Konten Brand Attribute dalam Instagram RANS PIK Basketball

Grazindy Clarisa Armand, Jandy Edipson Luik, Daniel Budiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan brand attribute yang dilakukan oleh klub basket RANS PIK Basketball. Instagram adalah salah satu media sosial untuk dapat melakukan komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif. Unggahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah unggahan yang dibagikan oleh akun Instagram RANS PIK Basketball pada tanggal 15 September 2021 hingga 30 Maret 2022. Hasilnya ditemukan, RANS PIK Basketball sering mengunggah pada hari Rabu 17,2% dan pada bulan Maret 26.4%, yang paling sedikit unggahan dilakukan pada hari Sabtu dan bulan September. Konten brand attribute yang paling sering muncul adalah pada indikator product-related dengan perolehan jumlah unggahan 181. Sedangkan, yang paling sedikit unggahan dilakukan pada atribut product-related adalah pada head coach dengan frekuensi 21 unggahan. Selain itu, attribute non product-related yang paling banyak diunggah adalah brand mark dengan 77 unggahan. Sedangkan, unggahan yang sedikit dilakukan adalah pada atribut fans 3 unggahan. Hasil dari penelitian ini adalah RANS PIK Basketball sebagai tim yang baru, banyak mengunggah konten dengan brand attribute product-relation dan menonjolkan para pemainnya (star player). Selain itu, untuk menguatkan identitas RANS PIK Basketball juga menonjolkan pada brand mark yang dimiliki dalam indikator non product-related. Konten brand attribute yang dilakukan oleh RANS PIK Basketball berkaitan dengan sport communication as sport in industry.


Keywords


brand attribute, marketing communication, proses komunikasi, intagram, analisis isi

Full Text:

PDF

References


Amstrong. G. & Kotler. (2011). Principles of marketing, 14th edition. New Jersey: Prentince Hall

Broderick, A & Pickton, D. (2005). Integrated marketingcommunication second edition. England: Financial Times Prentince Hall

Ciputra, R. (2021). Sport branding: analisis isi instagram klub sepakbola Chelsea. (Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra). Published. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=50973

Cocoran, I. (2010). The art of digital branding. Simon and Schuster.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Huda, A. (Januari 16, 2022). Artis-artis mulai berkecimpung di ibl, pecinta basket tanah air ikut senang. Okezone.com. Retrieved from Artis-Artis Mulai Berkecimpung di IBL, Pencinta Basket Tanah Air Ikut Senang : Okezone Sports

IBL.com. Retrieved from https://iblindonesia.com/profile/ibl.

Jankovic, M & Jaksic-Stojanovic, A. (2019, Februari). Challenges of Sport Branding. Retrieved from http://www.sportmont.ucg.ac.me/clanci/SM_February_2019_Jankovic_75- 78.pdf

Kunkel, T & Biscaia, R. (2020). Sport Brand: Brand Relationships and Consumer Behavior. (West Virginia University). Published. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/304335486.pdf

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management building, measuring, and managing brand equity. England.

Miles, J. (2019). Instagram Power, Second Edition: Build Your Brand and Reach More Customers with Visual Influence (2th ed.). Washington: McGraw- Hill Education.

Parganas, P., Anagnostopoulos, C., & Chadwick, S. (2015). You’ll never tweet alone’: Managing sport brands through social media. Journal of Brand Management, 22(7), 551–568. Retrieved fromhttps://www.researchgate.net/publication/283069940_%27You%27ll_never_tweet_alon e%27_Managing_sports_brands_through_social_media

Rein, et al. (2015). The sports strategist: developing leaders for a high-performance industry. Oxford. Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI