Studi Komparatif: Analisis Isi Tema Pesan Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram (Secondate Vs Madformakeup)

Jessica Gunarta(1*), Fanny Lesmana(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan tema pesan pada dua akun Instagram Secondate dan Mad for Makeup di Indonesia. Media sosial Instagram merupakan salah satu media utama yang digunakan dalam memasarkan suatu produk. Untuk itu, melalui media sosial ini, peneliti dapat melihat perbandingan penggambaran tema pesan pada kedua Instagram brand produk kecantikan lokal. Dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif, hasil temuan menunjukkan bahwa kedua brand paling banyak menggunakan tema pesan Seasonal/Event Related. Perbedaan ada pada frekuensi kemunculan tema pesan pada unggahan. Seperti ketidakmunculan tema pesan David vs Goliath pada Instagram Mad for Makeup dan tema pesan Counterintuitive/Contrarian pada Instagram Secondate. Lalu, tema pesan Avalanche about to roll tidak ditemukan pada postingan Instagram Secondate dan Mad for Makeup. Pesan disajikan melalui media image (foto/video) dan juga caption. Diketahui pula bahwa Secondate cenderung lebih aktif dalam mengunggah konten dibandingkan dengan Mad for Makeup.


Keywords


Marketing Public Relations, tema pesan, Instagram, produk kecantikan lokal

Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.

Barton, Tezza. (2018). Instastyle. United States: DK Publishing.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia Group.

Femaledaily.com. (2020, 24 March). Review Secondate Milky Gel Lip Tint. Diakses pada 1 March 2021, dari https://editorial.femaledaily.com/blog/2020/03/24/review-secondate- milky-gel-lip-tint/

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Handika, M. R., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan

Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 192-203.

Hartono, J. M., Luik, J. E., & Goenawan, F. (2021). Studi Komparatif: Pesan Komunikasi Pemasaran pada Postingan Instagram Healthy Catering Di Indonesia. Jurnal e-Komunikasi, 9(2).

Hootsuite (We Are Social): Indonesia Digital Report 2021. (2021). Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Kelly, L. (2007). Beyond buzz: The next generation of word-of-mouth marketing. New York: AMACOM.

Kompas.com. (2021, 18 February). Pentingnya kualitas yang baik pada produk kecantikan local. Diakses pada 1 March 2022, dari https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/18/211919420/pentingnya-kualitas-yang-baik- pada-produk-kecantikan-lokal?page=all

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemernt.(15th Edition). Pearson Education Limited.

Krippendorff, Klaus. (2004). Content Analysis: An introduction to its methodology. SAGE Publications

Scott, D.M. (2010) The New Rules of Marketing & PR: How to Use Social Media, Online Video, Mobile Applications, Blogs, News Releases, and Viral Marketing to Reach Buyers Directly (ed.2). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban sosial media. Elex Media Komputindo

Tanisang, M. D., Vidyarini, T. N., & Monica, V. (2019). Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Pada Posting Instagram E-commerce di Indonesia. Jurnal e-Komunikasi, 7(2).

Wahyadyatmika, S. (2017). Analisis Isi Konten Youtube Band “Endank Soekamti” Dalam Bauran Komunikasi Pemasaran (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Wheeler,A. (2018). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team (5th ed.) New Jersey, United States: John Wiley & Sons, Inc.

Wulandari, E. R. P. (2021). IDENTITAS MEREK (BRAND IDENTITY) PRODUK FASHION KOREA DI INSTAGRAM (Analisis Isi Konten Instagram@ lolica. id) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI