Analisis Isi Brand Identity Pada Instagram The St. Regis Bali Resor

Gladys Graciella Lodri(1*), Felicia Goenawan(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mengatahui brand identity yang mana dan seperti apa yang dibangun dan ditonjolkan oleh The St. Regis Bali dalam memperkenalkan produknya kepada audiens yang dituju melalui Instagram @stregisbali. Media Instagram dipakai oleh The St. Regis Bali sebagai saluran untuk melakukan komunikasi pemasaran. Unggahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah unggahan yang dibagikan pada Juli 2021-April 2022. Peneliti akan menggunakan metode analisis isi kuantitatif dalam menganalisis brand identity. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa The St. Regis Bali menampilkan semua elemen brand identity. Namun frekuensi kemunculan brand identity tidak merata dan terdapat elemen brand identity yang cenderung memiliki angka kemunculan yang kecil. Terutama pada elemen nama, logo, serta tipografi masih belum maksimal dikomunikasikan oleh seorang markting communication The St. Regis Bali kepada audiens. Dalam mengkomunikasikan brand identity di media Instagram, The St. Regis Bali banyak membagikannya dalam bentuk image berupa single post, dan juga menggunakan fitur caption serta hashtag.


Keywords


brand identity, marketing communication, marketing public relations, analisis isi, Instagram

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, b. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk Umkm.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.Fahri, L. M. (2016). Strategi Marketing Public Relations Go-Food Dalam Pembentukan Citra Perusahaan Di Kota Surabaya. Undergraduate Thesis, Universitas Airlangga.

Haekal, M. (2020, February 4). Strategi Instagram Marketing yang Wajib Anda Coba di 2022 [Terlengkap]. From Niaga Hoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/instagram- marketing/

Hootsuite. (n.d.). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021. Retrieved February 19, 2021

Ilham, P. (2006). Komunikasi Pemasaran, Strategi dan Taktik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ismi, T. (2021, January 22). Visual Identity, Faktor Penting Dalam Membentuk Persepsi Konsumen. From glints: https://glints.com/id/lowongan/visual-identity-adalah/#.Yr742- xBxPY

Kemazan. (2020, February 26). 7 Elemen Untuk Membangun Brand Identity Yang Kuat. From Kemazan: https://kemazan.com/7-elemen-untuk-membangun-brand-identity-yang-kuat/

Kompas.com. (2022, January 24). Bali Destinasi Terpopuler Asia dan Keempat Dunia Versi TripAdvisor. Retrieved February 19, 2022

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. a. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education.

Landa, R. (2006). Designing Brand Experiences. New York: Thomson Delmar Learning.

Nathania, C. (2021). Studi Komparatif: Brand Identity Innisfree dan Nature Republic dalam Video Iklan. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya.

Prihatmoko, S. (2022, February 7). 10 Jenis Font Yang Paling Sering DIgunakan Dalam Desain Grafis. From Universitas Stekom: http://desain-grafis-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/10- jenis-font-yang-paling-sering-digunakan-dalam-desain- grafis/eccf8e455eca5d64c9ad752f8dc1db144dbc1daa

Sinaga, I. (2014). The Effect of Marketing Public Relations on Brand Image. Jurnal Akutansi, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis, 185.

Vaid, H. (2003). Branding. Cambridge: The Ilex Press Ltd.

Wheeler, A. ( 2013). Designing Brand Identity : An Essential Guide for the Whole Branding Team.

Canada: John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey.

Wheeler, A. (2012). Designing Brand Identity. New York: John WIlley & Sons Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI