemi Covid- 19

Full Text:

PDF

References


Arifin, C. (2021). https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/02/05/1033-restoran-tutup-permanen- karena-bangkrut-akibat-covid-19

Freberg, K. (2019). Social Media for Strategic Communication: Creative Strategies Research Based Applications. USA: University of Louisville

Miati, I. (2020). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KERUDUNG DEENAY (STUDI PADA KONSUMEN GEA FASHION BANJAR) JURNAL ABIWARA Vol. 1, No. 2, Maret 2020, pp. 71-83

Pradita, L., & Kristanty, S. (2018). Media Sosial Instagram Sebagai Presesntasi Diri (Studi Kasus Pengguna Instagram di Jakarta). Universitas Budi Luhur.

Martowinangun, K., Devina Juniati Sri Lestari., & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Bandung : Politeknik Piksi Ganesha Bandung.

Amanah, D., & Harahap, D.A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 11. No.3, Desember 2018.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Karawang : Amik BSI Karawang.

Dewan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Nasional. (n.d) Akses Digital Meningkat Selama Pandemi. Diakses tanggal 30 Juni 2022. http://www.wantiknas.go.id/id/berita/akses-digital- meningkat-selama-pandemi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI