Representasi Penyandang Disabilitas dalam film Sound of Metal

Ida Bagus Ragadinjana(1*), Fanny Lesmana(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok minoritas terbesar di dunia, dan mereka sering menjadi sasaran berbagai pelanggaran hak, seperti tindakan kekerasan, pelecehan. Di dunia perfilman, para penyandang disabilitas sudah lama menjadi salah satu kelompok yang paling tidak terepresentasi dalam film dan televisi, namun pada tahun 2020 muncul film yang mengangkat tema disabilitas dengan judul “Sound of Metal”. Film ini menceritakan tentang seorang drummer musik metal yang tiba-tiba kehilangan pendengarannya hingga tidak dapat mendengar sama sekali. Darius Marder, sang sutradara banyak melibatkan aktor penyandang disabilitas tuna rungu untuk memerankan peran di dalam filmnya, hal ini bertujuan untuk memberikan akting disabilitas yang lebih nyata dan memberikan aktor penyandang disabilitas kesempatan untuk tampil di film. Penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok minoritas terbesar di dunia yang dimana kebanyakan berasal dari negara berkembang. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian desktriptif. Adapun metode yang digunakan adalah semiotika dengan kode televisi John Fiske dengan 3 level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Hasil temuan dari penelitian ini berupa penerimaan seorang tuna rungu bagi dirinya & lingkungan, unsur bahasa isyarat sebagai instrumen komunikasi, dan ideologi egalitarianisme yang ingin memperlakukan penyandang disabilitas dengan hak dan derajat yang sama seperti manusia pada umumnya.


Keywords


Representasi, Penyandang Disabilitas, Semiotika, Egalitarianisme

Full Text:

PDF

References


Arneson, R. (2013, April 24). Egalitarianism. Retrieved from Stanford Encyclopedia of Philosophy: https://plato.stanford.edu/entries/egalitarianism/

Dalton, A. (2021, April 16). Disabled nominees hope their Oscar moment becomes a movement. Retrieved from

https://abcnews.go.com/Entertainment/wireStory/disabled-hope-oscar-moment- movement-77071859

Degener, D. T. (2000). International Disability Law - A New Legal Subject on the Rise: The Interregional Experts' Meeting in Hong Kong, December 13-17, 1999. Berkeley J. Int'l Law.180.

DeGuzman, Kyle. “How the Handheld Shot Changes Everything.” StudioBinder, 3 Aug. 2020, www.studiobinder.com/blog/handheld-shot-in-film-definition-examples/.

Finucane, B., Konar, D., Givler, B., Kurtt, M., & Charles I., S. (2008). The Spasmodic Upper-body Squeeze: a Chalacteristic Behavior in Smith-Magenis Syndrome. Developmental Medicine & Child Neurology, 78-83.

Glasser, W. (1999). Choice Theory: A New Psychology of Personal Freedom. Harper Collins.

Graham Thornicroft, Diana Rose, Aliya Kassam. (2007). Discrimination in health care against people with mental illness. International Review of Psychiatry.

Goldstein, G. (2021, Februari 23). As the sober-living for the deaf leader, Paul Raci breaks through in ‘Sound of Metal’. Retrieved from https://www.latimes.com/entertainment-arts/awards/story/2021-02-23/paul-raci- sound-of-metal-darius-marder

Haripradipta, H. N. (2021). Representasi Perjuangan Hidup Anak Jalanan dalam film Extraction. Universitas Kristen Petra.

Mink, C. (2021, June 3). How Riz Ahmed Learned ASL for ‘Sound of Metal’. Retrieved from backstage.com: https://www.backstage.com/magazine/article/how-riz- ahmed-learned-asl-for-sound-of-metal- 72251/#:~:text=In%20%E2%80%9CSound%20of%20Metal%2C%E2%80%9D, which%20means%20Ahmed%20did%2C%20too.

Osho. (1999). Emotions : freedom from anger, jealousy & fear. New York: Osho Media International.

Özensoy, A. U. (2019). Use of Movies in Human Rights and Democracy Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies.

Scotland Capability. (2004). Hate Crime Against Disabled People in Scotland: A Survey Report

Somad, P., & Hernawati, T. (1996). Ortopedagogik Anak Tunarungu. Jakarta: Depdikbud RI.

WHO. (2021). WHO policy on disability.

Wibowo, G. S. (2017). Kajian Visual Desain Poster Film Horor Amerika Serikat Tahun 2016 (Ditinjau Dari Aspek Penggunaan Wajah Perempuan). Unika Soegijapranata Semarang.

Wilkin, D. (2020). Disability Hate Crime: Experiences of Everyday Hostility on Public Transport. Springer Nature.

Worldbank. (2021, October 10). Disability Inclusion Overview. Retrieved from https://www.worldbank.org/en/topic/disability#1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI