Strategi Komunikasi Amerta Land Dalam Mengimplementasikan Program “Member Get Member”

Audrey Zabrina Silas Darmawan(1*), Inri Inggrit Indrayani(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Program promosi “Member Get Member” merupakan bentuk program promosi terbesar dalam Amerta Land dan diadakan setiap tahunnya secara berkelanjutan. Program promosi sudah diadakan sejak tahun 2011 dan hingga sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi yang digunakan oleh Amerta Land dalam mengimplementasikan “Member Get Member” pada tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus, dan teknik wawancara. Adapun pada penelitian ini, objektif dan keberhasilan suatu program diukur melalui traffic customer yang menjadi member mencapai target. Dengan hanya menggunakan media promosi offline dan hanya menggunakan tiga jenis promosi yaitu iklan, direct marketing, dan personal selling, Amerta Land berhasil mengkomunikasikan program promosi ini dengan berhasil mencapai target mereka.


Keywords


Member Get Member, Strategi Komunikasi, Strategi, Amerta Land, Marketing Public Relations, Promotional Mix.

Full Text:

PDF

References


Ali, Fithrah, Salmiyah.D. (2017). Marketing Public Relations-Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta : CV Budi Utama.

Assegaff, Djaffar, H. (2002). Jurnalistik Masa Kini Jakarta : Ghalia Indonesia.

Barat, D. P. (2017, Desember 29). dishub.jabarprov. Retrieved from dishub.jabarprov.org:

http://dishub.jabarprov.go.id/angkutan/kabkota/291.html

Darajat, T. M. 2015. Poster Dan Banner Sebagai Media Informasi Bakti Sosial di Kampung Masjid

Dusun Lemah Duhur Gunung Bunder 1 – Bogor.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek.

Fitrah, Muh & Luthfiyah, Dr. (2017). Metodologi Penelitian ; Penelitian Kualitatif, Tindakan kelas

& Studi Kasus. Jawa Barat : CV Jejak

Haryadi, Adi. (2005). Kiat Membuat Promosi Penjualan secara Efektiv dan Terencana ; Langkah

Praktis Mempersiapkan Promosi Penjualan pada Perusahaan Jasa. Jakarta : PT Elex Media

Komputindo

Jefkins, Frank. (2006). Periklanan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2005).Manajemen pemasaran(Edisi Kesebelas). Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks

Kelompok Gramedia.

Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran – Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu. Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Cetakan Kedua. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

M.A., Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenadamedia

Group

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing

Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus

menggunakan SPSS. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sari, Anditha, A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Deepublish Bandung,

PT Remaja Rosdakarya.

Shimp, A, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Jakarta : Erlangga.

Syafruddin. (2003). Pengaruh media cetak brosur dalam proses adopsi dan difusi inovasi beternak

ayam broiler di kota kendari. Thesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UGM.

Umar, Husein. (2001). Strategic Management in Action. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI