Sikap Generasi Y dan Generasi Z Kota Surabaya Terhadap Pesan Iklan Youtube Gopay Jago “Mencengangkan! Dompet Ini Bisa Curhat”

Aldi Ongkojaya(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sikap Generasi Y dan Generasi Z Kota Surabaya Terhadap Pesan Iklan Youtube Gopay Jago “Mencengangkan! Dompet Ini Bisa Curhat”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian dilakukan dengan metode survei dengan pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Skala pengukuran untuk kuesioner adalah menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalahGenerasi Y dan Z kota Surabaya. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas dan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah mayoritas generasi Y dan Z menunjukkan sikap yang positif terhadap pesan yang disampaikan melalui iklan

Keywords


Sikap, isi pesan, iklan Youtube Gopay Jago Pendahuluan

Full Text:

PDF

References


Abraham, C. (2009). Psikologi Sosial Untuk Perawat. Jakarta: EGC.

Andini, B. G., Luik, J. E., & Wahyudi, O. B. (2021). Sikap Followers Instagram@ sushiteijogja

Terhadap Isi Akun Instagram Sushi tei Jogjakarta. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), 1–10.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Penduduk Kota Surabaya. Retrieved March 20, 2020, from Badan Pusat Statistik website: https://surabayakota.bps.go.id/statictable/2021/07/01/888/banyaknya-penduduk-menurut- kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-kecamatan-pakal-tahun-2020.html

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2011). Effective public relations. Jakarta: Kencana. Durianto, Sugiarto, Widjaja, & Supratikno. (2003). Inovasi Pasar Dengan Iklan yang Efektif.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior. Dryden Press. GoPay Indonesia. (2021). Iklan GoPay Mencengangkan! Dompet Ini Bisa Curhat. In Youtube.

Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=kmkuLhg9QiM&t=9s

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji Validitas Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.

Hootsuite. (2021). Indonesia Digital Report 2021.

Iskandar. (2021). Ini Daftar Dompet Digital yang Paling Banyak Digunakan Orang Indonesia. Retrieved March 20, 2022, from Liputan 6 website: https://www.liputan6.com/tekno/read/4472006/ini-daftar-dompet-digital-yang-paling- banyak-digunakan-orang-indonesia

Kasali, R. (2005). Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di. Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P. (2003). Marketing insights from A to Z: 80 concepts every manager needs to know. John Wiley & Sons.

Kotler, Philip, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Perdana Media Group.

Morissan, M. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Kencana.

Morrisan, M. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rara, W. (2012). Pengaruh Celebrity Endorser dalam Iklan terhadap Sikap Konsumen (Studi Kasus pada Iklan Olay). Universitas Negeri Yogyakarta.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Y. W. (2022). Interaksi Virtual Generasi Y dan Z dalam Perspektif Masyarakat Informasional. Kompasiana. Diakses melalui https://www.kompasiana.com/yuliana.windi/62aca50ebb4486102f302042/interaksi-virtual- generasi-y-dan-z-dalam-perspektif-masyarakat-informasional pada tanggal 8 Juli 2022.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2009). Teori komunikasi: sejarah, metode dan terapan di dalam media massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, U. (2018). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Singarimbun, M. (2006). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Susanti, A. F., & Safitri, D. (2021). Dismilaritas Kecanduan Pemakaian Media Sosial Generasi Y dan Generasi Z. Edukasi IPS, 5(2), 37-45.

Umar, H. (2000). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wells, W. D. (2007). Advertising principles and effective imc practice. Pearson Prentice Hall. Wells, W. D., Burnett, J., & Moriarty, S. (2002). Advertising : principles and practice. Prentice Hall.

Wijaya, M. H. A. (2017). Pengaruh terpaan iklan Aqua versi ‘ngomong jepang’ di televisi terhadap sikap masyarakat kecamatan Rungkut Surabaya dalam membeli produk Aqua. Almamater Wartawan Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI