Sikap Konsumen Mengenai Brand Baru Kristal Hotel Kupang

Ivena Janice Fulbertus, Jandy Edipson Luik, Agusly Irawan Aritonang

Abstract


Kristal Hotel Kupang merupakan sebuah brand baru hasil rebranding dari brand sebelumnya yaitu Hotel Swiss-Belinn Kristal Kupang. Penelitian ini dilakukan peneliti dengan tujuan untuk mengetahui sikap konsumen mengenai brand baru Kristal Hotel Kupang. Sebagai hotel berbintang tiga yang sebelumnya bekerja sama dengan Swiss-Bel Hotel International telah berakhir masa kontrak sehingga terjadi rebranding dan terciptanya brand baru. Elemen-elemen brand yang berubah yaitu Brand Name, URL, Logo , Slogan dan Packaging dimana akan menjadi sarana untuk mengkomunikasikannya kepada konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu mendeskripsikan sikap konsumen Kristal Hotel Kupang mengenai brand baru, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei instrumen yang digunakan berupa kuesioner online dan offline. Selain itu penelitian ini akan menggunakan variabel sikap dengan indikator adalah kognitif, afektif, dan konatif dan dimensi adalah elemen-elemen brand yang mengalami perubahan. Peneliti melakukan analisis dengan sampel sebanyak 100 responden yaitu konsumen Kristal Hotel Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen brand yang menghasilkan sikap positif dalam tiga komponen sikap adalah nama brand. Karena nama brand adalah yang paling berhubungan langsung dengan produk dalam ingatan konsumen. Sedangkan elemen brand lainnya yaitu logo brand, slogan, URL, dan packaging hanya dalam salah satu komponen atau pada dua komponen sikap saja yang menghasilkan sikap positif.


Keywords


Sikap, brand baru, elemen brand, konsumen, Kristal Hotel Kupang

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Clifton, R., & Simmons, J. (2003). Brands and Branding. London: Profile Books Ltd.

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori & Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Goi, C. L., & Goi, M. T. (2011). Review on Models and Reasons of Rebranding. IPEDR, 5. Retrieved

from http://ipedr.com/vol5/no2/99-H10243.pdfhttp://ipedr.com/vol5/no2/99-H10243.pdf Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity.

New Jersey: Pearson Education Inc.

Kotler, P. (1999). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: PT. Indeks.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.

Mufaidah, I. (2008). Analisis sikap dan perilaku konsumen terhadap perubahan kemasan susu kedelai

“RISA”. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/148021

Pribadi, W. M. (2019). Analisis Persepsi Konsumen Terkait Rebranding Logo Carvil. Jurnal Untar. Rahardjo, G. N. (2016). Sikap Konsumen Mengenai Brand Baru Hotel Gunawangsa. Jurnal E-

Komunikasi, 4(1).

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenadamedia Group.

Singarimbun, M., & Effendy, S. (1995). Metode Penelitian Survai. Jakarta: PT Pustaka LP3ES. Soemanagara. (2008). Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Theaker, Alison, Yaxley, & Heather. (2013). The Public Relations Strategic Toolkit: An Essential Guide

to Successful Public Relations Practice. New York: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI